Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas Dengan Mudah (Desain Paling Unik)

Cara membuat bingkai foto – Halo sobat inspirilo, di postingan sebelumnya saya telah menyajikan contoh kerajinan dari kaleng. Adapun di postingan kali ini saya masih akan berbagi tentang kerajinan tangan dari barang bekas.

Dan barang bekas yang akan saya coba angkat sekarang adalah kardus atau kerap juga disebut karton.

Ya, kardus barangkali bisa dengan mudah kita temui di manapun. Karena kemasan produk kebanyakan menggunakan kardus sebagai media pembungkusnya.

Sedikit orang yang memanfaatkan kardus dan menjadikannya sebagai kerajinan tangan. Kebanyakan hanya membuangnya atau mengumpulkannya untuk dijual ke pengepul. Padahal banyak sekali hal yang bisa dibuat dari kardus bekas ini.

Dan hasilnya bisa jadi sangat menarik, mengandung nilai seni yang tinggi di dalamnya. Beberapa contoh penerapan kerajinan tangan dari kardus bekas antara lain sebagai berikut.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

kerajinan tangan dari kardus

Namun lebih spesifik lagi, di sini saya hanya akan membahas satu jenis kerajinan. Tidak lain yang akan saya share adalah tentang cara membuat bingkai foto dari kardus bekas.

Membuat bingkai foto dari kardus

Bingkai foto adalah satu barang yang juga tidak asing lagi. Hampir di setiap rumah pasti ditemui ornamen tersebut. Peruntukkannya jelas sebagai tempat memajang foto, baik itu foto keluarga, foto pemandangan dan lain sebagainya. Yang pada intinya berfungsi untuk menghias dan mempercantik ruangan.

Nah kaitannya dengan kardus bekas, ternyata kita bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk membuat bingkai foto yang bagus. Bukan sekadar bingkai foto kardus biasa, namun bisa kita sulap juga sehingga mengandung nilai artistik yang tinggi.

Bagaimana cara membuat bingkai foto dari kardus?

Membuat bingkai foto dari bahan kardus bekas tentu sangat mudah. Bahkan untuk jenis bingkai foto sederhana nampaknya tidak perlu mengeluarkan effort dan usaha yang besar.

Tapi wajar kiranya kita sebagai manusia menginginkan sesuatu yang lebih. Artinya sebagian besar kita menginginkan bingkai foto yang bukan hanya indah dilihat, tapi juga unik. Lain dari pada yang lain. Karena jika hanya bentuk sederhana dari bahan kardus tentu akan kurang enak untuk dipajang.

Nah menjawab masalah tersebut, di sini akan saya coba sajikan tutorial cara membuat bingkai foto unik dari kardus bekas. Selain unik, bingkai foto yang dihasilkan pun juga memiliki nilai esttetik yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat cocok untuk dipajang di ruangan rumah.

Adapaun overview hasil/output dari pigura atau bingkai foto yang dihasilkan kurang lebih seperti beriut ini:

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Tutorial cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Oke , sekarang kita masuk ke bagian inti dari artikel ini. Yakni tutorial dan contoh desain yang bisa sobat tiru untuk menghasilkan bingkai foto yang bernilai seni tinggi.

Tutorial yang disajikan juga akan sangat mudah untuk diikuti. Karena disertai juga dengan gambar instruksional yang memudahkan proses praktik.

Alat yang dibutuhkan:

Untuk membuat bingkai foto dari kardus bekas, terlebih dahulu kita harus menyiapkan peralatan yang sekiranya nanti akan dibutuhkan.

  1. Lembaran kardus bekas yang cukup tebal dengan bagian dalam yang bergelombang. Bagian kardus yang bergelombang ini nantinya akan sangat berperan dalam membentuk pola desain yang menarik perhatian.
  2. Pensil atau spidol untuk membuat pola,
  3. Penggaris
  4. Gunting
  5. Lem
  6. Koas lukuis
  7. Dan beberapa hiasan dekoratif lainnya

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Adapun di sini akan disajikan tutorial untuk beberapa jenis motif bingkai foto. Setidaknya ada 6 jenis desain yang bisa digarap. Jadi sobat bisa saja lompat ke penjelasan tentang frame yang sekiranya paling disukai.

Oke langsung saja, berikut adalah desain bingkai foto dari kardus bekas yang bisa langsung sobat buat di rumah.

Desain 1 – Bingkai foto dari kardus

Untuk yang pertama, sekarang kita akan coba membuat bingkai foto sederhana dari bahan kardus bekas. Walaupun sederhana, hasil akhirnya cukup bagus dan eyecatching.

Cara pembuatannya cukup mudah. Karena juga akan disediakan kerangka desain yang memudahkan proses pemotongan kardus.

