Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online – Assalamualaikum sobat inspirilo sekalian. Di artikel kali ini saya ingin mereview sebuah kursus pembelajaran online yang saya ikuti. Di sini murni saya akan kemukakan pendapat pribadi mengenai kelebihan dan kekurangan daripada kursus ini.

Sebenarnya sudah cukup lama juga sih saya mengikutinya, yakni sekitar akhir tahun 2015. Dan Alhamdulillah, sedikit banyaknya dari kursus online tersebut sudah memberikan impact positif bagi saya pribadi. Adapun yang saya maksud adalah kursus pembelajaran Bahasa Inggris Online dari Ecompusoft dengan situs www.belajaringgris.net.

Belajar Bahasa Inggris Online - e-compusoft

dream-create-enjoy.com

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Online - e-compusoft

genslish.com

Sebelum menginjak kepada pembahasan tentang review kursusnya, saya mau share secuil pemahaman saya tentang arti penting dari penguasaan Bahasa Inggris itu sendiri.

Ya walaupun kita lahir di negera yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, tapi tentu akan lebih baik untuk mempelajarinya. Banyak sekali benefit yang bisa kita dapatkan jika bisa berbahasa Inggris.

Terlebih kita tahu bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa yang jadi bahasa pemersatu bangsa. Semua orang dari berbagai penjuru dunia yang memiliki bahasa negara masing-masing dipersatukan oleh bahasa Inggris.

Dalam bidang pekerjaan, penguasaan bahasa Inggris juga tidak jarang sangat diperlukan. Khususnya jika ingin meraih posisi atau jabatan yang tinggi.

Mempelajari Bahasa Inggris, bukan sekadar keren-kerenan. Bukan pula tidak nasionalis dengan memepelajari bahasa asing. Justru bahasa inggris bisa kita jadikan sebagai media untuk lebih meningkatkan harkat martabat bangsa. Oke mungkin itu terlalu berlebihan, tapi intinya dengan penguasaan Bahasa Inggris yang baik, InsyaAllah akan banyak sekali peluang-peluang yang terbuka di depan.

Jadi cukuplah barangkali hal tersebut di atas menjadi alasan dan motivasi kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Masih banyak sebenarnya alasan kenapa kita harus mempelajari Bahasa Inggris. Dan itu tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan semata. Tapi lebih dari itu, bisa membuat kualitas diri menjadi lebih meningkat.

Saya sendiri cuma lulusan SMK dan tidak bergelut dengan pekerjaan yang mengharuskan saya menguasai Bahasa Inggris. Tapi saya meyakini, dengan mempelajari apa yang kita suka itu juga merupakan salah satu bentuk syukur atas karunia pemikiran yang telah Allah beri.

Dengan mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris, saya melihat banyak sekali peluang yang bisa digarap di kemudian hari.

Sedari sekolah dasar dulu, saya merasa jatuh cinta dengan Bahasa Inggris. Dan menjadikannya berada di daftar teratas dalam list pelajaran favorit . Muncul keinginan besar dalam hati untuk bisa menguasainya dan bisa lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Kegelisahan

belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online, belajar inggris, E-Compusoft, Teguh Handoko, gelisah, cowok gelisah

madjongke.com

Kata Raditya Dika, solusi atau ide bisa datang dari kegelisahan. Saat kita merasakan gelisah terhadap sesuatu, di situlah biasanya muncul ide atau inspirasi untuk diangkat. Tidak jarang akan muncul solusi di dalamnya.

Kegelisahan yang saya alami adalah, sudah lama sekali belajar bahasa Inggris di sekolah, dan pernah juga ikut beberapa kursus. Namun dalam jangka waktu yang lama itu, sama sekali belum nampak hasil yang diharapkan. Saya masih belum bisa berbicara bahasa Inggris secara spontan tanpa berpikir.

Saya sendiripun sebenarnya sadar apa penyebabnya, yakni kurangnya intensitas latihan.

Karena yang namanya penguasaan bahasa adalah skill, bukan bakat. Skill perlu dilatih dan bukan warisan.

Bahasa Inggris juga layaknya pencak silat. Untuk bisa menguasainya, tentu harus langsung nyemplung praktek. Bukan malah menyibukkan diri dengan beragam teori cara memukul, cara menangkis dan lain-lain. Kalau cuma sekadar belajar teori, kapan bisanya.

Hal itu pula yang kebanyakan orang alami. Apalagi dengan sistem pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang kurikulumnya itu lebih mengarah pada grammar atau tatabahasa.

Pelajaran yang disajikan tidak jauh-jauh dari jenis-jenis tenses, pola kalimat, kalimat negatif diubah jadi positif atau sebaliknya, kemudian diubah lagi ke kalimat tanya (interogative). Bahasa inggris tak ubahnya seperti matematika yang saklek begitu alias kaku.

