14+ Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Bagi Pemula [DIJAMIN]

Halo sobat Inspirilo, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara cepat belajar bahasa Inggris. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di era globalisasi seperti sekarang ini, penguasaan bahasa Inggris nyata begitu diperlukan. Kita tidak bisa pungkiri bahasa Inggris adalah sebuah bahasa Internasional yang jadi pemersatu semua umat di muka bumi ini. Orang dari berbagai negara bisa dimudahkan jika menguasai bahasa Inggris.

Peranannya dalam peningkatan karir pekerjaan juga masih sangat diperlukan. Saat ini semakin banyak perusahaan yang mensyaratkan karyawannya (di level tertentu) untuk bisa menguasai bahasa Inggris secara aktif.

Lebih dari itu, sebagai makhluk sosial kita juga akan lebih merasa aman untuk bergaul dengan banyak orang dari mancanegara. Tidak kikuk saat bertemu bule, pergi ke luar negeri bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang baru di sana. Indah dan keren sekali kan ya. Intinya banyak sekali benefit yang bisa kita dapat dengan mempelajari bahasa Inggris. Terutama bagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Bagi orang-orang yang hidup di negara dengan bahasa ibunya menggunakan bahasa Inggris, mungkin merupakan anugerah tersendiri. Berbeda dengan kita yang dilahirkan di Indonesia. Yang notabene tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, sebagaimana di India atau Singapura. Tapi tentu hal tersebut juga bukan alasan kita tidak mempelajari bahasa Inggris.

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Kemampuan berbahasa bukanlah bakat turunan. Bahasa apapun itu, terutama bahasa Inggris adalah sebuah skill yang tentunya bisa dikuasai. Adapun cara menguasai sebuah bahasa itu tidak lain adalah dengan belajar dan mempraktikannya. Bukan hanya dengan mempelajari teori dan grammar (tata bahasa). Para bayi di Amerika sana juga pasti tidak belajar grammar dulu untuk mulai belajar bicara bahasa Inggris.

Kita kasih analogi dari kisah Si Bejo di bawah ini:

#1.

Bejo ingin belajar pencak silat. Dan yang ia lakukan adalah membaca teori-teori tentang silat. Dari mulai cara memukul, cara menangkis, cara membanting, kuda-kuda dan lain-lain, semuanya dipelajari.

Tapi tanpa dipraktikkan dan hanya di angan-angan. Dipikirkan saja, cara memukul itu seperti ini dan itu.

Apakah Bejo dapat menguasai dan Jago Silat??

Jelas tidak. Jago teori mah iya.

#2.

Beda ceritanya jika Bejo membaca teori dan teknik-teknik silat namun sambil mempraktikkannya. Akan lebih mantab lagi jika dibimbing oleh guru. Jadi porsi prakteknya lebih banyak ketimbang teorinya.

Latihanpun ia lakukan secara istiqomah (konsisten).

Hasilnya? Bisa kita tebak, Bejo sangat mungkin bisa menguasai Silat dan bisa mempraktekkan semua teknik secara refleks.

Tanpa berpikir teorinya harus ini dulu, harus itu dulu, dan lain sebagainya.

Tak ubahnya dengan hal di atas, bahasa Inggris juga seperti itu. Jika kita hanya belajar teori tata bahasa tanpa berani mempraktikkannya secara langsung, maka akan sia-sia saja. Kita hanya perlu mempraktikkan sesering mungkin penerapan bahasa Inggris dalam kehidupan keseharian. Hingga akhirnya bisa berbicara lancar tanpa beripikir dan mencari terjemahannya. Automatically without thinking istilahnya.

Makanya banyak orang yang ngakunya telah lama belajar bahasa Inggris, tapi belum juga bisa lancar menggunakannya. Tak sedikit juga orang yang frustasi dengan hal tersebut. Merasa sudah banyak ikut kursus ini dan itu tapi belum juga membuahkan hasil. Ya bisa jadi karena itu tadi, kurang latihan praktik secara langsung, hanya tahu teorinya saja.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Tidak jarang juga akhirnya yang beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit untuk dipelajari. Padahal tentu kenyataannya tidak sesulit itu. Bahasa Inggris itu mudah, hanya masih saja banyak yang belum menyadarinya. Kita bisa belajar bahasa Inggris, bahkan secara otodidak tanpa guru ataupun ikut kursus sekalipun.

