3 Cara Memotong Gambar di Photoshop dengan Mudah dan Cepat

Cara memotong gambar di Photoshop – Software editing foto yang paling terkenal dari dulu hingga kini adalah Phostohop. Dari edit sederhana sampai yang paling kompleks bisa dilakukan melalui software besutan perusahaan Adobe ini. Tergantung tingkat kemahiran juga pastinya.

Adapun bagi para pemula, mungkin bakal sedikit kebingungan bagaimana cara menggunakan Photoshop, bahkan untuk editing sederhana sekalipun. Mengingat banyaknya menu dan toolbar yang terpajang di jendela Photoshop.

Contohnya yang kali ini akan kita bahas adalah saat ingin melakukan cropping atau memotong gambar menjadi lebih kecil. Kita tahu bahwa memotong gambar adalah hal yang penting dilakukan dalam editing foto guna membuang bagian yang memang dirasa tidak diperlukan. Dan bagi pemula pastinya banyak yang belum tahu bagaimana cara melakukannya.

Oleh karena itu di artikel ini, di sini kami mau berbagi tutorial sederhana buat pemula bagaimana cara memotong gambar di Photoshop biar ukurannya menjadi lebih kecil.

Adapun ukuran yang dimaksud adalah dimensi pixel nya, bukan ukuran kb (kilobyte)-nya. Contoh real misal foto closeup buat Ijazah yang dipotong hanya pada bagian muka saja, backgroud sekelilingnya yang tidak dibutuhkan akan di-crop dan disingkirkan.

Daftar Isi

Cara Memotong Gambar di Photoshop

Oke, langsung saja berikut cara melakukan cropping gambar di photoshop. Di sini saya menggunakan Photoshop CS6. Namun versi lainnya juga sama saja, kok.

Ada dua cara croping yang biasa saya lakukan di Photoshop, pakai toolbar dan juga shortcut. Berikut uraiannya.

1. Menggunakan Crop Tool

Cara pertama ini menggunakan toolbar atau menu yang memang dikhususkan untuk memotong gambar, yaitu Crop Tool.

  1. Buka gambar yang ingin dicrop di Photoshop dengan cara Klik file – Open atau CTRL+O.
  2. Setelah terbuka, langsung saja klik Menu Crop Tool di bilah menu. Lihat SS berikut.cara memotong gambar di photoshop
  3. Lakukan seleksi pada gambar yang ingin di-crop. Seleksinya berbentuk kotak dan kita bisa leluasa menentukan seberapa besar dimensi cropping / pemotongan pada gambar.cara crop gambar di photoshop
  4. Jika sudah, langsung saja double click atau tekan tombol Enter. Atau bisa juga dengan menekan tombol Move tool dan klik Crop. cara mengecilkan gambar di photoshop / crop
  5. Maka gambar akan langsung terpotong sesuai yang kita seleksi. Selanjutnya bisa dilanjut dengan editing lainnya.

    cara memotong gambar di photoshop dengan mudah
    Hasil Crop
  6. Jika sudah, jangan lupa Save (Ctrl+S).

2. Memakai Shortcut

Adapun cara kedua ini adalah yang paling sering saya lakulan karena lebih simpel dan cepat. Caranya adalah dengan menggunakan shortcut khusus di keyboard, tapi tetap dengan bantuan toolbar juga sebelumnya. Lebih jelasnya, lihat step by step berikut.

  1. Buka gambar yang ingin di-crop
  2. Tekan tombol seleksi kotak / marque tool. Gunanya untuk menyeleksi gambar untuk dipotong sebagiannya.
  3. Setelah terseleksi, maka langsung saja tekan tombol di keyboad > Alt + I +P secara bersamaan.
  4. Perintah shortcut tersebut berfungsi untuk memotong gambar sesuai yang telah diseleksi sebelumnya menggunakan marquee tool.cara memotong gambar di photoshop
  5. Setelah selesai, langsung saja klik Save.

3. Via Canvas Size

Cara ketiga ini sebenarnya bukan cara khusus crop / potong gambar. Tapi bisa juga difungsikan untuk memotong gambar secara tidak langsung. Tanpa melalui tombol menu crop ataupun shortcut Alt+I+P. Selain itu caranya juga manual dengan mengetikkan dimensi yg ingin dicrop. Agak lebih susah jadi. Jadi ini buat pengetahuan sobat saja yang pemula yg mungkin belum tahu.

Di sini kita memanfaatkan fitur Canvas Size yaitu dengan cara mengecilkannya. Bagaimana caranya? Ikuti uraian berikut:

  1. Buka gambar seperti biasa
  2. Tekan tombo CTRL+ALT+C
  3. Di sana bakal muncul jendela Canvas Size. 

cara memotong gambar di photoshop

Keterangan:

  • 1. Adalah ukuran asli gambar dalam Pixels
  • 2. Untuk memotong gambar kita harus mengisikan angka lebih kecil dari ukuran asli gambar. Jangan lupa juga untuk Uncheck (tidak mencentang) pada kotak “Relative
  • 3. Tentukan orientasi cropingnya. Dalam contoh gambar di atas, croping akan mengarah dari atas ke bawah untuk tingginya. Dan untuk lebarnya mengarah ke tengah.

4. Jika sudah, langsung saja klik OK. Maka akan tampil keterangan sebagai berikut. Maksudnya Photoshop memperingatkan bahwa ukuran canvas baru disusutkan dari ukuran sebelumnya. Ya fungsi tersebut sama saja dengan melakukan cropping. Langsung saja klik Proceed.cara memotong gambar di photoshop denga mudah

5. Dan hasil cropnya adalah sebagai berikut.

cara crop / memotong gambar di photoshop
***

Nah itulah tadi tutorial singkat cara memotong gambar di Photoshop yang sangat mudah untuk dilakukan. Seteleh dicrop tentu sobat bisa kreasikan foto dengan edit di aspek lainnya.  Akhir kata, Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi sobat sekalian. Sekian dan tetima kasih. Salam.

Leave a Comment