Padahal belajar Bahasa Inggris harusnya luwes dan lebih memperbanyak praktek, bukan teori.

Sama seperti pencak silat tadi. Kita sangat mungkin bisa menguasai Bahasa Inggris jika memang rutin berlatih. Dan juga didampingi oleh guru yang kredibel, berpengalaman (bukan cuma sekadar tahu teori).

Serta yang tidak kalah penting juga adalah keberadaan partner atau rekan yang bisa diajak praktek.

Semua itu lebih penting ketimbang setumpuk teori dalam buku.

Hal itulah yang terlambat saya sadari. Pantas saja belum bisa bicara bahasa inggris, toh dari dulu belajarnya begitu. Cuma tahu ilmunya grammar dan pola kalimatnya, tapi dalam penerapannya masih kikuk.

Dan tiap kali mau mengungkapkan sesuatu, seringkali kebanyakan mikir, ini salah gak ya?Bagaimana nih pola kalimatnyaverb berapa nih yang harus diapakai?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus menyeruak dalam otak. Tak benar-benar bisa terkonversi dalam bentuk kalimat yang nyata terucap.

Menemukan E-Compusoft – Program belajar bahasa Inggris online

Belajar Bahasa Inggris Online - e-compusoft

Suatu hari, saya sedang mencari sebuah tutorial tentang pronunciation di youtube. Ya saat itu memang saya sedang mencari informasi terkait program belajar Bahasa Inggris online. Entah bagaimana ceritanya waktu itu, tahu-tahu saya nyasar ke sebuah website dengan nama belajaringgris.net. Dari namanya, jelas kita bisa simpulkan website tersebut berisi pembelajaran terkait bahasa inggris.

Di bagian atas website, terdapat sebuah tulisan yang sepertinya ngena banget di saya. Isinya seperti menjawab kegelisahan yang saya rasakan. Kurang lebih kalimatnya seperti ini:

Anda sudah Bertahun-tahun Frustasi Belajar Bahasa Inggris dengan Kursus, Les privat dan Membeli Software mahal yang Mengajari Anda Grammar

tetapi sampai detik iniAda masih “malu” berbicara Bahasa Inggris.
Sekarang Lupakan Grammar….!

Kata-kata di atas seketika menggugah saya untuk terus membaca.

Bagaimana bisa belajar Bahasa Inggris tanpa grammar??. Pikir saya begitu awalnya.

Rasa penasaran semakin menggebu. Saya baca sales letter-nya dari atas hingga bawah dengan penuh antusias.

Di halaman web tersebut juga diperlihatkan banyak sekali testimoni dari para peserta kursus. Rata-rata testimoninya positif. Ya iyalah.. kalau yang dimuat testi negatif, mana ada yang mau gabung kursusnya. ?

Dan itu semua cukup meyakinkan saya bahwa program belajar bahasa Inggris online ini memang berkualitas. Setelah saya cari tahu juga, pematerinya yang bernama Pak Teguh Handoko juga ternyata memang sangat kredibel dalam bidang Bahasa Inggris. Beliau telah memiliki pengalaman mengajar selama lebih dari 20 tahun.

Jadi praktislah saat itu saya langsung kebelet untuk mencobanya. Namun terlihat ada biaya yang harus saya bayarkan. Ya memang ini kursus berbayar.

Namun Alhamdulillah ada solusi bagi yang mau mencoba praktek materinya secara langsung. Di bagian bawah telah disediakan form pengisian untuk registrasi kursus gratis. Isinya adalah 4 pelajaran awal dari kursus tersebut. Oke lah, saya tahu ini salah satu teknik marketing yang cukup ampuh. Menyediakan gratisan dulu sebagai umpan.. he.

Tapi pikir saya, selagi memang bagus tidak ada salahnya mencoba.

Seketika saat itupun saya daftar kursus gratis tersebut dan mendownload modul materinya.

Ada total 4 lesson / pembelajaran di kursus gratis ini dan didesain untuk diselesaikan dalam waktu 2 minggu. Tapi jika mau diselesaikan seharian pun juga bisa sebenarnya.

Adapun bentuk materinya itu berupa file audio MP3 lengkap dengan file .PDF berisi penjelasan.

Jadi teknis pembelajarannya yaitu mendengarkan file audio sambil membaca buku/file pdfnya.

Kesan pertama pada materi E-compusoft

belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online, belajar inggris, E-Compusoft, Teguh Handoko, gelisah, cowok gelisah

bintang.com

Dan WOW!! Kesan saya setelah menyimak materi pengantar dan lesson 1 dari kursus gratis ini sungguh luar biasa. Materinya dimulai dari dasar sekali yakni dari materi alphabet dengan pelafalan pronunciation yang benar. Pak Teguh begitu apik dalam membawakan materinya, sangat mudah dipahami.