Beberapa pertanyaan pun muncul. Yang paling sering menyeruak yakni, “bagaimana cara cepat belajar bahasa Inggris?”

Hakikatnya, untuk belajar suatu cabang ilmu itu tentu tidak ada cara cepat atau instannya. Semua butuh proses dan proses tersebut harus dilalui, dilakukan secara konsisten. Layaknya analogi si Bejo tadi, melatih diri untk bisa menguasai silat tentu butuh waktu yang tidak sebentar. Pun begitu dengan penguasaan Bahasa Inggris.

Adapun di sini hanya akan disajikan cara-cara praktis. Yang setidaknya bisa membuat proses belajar bahasa Inggris jadi lebih efektif dan cepat. Dan inilah ‘Cara cepat belajar Bahasa Inggris’ secara otodidak bagi pemula.

1. Pergi dan menetap di luar negeri untuk beberapa waktu

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Cara ini diperuntukkan tentunya untuk yang mempunyai dana lebih. Pergi dan menetap di negera dengan mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Inggris adalah cara tercepat mahir berbahasa Inggris. Sehingga dapat lebih mudah, cepat dan fasih dalam menguasai bahasa Inggris melalui conversation (percakapan) secara langsung.

Nah katakanlah misalkan kamu sudah memutuskan secara bulat untuk pergi ke luar negeri dalam rangka belajar bahasa Inggris. Untuk hasil yang optimal, pergilah sendiri dengan tidak mengajak teman atau saudara. Karena nantinya hanya akan menghambat proses belajar.

Dalam artian, kemungkinan kamu masih akan terus menggunakan bahasa Indonesia dengan teman atau saudara. Beda halnya dengan pergi sendiri, kamu akan lebih dipakasa berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang lain di sana.

Kemudian, untuk negara sendiri pilihlah yang jumlah penduduk Indonesianya sedikit, atau mungkin tidak ada sama sekali.

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri bisa jadi salah satu metode efektif cara cepat belajar bahasa Inggris. Namun sebisa mungkin pilihlah aktivitas di luar wilayah perwakilan Indonesia. Karena pada banyak kasus, banyak pelajar Indonesia yang lama tinggal di luar negeri, tapi kemampuan bahasa Inggrisnya masih standar. Dikarenakan kurang aktif bersosialisasi dengan linkungan setempat. Hanya berkutat dengan teman sekampung yang itu-itu saja.

Atau bisa juga dengan mengikuti kursus singkat sejenis Home Stay yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga kursus. Sobat bisa cari tahu lebih lanjut tentang program tersebut di internet. Intinya, lingkungan yang memaksa diri kita untuk berbahasa Inggris adalah sarana paling efektif untuk cara cepat belajar bahasa Inggris.

2. Traveling ke tempat yang masayarakatnya berbahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang kedua adalah traveling ke tempat yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa mayoritas masyarakatnya. Tidak usah jauh-jauh juga, sobat bisa pergi ke Bali misalkan untuk bertemu banyak native speaker turis di sana. Atau bisa juga misal ke Singapura. Secara biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Namun tentu tetap perlu diingat bahwa tujuan pergi ke sana adalah untuk belajar, bukan sekadar traveling.

Perpaduan antara belajar dan traveling ini tentu bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Kendala lainnya mungkin cumam di masalah keberanian. Untuk pergi ke luar negeri dengan tujuan hanya untuk mempelajari bahasa Inggris biasanya akan ada rasa takut yang menghinggapi. Misal takut kehabisan uang, takut tidak bisa berinteraksi, takut tidak ada teman dan lain sebagainya. Ya tapi kalau memang sudah niat, perasaaan semacam itu sebisa mungkin dihindari.

Kampung Inggris

Atau alternatif lainnya, juga kita bisa belajar di tempat yang memang didesain untuk belajar bahasa Inggris. Contohnya yang paling terkenal di Indonesia adalah Kampung Inggris Pare. Di sana semua orang wajib menggunakan bahasa Inggris dalam berinteraksi.

Jadi sangat cocok untuk yang mau belajar dan memperdalam penguasaan bahasa Inggris. Silakan sobat bisa cari tahu seputar kampung Inggris tersebut di Google. Biasanya akan ada penwaran menarik dengan harga yang juga lebih ekonomis dibandingkan dengan belajar langsung ke luar negeri.