Untuk ukurannya sendiri menggunakan ratio 2;3. Sobat bisa membuat ukuran 20 cm x 30cm atau 40 cm x 60 cm. Silakan disesuaikan dengan selera masing-masing.

Menyiapkan pola kerangka desain

Untuk tahap pertama kita perlu menyiapkan pola kerangka desainya terlebih dahulu. Untuk caranya silakan ikuti langakah-langkah di bawah ini. Bisa lihat gambar untuk mempermudah pemahaman.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

  1. Persiapkan sebuah lembaran kardus berbentuk kotak dengan ukuran dikehendaki. Misal 20×30 cm.
  2. Rapikan tepian kardus dengan memotongnya menggunakan gunting atau pisau cutter.
  3. Potong kotak bagian tengah kardus dengan ukuran dan rasio sesuai foto yang hendak diapajang nantinya. Untuk panduan ini, dibuat kotakan di tengah frame. (gambar 3)
  4. Siapkan juga lembaran kardus yang lebih kecil dengan ukuran lebih besar sedikit dari lubang yang telah dibuat di langkah 3. Tujuannya lembar kardus tersebut akan digunakan sebagai bagian belakang foto nantinya (gambar 4)
  5. Potong 4 papan tipis dan tempel di bagian belakang bingkai sehingga membentuk kotak foto (Gambar 5).
  6. Dan potongan persegi panjang yang dibuat pada langkah sebelumnya (Gambar 6)
  7. Rekatkan bagian atas strip dari cover kotak sehingga menjadi tertutup (Gambar 7)
  8. Potong 4 potongan papan segitiga. Di tutorial ini menggunakan 2×2 potongan persegi. Lem di bagian belakang bingkai seperti ditunjukkan pada Gambar 8. Ini akan menstabilkan bingkai saat digantung di dinding.
  9. Pilih garis-garis dan rekatkan untuk membentuk list di sekeliling bingkai. Dan persegi panjang bagian dalam. (Gambar 9).

Setelah jadi, hasilnya adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Sudah terlihat rapih? Mari kita lanjut ke tahap dekorasi untuk mempercantik tampilan bingkai.

Dekorasi bingkai foto

Di tahap dekorasi ini kita akan membuat tampilan bingkai menjadi lebih menarik dan enak dipandang. Caranya yakni dengan menambahkan ornament lembaran kardus tipis yang bergelombang di sekitaran bingkai.

Ambil selembar tipis kardus dengan tekstur bergelombang, untuk kemudian dipotong-potong dan dijadikan hiasan bingkai.

  1. Buatlah garis potongan kardus tipis selebar kurang lebih 1 inchi. Atau disesuaikan dengan kerangka yang sudah dibuat.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  2. Potong menggunakan gunting atau pisau cutter sehingga terbentuk beberapa potongan panjang kardus tipiskerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  3. Dari potongan panjang tersebut, buat potongan kardus kotak-kotak kecil untuk nanti dijadikan hiasan.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekaskerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekaskerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  4. Lem potongan kecil tersebut tepat di antara tepian bingkai yang telah dibuat sebelumnya. Lem dengan posisi gelombang yang horizontal.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  5. Kemudian berikan pembatas dengan tepian kembali. Rekatkan kembali kotakan kecil kardus tipis, namun dengan posisi gelombang yang vertical.
  6. Ulangi langkah 4 dan 5 secara berulang sehingga membentuk pola seperti terlihat pada gambar di bawah.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  7. Berikutnya ukurlah batas tepian dalam bingkai yang belum diberikan hiasan dekorasi kardus bergelombang.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  8. Rekatkan kembali potongan kardus menggunakan lem pada bagian batas tengah. Lebih jelasnya bisa lihat gambar.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  9. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, seharusnya bingkai foto yang terbentuk adalah seperti ditunjukkan gambar di 9 di atas.

Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah menaruh foto yang ingin dipajang dalam bingkai tersebut. Penampakannya kurang lebih adalah sebagai berikut.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Bagaimana? Hasilnya lumayan cantik bukan? Pola horizontal-vertikal pada gelombang kardus menjadikan tampilan bingkai foto ini lebih terlihat artistik.

Desain 2 – Pola Lingkaran Random

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Desain bingkai foto berikutnya adalah bertemakan lingkaran. Dengan memanfaatkan kardus yang dipotong kecil dan panjang. Kemudian dibentuk lingkarang dan direkatkan pada area bingkai. Lebih mantap jika sebelum direkatkan, terlebih dahulu diwarnai dengan warna coklat atau hitam.