Jujur rasanya seperti saya kembali ke masa-masa sekolah saat harus kembali belajar melafalkan alfabet.

Namun kendati begitu, justru di situ saya baru sadar bahwasanya banyak sekali kesalahan yang lama saya lakukan dalam pelafalan huruf alphabet bahsa inggris. Seperti dalam pengucapan huruf K (kei) yang harus diserai letupan, huruf v dan lain-lain. Jadi serasa belajar makharijul huruf.

Ya memang Bahasa Inggris juga tak ubahnya Bahasa Arab. Salah sedikit pengucapan saja bisa mengubah arti. Misal dead dan dad, they dan day, list dan least, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau tidak belajar ilmu pronunciation pasti akan sulit membedakan kata-kata tersebut.

Pembelajaran pronunciation begitu ditekankan di kursus ini Di setiap lesson akan selalu ada materi tentang pronunciation.

Dari situ saya menyimpulkan bahwa kursus bahasa inggris online dari belajaringgris.net Ecompusoft ini sangatlah bagus. Saya sangat merekomendasikan bagi  Anda yang saat ini sedang belajar bahasa inggris secara otodidak untuk mencoba kursus ini.

Sayapun melahap habis seluruh materi gratis dalam waktu 2 hari. Walaupun sebenarnya 4 lessontersebut disusun untuk beres dalam 2 minggu. Tapi karena saya orangnya ngebet, jadilah dikebut..hehe.

Tanpa disadari, kemampuan pronunciation saya dalam melafalkan kata-kata jadi serasa meningkat.

Upgrade ke akun premium

Setelah mencoba materi gratisnya, saya merasa tidak ada alasan untuk tidak lanjut ke lessonberikutnya. Sehingga saat itu saya langsung upgrade keanggotaan untuk kemudian bisa mendapat materi sisanya yang total ada 32 lesson. Terkait biaya juga bisa dibilang murah, saya hanya perlu mengeluarkan Rp. 229.000 untu mendapatkan seluruh modul pembelajaran.

Oh iya, for your information aja nih guys.. Lembaga Kursus Online E-Compusoft ini secara status sudah terdaftar resmi dalam Akte Notaris No. 198. Tanggal 22 Desember 2009. Jadi tentu bukan main-main nih kursusnya.

Seperti dijelaskan di halaman sales letter website E-Compusoft, semua materi yang diajarkan dalam 32 pelajaran itu tidak banyak membahas soal grammar. Sudah cukup lah kita sedari lama dicekoki doktrin bahwa Bahasa Inggris itu harus bisa grammar.

Iya sih.. pemahaman tentang grammar juga memang perlu, tapi jangan jadikan itu sebagai tujuan dalam belajar Bahasa Inggris. Wong kita bisa bicara bahasa Indonesia saja tidak perlu harus mengerti tentang pola kalimat SPOK, kan.

Intip silabus belajar Bahasa Inggris Online E-Compusoft

belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris online, belajar inggris, E-Compusoft, Teguh Handoko,

Testimoni

Dan di sini saya ingin memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana sih isi dari kursus Bahasa Inggris Online ini? Penasaran kan..?

Tapi tentu saya bukan mau share modulnya secara langsung. Enak di elu dong kalo gitu..haha. Melainkan hanya silabus pembelajarannya saja. Dari silabusnya saja, saya yakin sobat sudah bisa menilai bagaimana kualitas dari kursus belajar Bahsa Inggris Online E-Compusoft ini.

Yuk Intip sekilas silabus pembelajarannya.

Lesson 1

Dimulai dari unit bahasa terkecil karena memang kursus ini ditujukan utk mereka yang masih NOL kemampuan, namun ingin menguasai Bahasa Inggris dlm waktu cepat, praktis dan mudah tanpa melalui Grammar. Jurus 1 tentang AlphabetCardinal numbers, serta bunyi voiceless velar plossive [k],

Lesson 2

Disini anda akan belajar bagaimana mengggunakan function Greeting n farewel,  serta bunyi ledak voiceless Bilabial Plossive [p,]

Lesson 3

Pada lesson 3 ini, anda mulai berlatih bagaimana menggunakan kalimat inti yg digunakan utk menceritakan tentang diri nya, Personal identity, serta bunyi ledak Voiceless Alveolar Plossive berikutnya yaitu [t]

Lesson 4

Pada lesson 4 ini, anda mulai berlatih pendalaman dan perluasan tentang kemampuan menceritakan diri sendiri yg mencakup Job, dsb. serta pengenalan bunyi bahasa Voiced Dental Fricative, seperti day-theydare-they, dll. [ ð ]

Lesson 5

Pada lesson 5 ini, anda mulai berlatih bagaimana mengucapkan 2 (dua) jenis pertanyaan dengan intonasi yang benar yaitu Raising dan Falling Intonation – serta perbedaan antara Amerincan English dan British Engliah. Two kinds of questions n intonation, introduction to AE/BE.