***

Nah itulah tadi di atas cara cepat belajar bahasa Inggris untuk yang punya dana berlebih. Kedua hal di atas juga merupakan cara fasih berbahasa Inggris secara otodidak yang bisa diusahakan. Dengan bergaul di tempat yang masyarakatnya menggunakan bahasa Inggris tentu akan sangat mengakselerasi penguasaan Bahasa Inggris kita.

Adapun jika tidak memungkinkan pergi ke luar negeri, maka bisa ikuti cara cepat belajar bahasa Inggris secar otodidak berikut:

3. Belajar alfabet inggris dengan pengucapan yang benar

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang pertama yakni mempelajari kembali Alphabet (alfabet) bahasa Inggris. Ya serius. Ini memang pelajaran SD atau TK mungkin kalau sekarang. Tapi cobalah tengok lagi dan review lagi apakah cara pengucapan pronunciation alphabet kita sudah benar? Bisa saja masih banyak yang salah dalam pengucapan huruf bahasa Inggris. Semisal pada huruf K, P, Q yang mana dalam pengucapaannya harus disertai dengan bunyi letupan (plossive).

Untuk lebih memperjelas, berikut adalah video tentang pengucapan alphabet dengan pelafalan (pronunciation) yang benar.

4. Tidak harus menghafal kosakata

Ada beberapa tips tentang cara cepat belajar bahasa Inggris yang menyebutkan kita harus menghafal sejumlah kosakata  setiap harinya. Hitung-hitungannya, jika dalam sehari bisa menghafal 10 kosakata, maka dalam sebulan bisa 300 kosakata. Simpel sekali kan. Tapi pada kenyaatannya, hal tersebut dirasa sangat tidak efektif, terlebih jika kata yang dihafal tersebut tidak digunakan atau dipraktekkan.

Yang paling benar adalah dengan berlatih menuangkan kosakata sederhana yang kita tahu dalam kalimat sederhana. Misal saat sedang memakan roti, bisa saja bilang ‘I eat bread’ atau ‘I’m eating bread’.

I want to go to market (saya akan pergi ke pasar), dan contoh sederhana lainnya.

Adapun jika tujuannya adalah ingin memperbanyak pembendaharan kata, maka itu nanti juga akan bertambah secara alami seiring dengan jam terbang.

5. Pelajari hanya kosakata bahasa inggris yang paling sering digunakan

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Kemampuan pembendaharaan kata jelas diperlukan dalam belajar bahasa Inggris. Dan untuk menguasai vocab atau kosakata bahasa Inggris dalam jumlah banyak, kita harus memperbanyak jam terbang. Banyak membaca, menulis, mendengarkan, lalu mencatat setiap ada kata-kata untuk kemudian dipelajari dan dipraktekkan.

Adapun cara cepat yang bisa kita lakukan adalah dengan menghafal, mempelajari dan mempraktikkan sejumlah 2000 kosakata saja. Seperti kita tahu, bahwa jumlah vocabullary itu banyak sekali. Namun tentu tidak akan terpakai semua dalam keseharian. Cara yang paling efektif adalah dengan menyeleksi vocab atau kosakata yang paling sering muncul dalam percakapan. Dan jumlah yang paling ideal adalah di angka 2000 an.

Dengan begitu, proses belajar dalam rangka meningkatkan pembendaharaan kata bisa lebih efektif dan efisien secara waktu. Karena kita jadi tidak harus mempelajari kosakata yang jarang dipakai dan hampir tidak pernah dipakai.

Baca : artikel tentang 2000 kosakata bahasa inggris untuk mengetahui kosakata atau vocab yang paling sering digunakan.

6. Grammar memang penting, tapi jangan dijadikan tujuan utama

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Banyak orang yang belajar bahasa Inggris terlalu fokus pada grammar atau penguasaan tata bahasa. Grammar memang penting untuk kita tahu bagaimana struktur & pola kalimat yang benar itu seperti apa. Tapi tujuan kita mempelajari bahasa Inggris itu bukanlah grammar. Tapi bagaimana kita berlatih secara learning by doing.

