Gambar Bunga Mawar (Rose) Cantik Beserta Klasifikasi & Jenisnya [Lengkap]

Gambar Bunga Mawar – Kembali lagi dengan Inspirilo, di artikel kali ini kami akan secara khusus membahas tentang salah satu jenis bunga, yaitu bunga mawar.

Sedari dulu bunga mawar seakan menempati kedudukan kasta tertinggi sebagai bunga paling populer sejagat raya.

Tidak mengherankan memang, bunga cantik yang satu ini selain tampilan menawan, mawar juga memiliki banyak varian, ukuran, aroma serta warna yang beragam. Setidaknya ada sejumlah 100 jenis / spesies mawar tersebar di seluruh bagian dunia.

Dalam kaidah keilmuan biologi, bunga mawar ini diklasifikasikan dalam kingdom Plantae (tanaman) dengan family Rosaceae dan genus Rosa.

Dalam bahasa Inggris, Mawar disebut dengan Rose yang merupakan kata serapan langsung dari nama latin atau genusnya yaitu Rosa. Jadi kalau ada yang tanya nama latin bunga mawar itu apa, jawabannya adalah ‘Rosa’.

Dikutip dari wikipedia, berikut adalah tabel penggolongan tananaman bunga mawar secara ilmiah.

Kingdom:Plantae
Division:Magnoliophyta
Class:Magnoliopsida
Ordo:Rosales
Family:Rosaceae
Subfamily:Rosoideae
Genus:Rosa

Sekilas Tentang Bunga Mawar

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.Di kalangan masyarakat umum, bunga cantik seperti mawar merupakan simbol dari perasaan cinta. Tidak jarang seorang pria mengungkapkan perasaannya dengan memberikan hadiah sekuntum mawar berwarna merah pada wanita yang dikasihinya.

Ya kebanyakan kaum hawa juga pastinya akan sangat tersanjung manakala lelaki yang dikaguminya memberikan hadiah bunga mawar. Tanpa harus banyak kata terucap dari mulut, mawar telah memberikan sejuta makna di hati para wanita yang menerimanya. Romantis sekali kedengarannya, bukan.

Emma Goldman dalam kutipannya menyebutkan

“Aku lebih suka Mawar di atas meja ketimbang kalung berlian di leherku.

Namun tidak terbatas sampai di situ, bunga mawar juga bisa menyimbolkan hal lain selain cinta. Terlebih jika mawar yang ada memiliki warna tertentu yang juga punya makna lain.

Bunga mawar memiliki banyak sekali varian berdasarkan warna yang masing-masing punya makna sendiri-sendiri. Jadi salah besar jika menganggap bunga mawar hanyalah simbol cinta saja. Mawar yang mana dulu?

Kalau mawarnya warna hitam kan beda lagi maknanya. Hehe. Nah terkait makna bunga mawar berdasarkan warnanya ini juga akan kami bahas di bagian bawah.

Bunga mawar juga menempati ranking nomor 1 dalam daftar urutan barang paling sering dijadikan hadiah. Sadarkah kamu akan hal ini? Ya banyak orang yang sering menjadikan bunga mawar sebagai hadiah untuk diberikan pada orang terkasih.

Selain hal tersebut di atas, bunga mawar juga bisa sebagai media penghias dekorasi rumah ataupun kantor yang tidak kalah cantiknya. Segenggam mawar atau bahkan hanya sekuntum saja bisa secara signifikan mempengaruhi tampilan sebuah ruangan.

Mawar mampu membuat sekeliling menjadi lebih hidup dan segar. Apalagi jika padu padan dengan warna yang menarik perhatian dan menawan hati seperti di bawah ini.

Dan berikut kami sajikan beberapa gambar bunga mawar yang diklasifikasikan berdasarkan jenisnya.

Di bagian akhir ada rubrik menarik tentang makna serta filosofi menarik dari bunga mawar. Dibedakan berdasarkan warna, jenis bunga dan juga jumlah rangkaiannya.

Dengan mengetahui makna yang terkandung, kamu nantinya jadi tidak salah dalam menghadiahkan bunga mawar pada orang terkasih. Jangan sampai memberi bunga mawar hitam saat hendak mengutarakan perasaan pada si dia. Hehe

Oke berikut adalah nama-nama dan gambar bunga mawar yang mashur berdasarkan warna dan jenisnya.

Filosofi / Arti Pemberian Hadiah Bunga Mawar Sesuai Warnanya

Pernahkan Anda bingung atau bertanya-tanya mengenai apa makna / filosofi bunga mawar tatkala mau memberikannya pada orang terkasih?

Selama berabad-abad lamanya, orang-orang telah banyak mempercayai bahwa bunga mawar yang punya tampilan indah itu memang sarat akan makna.

Sehingga banyak yang secara tidak langsung menciptakan ‘Bahasa Mawar’. Sebuah bahasa dari makna yang terkandung dalam setiap kuntum mawar. Cukup dengan memberikannya pada seseorang maka maksud kita bisa tersampaikan tanpa harus mulut berucap.

Maknanya bisa berdasarkan warna mawar, jumlah yang diberikan atau bahkan jenisnya.

Secara umum mawar dianggap sebagai perlambang cinta. Untuk urusan simbol menyatakan “aku mencintaimu” dari seorang pria pada perempuan, nampaknya Bunga mawar masih menjadi pilihan utama.

Penting adanya untuk kita tahu makna yang terkandung dalam bunga mawar tatkala mau mengahadiahkannya pada seseorang yang dicintai. Dengan menentukan warna, jenis dan jumlah mawar yang dikasih, akan menciptakan sebuah ungkapan rasa yang mungkin tidak dapat terucap lewat kata.

Berikut adalah daftar singkat tentang makna bunga mawar berdasarkan warna yang diketahui secara umum yang dirangkum oleh para florist di dunia.

1. Bunga Mawar Merah

Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
Gambar bunga mawar merah – freepik.com

Tidak salah lagi, kita ketahui bersama Mawar merah adalah simbol ungkapan ras cintai. Mawar merah menyampaikan emosi yang begitu dalam. Emosi tentang cinta, kerinduan atau keinginan.

Jumlah mawar merah memiliki makna romantis khusus yang terkait dengannya. 12 mawar merah adalah yang paling populer dari semua yang menyampaikan “aku mencintaimu” atau “jadilah milikku”

Namun selain itu, Mawar Merah juga bisa digunakan untuk menyampaikan rasa kagum, hormat atau pengabdian. Secara lebih spesifik, bunga mawar merah tua biasa digunakan pula untuk menyampaikan penyesalan dan kesedihan yang tulus pada seseorang.

2. Bunga Mawar Pink

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar bunga mawar pink – pixabay.com

Ada banyak sekali variasi mawar merah muda (pink). Dan hampir sebagian besarnya, mawar merah muda digunakan untuk menyampaikan emosi yang lembut seperti kekaguman, sukacita dan rasa syukur.

Mawar ini seakan menunjukkan kesan manis dan tidak bersalah. Menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang dalam. Mawar merah muda juga berkonotasi keanggunan dan kelembutan.

3. Bunga Mawar Kuning

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar bunga mawar kuning – proflowers.com

Mawar kuning adalah ekspresi kegirangan. Mawar kuning menimbulkan perasaan gembira, hangat serta kebersamaan. Bisa juga sebagai simbol pertemanan dan solidaritas. Mawar kuning, seperti mawar lainnya, tidak membawa nada asmara. Ini menunjukkan emosi kepedulian secara murni.

4. Bunga Mawar oranye

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
http://s966.info

Mawar oranye mengingatkan kita pada api yang membara. Menandakan semangat dan energi. Bunga ini bisa digunakan untuk mengekspresikan keinginan dan semangat yang kuat.

Bunga ini juga menyampaikan rasa kagum. Selain itu dalam urusan romantisme, mawar oranye ini juga bisa sebagai pengganti mawar merah yang tidak kalah romantisnya.

5. Bunga Mawar Putih

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar Bunga Mawar Putih – pixabay.com

Telah lumrah adanya, makna Putih adalah kemurnian atau kesucian. Bunga putih umumnya terkait dengan awal permulaan baru. Sehingga cocok sekali sebagai hiasan pengantin yang pertama kali berjalan bersama menyusuri lorong pernikahan.

Bunga putih bisa digunakan untuk menyampaikan simpati atau kerendahan hati. Mereka juga menunjukkan spiritualitas yang dalam.

6. Bunga Mawar Biru

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar Bunga Mawar Biru – aliexpress.com

Mawar biru ini mewakili sesuatu tak terjangkau karena diras berat. Oleh karena itu, mawar biru mewujudkan keinginan untuk sesuatu yang tidak mudah untuk diwujudkan. Dalam hal percintaan, kurang lebih bisa bermakna “Aku tak dapat memilikimu tapi aku tidak bisa berhenti memikirkanmu”

7. Bunga Mawar hijau

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar bunga mawar hijau – youtube.com

Hijau adalah warna harmoni, keindahan dan kesuburan. Hal ini juga merupakan indikasi warna kedamaian dan ketenangan. Mawar hijau dapat melambangkan harapan terbaik untuk kehidupan baru yang makmur atau keinginan untuk pemulihan kesehatan yang baik.

8. Bunga Mawar Lavender

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar Lavender Rose – venetianflowers.com

Warna bunga ini menyuguhkan pesona yang mendamaikan. Mengungkapkan “cinta pada pandangan pertama”. Nuansa mawar lavender yang lebih gelap dan terkesan ungu menyampaikan kesan keanggunan. Mawar ini digunakan untuk mengekspresikan daya tarik dan rasa memuja pada seseorang.

9. Mawar Hitam

Gambar bunga mawar dilengkapi dengan maknanya dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
Gambar Mawar Hitam – kaikajukiri.deviantart.com/

Dapat kita ketahui bahwasanya, hitam adalah warna gelap, yang bermakna kematian atau perpisahan. Mawar hitam sama halnya seperti mawar biru yang bernuansa kelam.

Adapun yang sebenarnya kita kenal dengan mawar hitam adalah mawar merah tua.

Mawar hitam menyampaikan kematian suatu perasaan atau gagasan. Dan dengan mengirim mawar hitam ke seseorang dapat pula mengisyaratkan hubungan yang putus.

10. Mawar Campuran

Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
Gambar Mixed Rose – interflora.co.za

Dengan mencampur banyak warna mawar yang berbeda bisa menciptakan buket emosi yang bermakna ganda dan berlipat. Contohnya, buket mawar merah dan putih berarti saya sangat mencintaimu dan niatku begitu tulus.

Adapun jika campuran warnanya begitu random, maka mawar yang diberikan bisa bermakna kurang lebih seperti;

“Aku tidak tahu bagaimana perasaanku padamu, namu aku cukup yakin menyukaimu dan sebagai tandanya ku kirimkan mawar ini”.

Arti Pemberian Bunga Mawar Sesuai dengan Jumlahnya

Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
https://nengintanrahayu.wordpress.com

Sekarang mari kita masuk pada makna bunga mawar sesuai dengan jumlahnya. Ya ini juga ada maknanya, setiap jumlah tangkai mawar yang dihadiahkan bisa berbicara / bermakna beda.

Terkadang satu tangkai bunga mawar bisa serasa bisa bicara lebih dan mampu mengutarakan isi hati dibanding perkataan dari mulut langsung. Bukankah begitu?

Kamu mungkin pernah mendengar syair sebuah lagu dengan judul sekuntum mawar merah. Yang mana makna darinya adalah menyatakan perasaan cinta dari seorang laki-laki pada perempuan. Nah bagaimanakah dengan warna mawar lainnya.

Silakan simak yang berikut ini.

  • Setangkai mawar merah tunggal memiliki makna: “Aku mencintaimu” atau “Kamulah satu-satunya untukku”
  • 2 tangkai mawar merah : “Marilah menjalani hidup bersama”
  • 3 Tangkai mawar merah “Kau dan Aku dan Cinta kita untuk Kebersamaan”
  • 6 Tangkai mawar merah “ Aku sungguh jatuh cinta padamu”
  • Sekelompok banyak tangkai mawar merah : “ Aku milikmu”
  • 1 buket mawar merah “Cintaku untukmu tak terbatas”
  • Setangkai mawar putih: “Perasaanku suci murni padamu”
  • 1 tangkai mawar kuning: “Kamu membuat hidupku bahagia”
  • Setangkai mawar merah muda: “Aku menyukaimu”
  • Bunga mawar oranye tunggal: “Aku bangga denganmu”
  • Sepasang mawar berwarna peach: “Terima kasih” “Aku menaruh simpati padamu”
  • Setangkai mawar lavender memiliki makna: “Aku terpesona olehmu”
  • Setangkai mawar biru bermakna: “Kau laksana mimpi yang tak kan mampu ku raih”

Lebih daripada itu mahkota bunga mawar bermaknakan kebaikan yang hendak dihantarkan dari pemberi pada yang menerimanya.

Adapun jika bunga mawar berjumlah seikat dengan kondisi mekar dan penuh maka itu memperlihatkan rasa syukur. Serta menandakan ada hal baik yang ingin dicapai di kemudian hari.

Simbol jumlah terkait bunga mawar khususnya mawar merah ini kental dan erat kaitannya dengan muatan cinta romantis. Jadi kalau kamu mengirim segenggam bunga mawar merah atau menerimanya, maka bisa menghitung jumlahnya. Untuk kemudian kamu bakal ketahui maksud dan makna yang terkandung dalam kiriman bunga mawar tersebut.

Klasifikasi & Jenis-jenis Bunga Mawar berdasarkan kelasnya

Berdasarkan pada sejarah, bentuk bunga dan pembiakannya, bunga mawar diklasifikasikan ke dalam 3 kelompok kelas utama. Sebagian besar jenis mawar yang kami sebutkan di bawah ini masih dipertahankan penyebutannya dalam bahasa Inggris. Tujuannya agar lebih memudahkan dalam pemahaman.

Berikut adalah uraiannya lengkap. Silakan disimak.

1. Bunga Mawar Taman Tua (Old Garden Roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dilengkapi dengan arti pemberian dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
http://free-stock-illustration.com/

Bunga cantik dalam jenis mawar yang pertama adalah masuk dalam kelas Bunga Mawar Taman Tua (Old Garden Roses). Atau juga dikenal dengan nama mawar warisan. Jenis bunga mawar satu Ini terkenal sebelum abad ke-20.

Bunga mawar yang masuk dalam kelompok ini mempunyain karakteristik dan daya tahan yang kuat . Mereka sanggup mengatasi cuaca ekstrim musim dingin dan juga tahan terhadap wabah penyakit.

Bunga mawar tua ini punya siklus pertumbuhan yang tidak teratur. Namun dari segi aroma jangan ditanya, bung mawar taman tua ini rata-rata punya keharuman yang luar biasa mantab..

Sangat cocok dijadikan bunga mawar penghias taman atau halaman belakang rumah. Beberapa jenis bunga mawar yang masuk dalam kelompok ini adalah China Roses, Tea Roses, Damask Roses, Bourbon Roses dan lain-lain. Dan beberapa mawar tua yang biasa mekar musim semi adalah seperti Albas, Damasks, Centifolia.

Mari kita ulas secara lebih terperinci bebarapa bunga cantik dengan aneka motif unik di bawah ini.

  • China Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    istockphoto.com
  • Damask

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    paulbardenroses.com
  • Centifolia Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    commons.wikimedia.org
  • Alba Rose (Mawar Putih)

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    hedgerowrose.com
  • Baronne Prevost

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    paulbardenroses.com
  • Green Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    pinterest.com
  • Rose de Rescht Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    davidaustinroses.co.uk
  • Tea Roses

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    notonthehighstreet.com
  • Bourbon Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    heirloomroses.com
  • Moss Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    officialchitra.wordpress.com
  • Lady Banks Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    monrovia.com
  • Rosa Gallica

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    landscapeofus.com
  • Yolande d’Aragon Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    palatineroses.com
  • Francis Dubreuil

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    pinterest.co.uk
  • Hybrid Perpetual Rose

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    rosepetalsnursery.com
  • Bermuda Mysterious Roses

    Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
    hedgerowrose.com

2. Bunga Mawar Modern Hibrida (Modern/hybrid Roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dilengkapi dengan arti pemberian dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
www.lubera.co.uk

Yang kedua adalah Modern / Hybird Roses atau mawar modern hibrida. Bunga mawar kelas ini diciptakan dengan mengambil bagian-bagian terbaik dari berbagai varietas Old Garden Roses (Mawar Tua). Bisa dikatakan hasil kawin silang antar varietas mawar tua.

Tujuannya adalah untuk menciptakan jenis mawar yang lebih baik. Baik dari segi warna yang lebih menawan dan juga aromanya yang direkayasa sehingga lebih harum. Dari segi daya tahan tubuh bunga, bunga mawar modern juga cukup kuat melawan penyakit.

Untuk periode pemekaran sendiri bunga mawar modern ini tentu lebih sering dan tidak tergantung musim.

Dan secara garis besar bunga mawar kelas ini dapat dipecah menjadi Grandiflora dan Floribunda Rose. Disamping ada juga jenis mawar -mawar lainnya yang tidak kalah menawan.

Berikut adalah beberapa contoh bunga mawar modern populer beserta gambar dan penjelasannya.

  • Amber Queen

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    photomazza.com
  • Grandiflora

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    houzz.com

Jenis Mawar varietas Grandiflora ini merupakan bentuk kombinasi keindahan dari jenis floribunda dan Hybrid Tea Rose. Mawar ini memiliki batang tubuh yang memanjang, memiliki rungga dan biasa tumbuh berkerumun.

  • Iceberg Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    gumtree.co.za
  • Hybrid Tea Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    palatineroses.com

Bicara tentang mawar, kemungkinan besar jenis inilah yang akan muncul dalam benak Anda. Mawar Hybrid Tea ini tumbuh memanjang, bunganya berukuran besar serta memiliki ragam warna yang indah. Dan sebagian mawar hibrida masuk dalam kategori Hybrid Tea.

Bisa dibilang jenis ini merupakan mawar paling populer di dunia. Sehingga tidak ayal keberadaannya juga sangat universal. Anda bisa melihatnya dijual di toko-toko bunga.

  • Floribunda

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    starrosesandplants.com

Mawar Floribunda menampilkan struktur bunga mereka dalam kerumunan. Mereka menampilkan bunga yang berwarna cerah dan berukuran kecil. Ciri umum bunga ini yang paling diminati adalah kemampuan mekar berbunga sepanjang musim.

  • Fragrant Plum Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    rosesalesonline.com.au

3. Bunga Mawar Liar (Wild/species roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dilengkapi dengan arti pemberian dari setangkai atau buket bunga mawar merah, pink, hitam dan lain-lainnya.
fineartamerica.com

Jenis mawar cantik yang ketiga adalah Wild / Species Roses (Bunga mawar liar). Sebagaimana namanya, mawar jenis ini merupakan tanaman yang tumbuh selama ribuan tahun tanpa adanya peran serta manusia dalam pertumbuhannya.

Secara anatomi tubuh, bunga mawar yang masuk dalam kelompok mempunyai 5 kelopak atau daun bunga. Dan rata-rata memiliki warna merah muda (merah, pink (merah jambu) dan juga putih).

Bunga mawar liar ini punya bagian pinggul / bawah yang berwarna cerah. Juga memliki struktur tangkai dan bunga yang kuat. Sehingga secara ketahanan, juga kuat menahan serangan penyakit dari luar dan cuaca ekstrim musim dingin.

Adapun terkait pemeliharaan, mawar ini cenderung gampang untuk dirawat, dengan periode mekar sekali setahun di musim panas.

Spesies Rose yang populer dan banyak dijual sekarang ini adalah Mawar Rugosa (Rugosa Rose). Karena selain memiliki keunggulan di atas, perawatannyapun sangat mudah. Bunga mawar liar ini banyak dibudayakan di berbagai perkebungan bunga.

  • Rugosa rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    gardenia.net
  • Multiflora rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    en.wikipedia.org

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Kegunaan dan Ruang Tinggal

Adapun jika dibedakan berdasarkan kegunaan dan ruang yang diperlukan dan penataan bunga, mawar dapat dibedakan setidaknya ke dalam 4 jenis yang sangat indah. Berikut adalah ke empat jenis bunga mawar cantik dan riciannya.

1. Bunga Mawar Miniatur (Miniature rose)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
noreast-miniroses.com

Bunga mawar ini bisa tumbuh dengan ukuran relative kecil. Hal tersebut menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan hiasan atau tanaman indoor. Sesuai dengan namanya, bunga mawar jenis ini memiliki ukuran mekar kelopak yang cukup kecil alias mini. Hanya sekitar 1,5 inci atau bahkan kurang dari itu.

Bunga mawar miniatur sangat cocok untuk mereka yang mau merasakan nuansa keindahan taman bunga ke dalam lingkungan rumah yang terbatas.

Selain itu bunga ini juga sangat mudah ditanam bahkan cukup dengan ditempatkan dalam container kecil. Hal tersebut membuatnya sangat populer di kalangan masyarakat sebagai tanaman hias favorit.

Akarnya dangkal sehingga membutuhkan banyak asupan air.

Kelopak dan dedaunan berukuran mini yang dimiliki bunga mini membuatnya jadi sedemikian berbeda dari mawar lainnya.

Bunga mawar ini perlu diposisikan pada tempat yang tersinari sinar matahari. Setidaknya dalam sehari, bunga ini idealnya tersinari matahari selama 5 – 6 jam. Dan bunga ini akan berhenti tumbuh pada ketinggian mencapai sekitar 15 inci.

Untuk urusan ketahanan, bunga mawar miniature bisa tahan selama berminggu-minggu dan akan mekar selama musim semi.

Dan berikut adalah beberapa contoh jenis bunga yang masuk dalam kelompok Miniature Rose (Bunga Mawar Miniatur).

  • Baby boomer Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    australianroses.com.au
  • Rise n’ shine Rose

    washingtondc.picturesofus.net
    sarose.org.au
  • Magic Carrousel Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    washingtondc.picturesofus.net

2. Bunga Mawar Pohon (Tree/standard roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
weeksroses.com

Sebagaimana namanya, bunga mawar indah ini dibentuk layaknya pohon dengan cara mencangkok varietas bunga mawar dengan ranting pohon yang ada. Tampilannnya menjadi sangat unik, bukan.

Namun bunga mawar pohon seperti ini tentu memerlukan perawatan yang lebih istimewa dibandingkan dengan jenis lainnya.

Pohon bunga mawar ini juga memerlukan perlindungan khusus, terlebih pada musim dingin. Pemangkasan secara berkala sangat diperlukan, namun tetap harus berhati-hati untuk mempertahankan bentuknya.

3. Bunga Mawar Rambat (Climbing roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
pinterest.com

Berikutnya adalah disebut Climbing Rose. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Bunga Mawar yang Memanjat atau mendaki. Ya tentu bukan dalam memanjat dalam arti sebenarnya.

Maksudnya adalah tanaman bunga mawar ini ditampilkan dengan dirambatkan menggunakan media tongkat traliss atau sejenisnya. Dengan begitu jika bunga sudah tumbuh, maka akan tercipta tampilan indah yang begitu artistic dan estetik.

Berikut adalah contoh beberapa jenis climbing roses yang cukup populer.

  • New Dawn Climbing Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    rirs.org
  • Renae Climbing Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    tripadvisor.com
  • Mme. Alfred Carriere Climbing Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    pinterest.com
  • Zepherine Drouhin Climbing Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    gardenia.net
  • Sombreuil Climbing Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    gardenia.net

4. Bunga Mawar Semak (Shrub roses)

Klasifikasi Gambar bunga mawar berdasarkan jenisnya dan bentuknya dilengkapi dengan arti pemberian bunga mawar pada orang terkasih.
davidaustinroses.co.uk

Shrub Rose atau dalam bahasa Indonesia berarti Bunga Mawar semak ini biasanya merupakan mawar hibirad hasil perkawinan silang.

Mawar jenis ini memiliki pertumbuhan yang tegak lurus dengan tanah dan tidak membutuhkan penyangga. Ukuran tingginya bisa mencapai 4-6 kaki namun bisa lebih tinggi juga dari itu.

Jenis bunga seperti ini dapat ditanam dan menciptakan lingkungan lingkungan depan rumah yang indah. Kebanyakan mawar ini mekar hanya sekali dalam setahun yakni pada musim semi. Namun untuk beberapa varietas tertentu bisa mekar secara berulang kali.

Berikut adalah beberapa contoh nama / jenis bunga mawar yang masuk dalam kategori Shrub Roses.

  • Peace Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    jacksonandperkins.com
  • Mister Lincoln Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    allpoetry.com
  • Ballerina Rose

    Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
    mountainvalleygrowers.com

 

Fakta Menarik Tentang Bunga Mawar

Gambar bunga mawar cantik dan indah dengan beragam klasifikasi dan jenis-jenisnya
https://abellaflowersbostonma.com

Sebagai bunga paling populer di dunia, mawar juga memiliki fakta-fakta menarik yang bisa jadi membuat kamu geleng-geleng ketika mengetahuinya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar bunga mawar yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

  1. Mawar tumbuh secara universal di seluruh dunia
  2. Bunga mawar pertama kali dibudidayakan di kawasan Persia Utara di sekitaran laut Caspia.
  3. Fosil mawar tertua di dunia pernah ditemukan di daerah Colorado yang disinyalir bersumber dari 35 juta tahun lalu.
  4. Pada zaman Mesir kuno, bunga mawar dianggap sebagai bunga paling suci. Sering kali digunakan sebagai persembahan pada Dewa. Kemudian mawar juga sering dijadikan karangan bunga untuk pemakaman.
  5. Konfusius yang hidup pada 551 SM hingga 479 SM menyebutkan bahwasnya Perpustakaan Cina memiliki banyak sekali buku-buku tentang bunga mawar.
  6. Dewasa kini, Belanda adalah eksportir mawar terbesar di dunia. Negara kincir angin ini memiliki setidaknya 8000 lahan penanaman bunga mawar. Setingkat di atas Ekuador di urutan kedua dengan luas lahan yakni 5000 hektar.

Penutup

Nah itulah tadi pembahasan lengkap mengenai bunga mawar dan jenis-jenisnya lengkap dengan gambar yang cantik dan indah terpampang. Dengan mengenal jenis-jenisnya kita jadi bisa menentukan mawar mana yang kira-kira cocok untuk ditanam di kebun belakang atau halaman depan rumah.

Selain itu seperti telah disebutkan diatas tentang makna mawar. Bahwasanya, setiap jenis bunga mawar dengan warna tertentu dan jumlah tertentu memiliki makna yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Karenanya kamu nantinya juga bisa menentukan mawar warna apa dan berapa jumlahnya yang ingin dihadiahkan pada orang terkasih. Setangkai bunga mawar, berjuta makna pengukir cerita.

Semoga artikel ini gambar bunga mawar ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel Inspirilo berikutnya. Terima kasih.

Leave a Comment