Terlihat sederhana memang, tapi tetap memiliki nilai estetika yang tinggi. Tertarik untuk membuat bingkai foto dengan desain ini. Mari kita ikuti panduan simpelnya berikut ini. Cekidot:

  1. Cukup buat beberapa strip kardus. Dipotong kecil dan memanjang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas
  2. Selanjutnya ikutilah langkah-langkah yang tertera dalam gambar di bawah:

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Buatlah semacam pola oval/bulat lonjong di permukaan kardus. Kemudian potonglah menggunakan pisau cutter.

Kemudian rekatkan setiap helaian strip kardus di tepian kardus yang baru dipotong tadi.

Selanjutnya, buatlah banyak lingkaran dari strip kardus dengan ukuran random. Kemudian rekatkan di sekeliling bagian bingkai. Kurang lebih bingkai yang dihasilkan adalah seperti terlihat pada gambar di atas.

Sobat mungkin bisa membuatnya lebih bagus dan lebih bervariasi. Silakan berekspolasi dalam membuatnya menjadi lebih ciamik.

Desain 3 – Estetika random

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Berbeda dengan kedua desain sebelumnya, desain ke 3 ini mencoba lebih out of the box. Karena desain yang diterapkan cenderung tidak beraturan dan asimetris. Inilah prinsip acak atau random yang justru menjadikannya tampak lebih menarik. Karena jadi terlihat luwes dan tidak kaku.

Pun begitu dengan pengerjaannya yang mudah. Karena hampri tidak diperlukan yang namanya kerangka pola. Dengan feeling kreativitas yang kuat, setiap hiasan bisa terpajang dengan indah di area bingkai. Sehingga hasilnya bisa sangat memukau dan memanjakan mata.

Tertarik juga untuk membuat bingkai foto ini? Langsung saja perhatikan gambar instruksional berikut.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Desain 4 – Hitam menawan

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Hitam adalah warna yang bisa dibawah kemana-mana. Prinsipnya seakan bisa selalu berfungsi dengan baik dalam berbagai keperluan. Tak terkecuali dengan bingkai foto dari kardus bekas ini. Penegasan. warna hitam dari bingkai menjadikannya jauh lebih artistik.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Desain 5 – Geometri

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Bingkai foto ini menerapkan pola bentuk garis-garisi yang saling timpa sehingga menghasilkan desain bentuk geommetri segi 6 di bagian tengah. Yang mana bagian tengah tersebut nantinya berfungsi sebagai area pajang foto.

Tertarik untuk membuatnya? Silakan ikuti tutorial dari gambar instruksinal berikut ini.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Desain 6 – Best of waste

Siapa bilang yang namanya barang sisa tidak ada gunanya? Pada prakteknya, mungkin akan banyak mendapati potongan-potongan kardus kecil sebagai sisa. Jika jeli, tentu bahan sisa tersebut juga bisa kita manfaatkan sebagai dekorasi dalam pembuatan bingkai foto ini.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Nah prinsip ini pulalah yang diterapkan pada desain bingkai foto dari kardus berikut ini. Walaupun desainnya cenderung tidak berarturan, tapi tetap terlihat indah dan memilik nilai seni di dalamnya.

kerajinan dari kardus bekas, cara membuat bingkai foto, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas

Bagaimana? istimewa, bukan? Dari sebuah lembaran kardus bekas saja bisa jadi seperti itu. Sekarang giliran sobat yang mencoba. Desain-desain di atas bisa sobat tiru plek persis ataupun hanya sebagai inspirasi untuk mengundang ide desain yang lebih dahsyat. Silakan dieksplorasi. ?

Video cara membuat bingkai foto sederahana dari kardus bekas

Sebagai inspirasi tambahan, berikut saya sajikan pula video tutorial cara membuat bingkai foto dari bahan kardus bekas. Berbeda dengan 6 bingkai foto yang telah dibagikan di atas, bingkai foto yang dihasilkan adalah bingkai foto sederhana. Tanpa motif dan desain yang terlalu berat. Kendati begitu, hasilnya tetap lebih berkelas dan tak terlihat seperti dari bahan kardus. Bagi yang tertarik mencoba, silakan ikuti panduan di video berikut ini:

Penutup

Nah itulah tutorial tentang cara membuat bingkai foto dari kardus bekas. Bagaimana? Untuk membuatnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan. Cuma perlu sentuhan sedikit kreativitas, kardus bekaspun bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Dengan bingkai foto artistik semacam itu, dijamin ruangan rumah menjadi lebih elok dipandang. Silakan bagi sobat yang memiliki stok kardus melimpah di rumah, bisa mencoba menerapkan tutorial di atas. Tak menutup kemungkinan kerajinan semacam ini juga bisa dijual dan mendatangkan keuntungan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi sobat sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun isi dari pada artikel ini. Jika sobat menemukannya, boleh untuk beritahu di kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Sumber referensi : instructables.com

Leave a Comment