Jadi jangan jadikan grammar sebagai tujuan utama dalam mempelajari bahasa Inggris. Karena bisa-bisa saat kita hendak mengucapkan sesuatu maksud dalam bahasa Inggris, otak malah sibuk memikirkan bagaimana pola kalimat yang benar.

Akhirnya tidak ada satupun kalimat yang keluar, karena merasa takut salah grammarnya. Padahal yang namanya berbuat kesalahan dalam belajar itu bisa dibilang merupakan sebuah keharusan. Dari kesalahan, kita belajar untuk memperbaiki dan tidak mengulanginya.

Grammar memang penting untuk diketahui, tapi itu bukanlah tujuan utama. Tujuan utama kita belajar bahasa Inggris adalah agar bisa berbicara lancar dengan maksud yang dimengerti oleh lawan bicara. Sekalipun mungkin itu grammarnya salah, tapi tidak apa-apa. Nanti juga kita bisa belajar dari kesalahan tersebut.

Misal seseorang mengucapkan: Yesterday, I go to the zoo with my family.

Secara grammar salah. Yang benar: Yesterday, I went to the zoo with my family. (past tense pakai verb 2)

Saat orang tersebut menyebutkan kalimat pertama karena masih belajar, tentu tidak masalah. Lawan bicaranyapun juga akan mengerti. Secara fungsi, itu sah-sah saja. Adapun tentang kesalahan yang ada, nanti kita bisa belajar dan memperbaikinya.

7. Menonton film bahasa inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Bagi kamu yang suka menonton film, bisa memanfaatkan hobi tersebut juga untuk belajar bahasa Inggris. Istilahnya, sambil menyelam buang air, eh minum air. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya kita bisa belajar dari dialog atau percakapan yang terjadi dalam film tersebut.

Pada prakteknya, kamu bisa menonton film tersebut sebanyak 2 kali. Yang pertama lengkap dengan subtitle, lalu pahamilah jalan ceritanya.

Kemudian yang kedua, tonton tanpa menggunakan subtitle. Fokus pada jalan cerita film, dengan memperhatikan setiap kosakata yang diucapkan. Cara tersebut juga sangat bisa meningkatkan kemampuan listening.

Adapun jika sukanya menonton film non English, misal film Korea juga bisa saja untuk belajar. Bisa coba tonton dengan bahasa aslinya dengan subtitle bahasa Inggris.

Bisa juga kita memanfaatkan Youtube untuk menonton video-video tutorial cara cepat belajar bahasa Inggris.

Sosok Brian Imanuel a.k.a Rich Chigga adalah satu contoh bagaimana menguasai bahasa Inggris bisa dilakukan hanya dengan belajar via Youtube. Brian kini menjadi rapper kelas wahid di Amerika sana dengan kemampuan bahasa Inggrisnya yang sempurna untuk ukuran orang Indonesia.

8. Suka mendengarkan lagu bahasa Inggris yang simpel

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Selain film, media untuk cara cepat belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan lagu. Banyak lagu bahasa Inggris yang enak-enak untuk didendangkan. Untuk pembelajaran, carilah lagu berbahasa Inggris yang simpel dari segi lirik dan nada.

Sebagai rekomendasi, sobat bisa dengarkan lagu-lagu dari band Indie asal Bandung, yaitu Mocca. Ya itu sejenis band jadul, kidz jaman now nampaknya jarang yang tahu :). Lagu-lagu mereka kebanyakan berbahasa Inggris namun sangat sederhana dan bisa dicerna dengan mudah. Sehingga cocok dijadikan bahan belajar.

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
Daftar lagu Mocca

Saya sendiri juga banyak belajar dari lagu-lagunya Mocca. Mulai dari pelafalan (pronunciation) yang benar dan juga pembendaharaan kata juga setidaknya bertambah. Karena tidak jarang, dari sebuah lagu kita bisa menemukan banyak kata baru yang sebelumnya tidak diketahui.

9. Rajin membaca teks bahasa inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Tips cara cepat belajar bahasa Inggris berikutnya yakni rajin membaca teks berbahasa Inggris. Baik itu buku bacaan atau artikel di Internet. Bacalah dengan bersuara dan usahakan dilafalkan dengan pronunciation yang tepat.

Jadi fokusnya di sini pembentukan kemampuan reading dan speaking. Bukan pada membaca cepat, yang biasa dilakukan dengan cara skimming.