Lesson 6

Pada lesson 6 ini, anda mulai berlatih bagaimana memperkenalkan diri sendiri, dan orang lain. How to introduce yourself , dan bunyi bahasa Voiceless Dental Fricative  spt tank-thank, dll.

Lesson 7

Pada lesson 7 ini, anda mulai berlatih mengidentifikasi benda-benda di sekeliling dirinya dengan menggunakan kata penunjuk, this-that. Identifying objects, serta bunyi bahasa diphtong pada kata go, also, dsb. [o]

Lesson 8

Pada lesson 8 ini, anda mulai diperkenalkan rahasia kalimat dimulai dari part of speech yg terkecil yaitu tentang Nouns. Grammar about Nouns.

Lesson 9

Pada lesson 9 ini mengharuskan anda berlatih bagaimana menceritakan orang lain terutama tentang anggaota keluarga, dengan menggunakan pola kalimat inti lainnya. Disamping bunyi Bahasa palato-alveolar fricative spt see-she, dsb. Personal Pronouns.

Lesson 10

Pelajaran ini me review seluruh kemampuan dan pengetahuan yg telah dimiliki pada lesson sebelumnya, dan mulai diperkenalkan Ordinal Numbers

Lesson 11

Pada lesson ini anda berlatih bagaimana bercakap dengan menggunakan topik sekitar Hari, Tanggal dan Bulan. Talking about Days, Date and Months. Serta berlatih membunyikan bunyi bahasa raised open front unrounded vowel seperti bad-bed, dad-dead, dsb.

Download SIlabus lengkap 32 lesson (PDF)

Bagaimana? keren bukan sisinya? Itu baru 11 lesson lho, masih ada 22 lagi sisanya. Untuk mendapat silabus selengkapnya, saya sudah sediakan filenya. Silakan bisa sobat download DI SINI

Kelebihan program belajar Bahasa Inggris Online E-Compusoft

Dari pengamatan dan pengalaman secara langsung, saya bisa sebutkan beberapa kelebihan yang ada dalam program kursus belajar bahasa inggris online ini antara lain:

  • Modul pembelajaran dan silabus yang terstruktur
  • Tidak banyak membahas Grammar yang bikin mumet
  • Banyak materi pembelajaran yang tidak diajarkan di kebanyakan kursus
  • Fleksibel tidak terikat waktu. Materi bisa disimak bahkan via HP sekalipun.
  • tersedia group khusus member sehingga bisa mencari teman sevisi untuk praktek
  • Ada ujian dan tes
  • Bersertifikat

Kekurangan program belajar Bahasa Inggris Online E-Compusoft

Program belajar Bahasa Inggris online ini sebenarnya sudah lama berdiri, yaitu dari tahun 2009. Kaitannya dengan hal tersebut, ada beberapa kekurangan terkait dukungan teknis. Contohnya, dalam beberapa audio, Pak Teguh Handoko sempat menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk keperluan konsultasi materi. Tapi beberapa kali saya hubungi nomor tersebut, nampaknya sudah tidak aktif.

Kekurangan lainnya ya barangkali dari sistemnya yang online, tidak bertatap muka secara langsung. Biar bagaimanapun sistem pembelajaran terbaik adalah berinteraksi secara langsung dengan guru.

Sistem belajarnya fleksibel, bisa dipelajari kapan saja dan di mana saja. Di satu sisi hal tersebut memberikan keuntungan, terlebih bagi orang yang sibuk. Namun di sisi lain juga menjadikan kursus ini seperti tidak ada deadline, tidak ada The Power of Kepepet-nya. Sehingga tidak jarang saya temui juga teman-teman di grup yang sudah lama join program ini, tapi belum juga menyelesaikan semua materi pembelajarannya.

Jadi ya kembali ke pribadi masing-masing, bagaimana memanfaatkan kursus belajar Bahasa Inggris Online ini dengan sebaik-baiknya. Terlepas dari segala kekurangan yang ada, program ini saya kira cukup powerfull untuk meningkatkan pengetahuan dan skill kita dalam berbahasa Inggris.

Penutup

Nah itulah sedikit review saya yang besumber dari pengalaman tentang kursus belajar bahasa inggris online di E-compusoft. Sejauh ini, menurut saya ini kursus online terbaik yang pernah saya ikut.

Selain harganya yang sangat terjangkau, materi pembelajarannya juga gampang dipahami serta banyak memuat pelajaran yang jarang diajarkan di sekolah. Tanpa repot-repot belajar grammar, full conversation.

Okay, I think That’s all from me. Hope this article can inspire you and can move you to the more bermartabat life. :3

See you at the next post.

1 thought on “Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia”

Leave a Comment