Pada saat membaca sebuah teks, perhatikan juga struktur setiap kalimat yang terbentuk. Kemudian jika ada kata yang tidak dimengerti, catatalah. Buka kamus dan cari maknanya.

Selain menambah pengetahuan, dengan membaca kita juga merangsang otak agar daya ingatnya lebih kuat. Kemudian kita juga akan terbiasa membaca teks berbahasa Inggris. Ya inilah cara belajar bahasa Inggris, yaitu dengan learning by doing.

10. Gunakan bahasa Inggrismu

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Cobalah untuk pakai bahasa Inggris di manapun sobat berada. Praktik yang dilakukan secara konsisten adalah inti dan kunci sukses dalam menguasai bahasa Inggris.

Bagi yang tinggal di kota besar, tentu bisa dengan mudah mencari  teman dan berhubungan dengan para bule (native speaker). Mungkin akan ada rasa canggung atau grogi, tapi jika sudah dimulai biasanya akan terbiasa bahkan ketagihan.

Pada prakteknya, sobat bisa saja jujur kepada mereka bahwa sobat memang sedang belajar bahasa Inggris. Dan memerlukan partner seorang native speaker.

Jangan takut membuat kesalahan saat berbicara. Jangan dulu pikirkan grammarnya benar atau tidak. Karena tujuan inti dari belajar bahasa adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tidak harus memakai tata bahasa yang benar dan indah. Intinya, you understand, I understand, just go ahead.

11. Tulis diary dalam bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Cara berikutnya untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan menulis diary dalam bahasa Inggris. Ya sebenarnya tidak harus diary juga, tapi bisa apa saja. Misal puisi atau menerjemahkan pantun Indonesia dalam bahasa Inggris, mungkin.

Intinya tulis saja apa yang dipikirkan. Dan dalam menulisnya pun tidak harus memperhatikan kaidah jurnalistik yang kaku. Tulis saja secara bebas (creative writing atau freewriting). Tulis hal-hal sederhana yang kamu alami hari ini. Tidak usah banyak-banyak juga, 50 sampai 100 kata per hari juga cukup.

Intinya kita membiasakan diri untuk berteman dengan kosakata. Pada prakteknya mungkin kita akan kebingunan menuliskan maksud dalam bahasa Inggris karena tidak tahu vocabnya. Dari situ pasti ada tindakan lanjutan, misal buka kamus baik kamus fisik atau aplikasi. Nah dari kegiatan tersebut, tanpa disadari akan meningkatkan kemampuan pemahaman dan pembendaharaan kata.

12. Berjejaring dengan teman yang jago bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggris
pixabay.com

Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, kondisi lingkungan sangatlah berpengaruh. Jadi sebisa mungkin, carilah lingkungan ang mendukung kita untuk bisa belajar. Misal bisa dengan bergabung dengan English club di sekolah. Dengan adanya teman yang sevisi akan lebih mudah dan mendukung percepatan belajar.

Atau di era social media seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkannya juga untuk belajar bahasa Inggris. Jejaring sosial seperti facebook tentu sangat memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang dari seluruh dunia.

Jadi kenapa kita hanya berkutat dengan orang-orang di kota tempat kita tinggal saja, kalau bisa berinteraksi dengan orang Inggris, misalnya.

Cobalah cari orang amerika di Facebook dengan mengetikkannya di kolom pencarian. Jika sudah ketemu yang dirasa cocok, cobalah add dan sapa sebisa kita. Utarakan maksud kita untuk belajar berinteraksi dalam bahasa Inggris, walaupun itu hanya via chatting. Jangan malu-malu, toh jaraknya jauh.

13. Belajar bahasa Inggris online ototdidak di lembaga terpercaya

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggrisTips cara cepat belajar bahasa Inggris berikut ini adalah dengan cara mengikuti pembelajaran secara online di lembaga yang terpercaya. Namun untuk yang satu ini sifatnya berbayar, tidak gratisan.

Dari sekian banyak program yang ada, yang paling direkomendasikan adalah situs belajaringgris (dot) net dari lembaga E-Compusoft. Saya sendiri sudah mencobanya dan terbukti bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan pronunciation yang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Baca : Belajar Bahasa Inggris Online di E-Compusoft Indonesia

Kelebihan dari program belajar bahasa Inggris online ini adalah materinya terstruktur dari dasar sampai expert. Dari awal juga kita sudah diberikan pemahaman (mindset) yang benar tentang bahasa Inggris.

Selain itu pembelajarannya juga fleksibel, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Karena materinya berupa ebook dan audio lessons. Sehingga cukup menggunakan Android saja sebagai medianya.

Berikut contoh audio materi yang disampaikan.

Dan yang paling penting, dengan bergabung di sini, nanti kita akan berkenalan dengan orang-orang yang visinya sama. Yaitu sama-sama sedang belajar bahasa Inggris. Kita akan dikumpulkan dalam sebuah group facebook. Orang-orang di sana bisa kita aja sebagai teman atau partner belajar speaking. Baik itu via telepon atau pun sekadar chatting dalam bahasa Inggris.

14. Memanfaatkan situs-situs belajar bahasa Inggris di Internet

Cara berikutnya untuk cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan memanfaatkan situs pembelajaran di internet. Sekarang ini kita patut bersyukur karena banyak sekali situs yang menawarkan fitur pembelajaran bahasa Inggris secara terstruktur. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Sehingga kita bisa belajar bahasa Igngris secara offline.

Namun dari sekian banyak situs pembelajaran yang ada, saya hanya akan merekomendasikan 2 situs.

  1. Talkenglish.com

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggrisSitus ini berisi materi pembelajaran bahasa Inggris dari basic sampai ekspert. Isinya lebih ke bersfiat materi. Sobat bisa mencari apapun terkait materi pembelajaran bahasa Inggris di situs ini. Bisa juga download aplikasinya di playstore. Salah satu fitur yang jadi favorit saya di aplikasi ini adalah kita bisa berlatih conversation dengan audio yang ada. Kemudian merekamnya dan mengeceknya telah benar apa belum.

  1. Duolingo.com

cara cepat belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris, percakapan bahasa inggrisDi situs duolingo ini kita bisa menjalani kursus bahasa Inggris secara harian. Dengan materi dan soal yang telah disusun sedemikian rupa. Kita bisa mulai dari materi paling dasar ataupun dari tengah-tengah, tergantung sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris kita sekarang.

Sistem kursusnya harian , dilakukan via laptop. Dan setiap harinya aka nada notifikasi untuk belajar setidaknya 5 menit sehari. Tentu tidak memberatkan, bukan.

Nah sobat bisa mencoba memanfaatkan situs-situs tersebut di atas untuk cara cepat belajar bahasa Inggris. Atau jika punya tempat belajar yang lebih baik, silakan bisa dieksekusi.

15. jangan berhenti belajar dan teruslah berlatih

Cara cepat belajar bahasa Inggris berikutnya yaitu yang pasti teruslah berlatih. Biasakan diri untuk selalu menggunakan bahasa Inggris dalam berinteraksi. Akan lebih enak jika didukung dengan teman yang juga sedang belajar. Sehingga bisa saling melengkapi dan jadi media partner dalam belajar.

Intinya dalam hal apapun, untuk menguasai suatu hal pasti diperlukan jam terbang dan konsistensi. Alah bisa karena biasa. Pun begitu dalam belajar bahasa Inggris. Cintailah bahasa Inggris dan jadikan ia sebagai lifestyle. Bukan hanya dipakai saat berbicara, tapi saat bergumam, berpikir atau melamun pun usahakan kalau bisa pakai bahasa Inggris juga.

***

Penutup

Nah itulah sedikitnya 14+ tips cara cepat belajar bahasa Inggris secara otodidak bagi pemula. Tapi jika sobat merasa perlu untuk mengikuti kursus, tentu tidak ada salahnya juga untuk ikut. Tapi yang pasti, pilihlah tempat kursus yang memang benar-benar kompeten dengan silabus pembelajaran yang lengkap dan terstruktur.

Dengan mempelajari bahasa Inggris dengan tujuan baik, tentunya juga merupakan sebuah bentuk ungkapan syukur kita pada Tuhan. Syukur atas anugerah otak dan pikiran yang telah dikaruniakan-Nya. Percayalah, Bahasa Inggris itu tidak sulit (mudah) selagi kita mau mempelajari dan mempraktikkannya.

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment