10+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula

Berdasarkan data dari situs Kominfo, disebutkan bahwa Pada 2017 lalu, eMarketer memperkirakan netter Indonesia mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban. Wow!! Luar biasa, bukan?!

Perkembangan pengguna internet dipengaruhi juga oleh kehadiran Smartphone yang semakin hari semakin kaya fitur untuk memudahkan interaksi. Sehingga setiap orang untuk bisa terhubung dengan dunia luar, lintas Negara bahkan benua melalui internet.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka tentu secara langsung ada potensi di mana kita bisa menghasilkan uang dari sana. Sama seperti analogi pasar, semakin ramai maka semakin perputaran uang di dalamnya besar, penghasilan penjualpun makin besar.

Tentu sudah bukan hal asing lagi kita dengar telah banyak orang yang menghasilkan uang melimpah lewat bisnis internet. Dan di artikel ini, inspirilo akan sedikit memberikan insight tentang cara-cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dilakukan oleh pemula dengan ataupun tanpa modal sekalipun.

1. Jualan Produk Secara Online

kudo.co.id

Metode pertama dalam menghasilkan uang dari Internet pastinya dengan jualan online. Ya kita bisa memasarkan produk yang kita punya dengan cara menjualnya di internet. Hampir semua jenis produk bisa dipasarkan di internet, dari mulai pakaian, makanan hingga kendaraan.

Channel pemasarannya juga beragam. Yang paling populer dan powerfull adalah dengan jualan via Social Media dan Juga Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain. Memasarkan produk di media tersebut bisa sangat efektif, khususnya untuk barang-barang fashion dan kecantikan.

Praktik realnya, misal Anda bisa kulakan beli barang untuk dijual kembali. Misal karena mau masuk musim lebaran, Anda bisa coba bisnis pakaian muslim. Anda bisa mulai dengan search grosir baju murah di internet. Tujuannya jelas, dengan beli di grosir pasti akan lebih murah karena memang diperuntukkan buat mereka yang ingin jualan.

Setelah mendapatkan barang yang sekiranya cocok, Anda bisa langsung berpromosi baik via Social Media seperti Facebook, Instagram, Grup WA ataupun Jualan dengan membuka toko / lapak di Marketplace.

2. Menjadi Reseller Produk Orang lain (Dropship)

Tokopedia.com

Adapun jika Anda yang ngebet jualan online namun bingung karena tidak punya produk, maka cara yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan. Caranya adalah dengan menjadi Reseller produk orang lain. Artinya kita bantu jualkan produk punya orang lain, untuk kemudian kita dapat keuntungan dari selisih harga yang ditetapkan.

Yang jadi istimewa di sini adalah walaupun Anda jualan produk orang lain, di hadapan pembeli Anda tetap bisa seolah-oleh sebagai pemilik asli dari produk yang ditawarkan. Seperti terlihat dari bagan gambar di atas. Menarik sekali, bukan.

Nah buat Anda yang tertarik, bisa mulai cari produk orang lain dan langsung daftar reseller. Sehingga bisa segera langsung memasarkan dan mendapat komisi atau profit dari hasil penjualannya.

3. Membangun Channel Youtube (Jadi Youtuber)

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini

Tentu bukan rahasia lagi kalau yang namanya Youtuber sekarang itu bisa disebut profesi. Artinya dari Youtube mereka bisa mendapatkan penghasilan banyak bahkan di atas rata-rata. Caranya yaitu dengan membuat akun dan mengupload video menarik dan diupayakan untuk bisa menjaring banyak pengunjung (viewers) dan subscriber.

Dari situ potensi monetisasi konten dapat dilakukan. Semakin banyak orang yang menonton video kita, maka iklan juga akan semakin sering muncul. Otomatis peluang terjadinya klik dari viewers juga makin tinggi. Sehingga penghasilan pemilik channel pun meningkat. Baca lebih lengkap di: Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

4. Menghasilkan Uang Dengan Memanfaatkan Blog

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini

Sudah tahu kan apa itu blog? Kalau belum tahu silakan Googling dulu :).

Pada prakteknya membuat blog itu juga sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sudah banyak sekali panduannya di internet tentang cara membuat blog secara sistematis dari proses awal yang paling dasar hingga bisa menghasilkan earnings.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, tidak cukup dengan hanya bisa membuat / mendesain tampilan blognya saja. Melainkan kita harus bisa pula mendatangkan kunjungan  atau trafik ke blog kita. Kunjungan dalam artian ada orang yang membaca isi dari blog yang dibuat.

Trafik bisa didatangkan dari berbagai cara, salahsatunya dengan memanfaatkan trafik dari hasil pencarian di Search Engine seperti Google. Metode ini dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan trafik yang banyak setiap harinya asalkan situs kita ada di halaman pertama atau kalau bisa rank pertama di pencarian. Pada intinya dengan metode SEO kita mengupayakan situs atau artikel bisa masuk di halaman satu untuk keyword / kata kunci tertentu.

Namun tentu tidak segampang itu bisa masuk di halaman pertama, banyak variabel yang harus diperhatikan dan dipelajari dalam SEO. Jadi ini bukan cara instan, melainkan perlu prose untuk bisa merangkin sebuah website di mesin pencari. Silakan pelajari dan praktekkan panduan-panduan di internet tentang belajar SEO, baik itu yang gratis maupun berbayar.

Jika blognya sudah memiliki banyak trafik, maka akan banyak sekali peluang cara mendapatkan uang. Kita bisa me-monetize trafik blog itu dengan pemasangan iklan maupun jualan produk. Pundi-pundipun dengan sendirinya berdatangan. Berikut adalah beberapa cara mengahasilkan uang dari Internet dengan memanfaatkan blog.

a. Publisher Iklan Google Adsense

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini -Google adsense
Google Adsense

Adsense adalah jaringan perikanan resmi milik Google yang sudah berjalan dari 2003. Dan menjadi salah satu yang paling tua di dunia dalam urusan periklanan online. Program periklanan Google AdSense adalah berbasis PPC (Pay Per Click). Artinya kita mendapat bayaran tiap kali ada klik iklan di blog kita.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang bisa dibilang sukses dalam dunia Publishing Adsense. Terlebih bagi situs-situs besar indonesia semacam detik.com Kompas, Republika dan yang lainnya. Dari salah satu sumber media online disebutkan bahwa penghasilan Detik.com dari Adsense mencapai angka $10,116.32 atau sekitar Rp. 130 juta per hari. Bayangkan berapa yang didapat dalam sebulan.

Dengan berbagai keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan menjadikan Adsense sebagai program periklanan favorit. Hingga banyak sekali Blogger yang mengharapkan agar bisa menjadi Publisher di sana. Akan tetapi tidak sembarangan orang bisa diterima menjadi Publisher Adsense. Seseorang harus memiliki website atau blog yang berkualitas dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Google.

Jadi memang Google Adsense ini menerapkan seleksi cukup ketat kepada para calon Publishernya. Hanya yang layak dan memiliki situs yang bagus sesuai standar Google yang dapat diterima oleh google sebagai Publisher Google AdSense. Jadi yang harus siapkan adalah website atau blog yang berkualitas dan menghasilkan cukup trafik sesuai standar Google.

Untuk belajar lebih lanjut tentang Google Adsense ini, silakan kunjungi tutorial Belajar Adsense. Di sana termuat tutorial Google Adsense dari A-Z yang bersumber dari pengalaman Mastahnya langsung. Silakan dipelajari.

b. Publisher Iklan Adnetwork Lain (Alternatif Adsense)

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah iniBerikutnya sebagai alternatif Google AdSense, Anda bisa mencoba jaringan periklanan lain yang juga menawarkan benefit yang tidak kalah menggiurkannya. Walaupun mungkin dari segi penghasilan yang didapat masih tetap Google Adsense ada di peringkat 1.

Tapi mengingat tidak mudahnya diterima menjadi Publisher Google AdSense maka alternatif Adsense ini bisa dicoba. Karena beberapa diantaranya sangat welcome dan terhitung mudah dalam proses approval nya. Beberapa di antaranya adalah MGID, AdNow dan lain-lain.

Namun intinya kembali pada trafik blog, atau seberapa ramai blog Anda dikunjungi setiap harinya. Semakin banyak trafik/kunjungan, semakin banyak juga potensi penghasilan yang didapat.

c. Menawarkan Space Iklan di Blog

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini -Google adsenseUntuk yang satu ini diperuntukkan untuk blog yang memang sudah memiliki trafik atau kunjungan stabil setiap harinya. Caranya adalah dengan menyediakan Space Iklan di beberapa bagian blog.

Nah Jika anda sudah punya blog yang ramai maka anda bisa menawarkan Space iklan dengan harga yang Anda tentukan sendiri. Atau bisa juga tergantung kesepakatan antara Anda sebagai penerbit iklan dan dan advertiser.

Adapun potensi penghasilan tentunya bervariasi tergantung dari tarif iklan yang Anda pasang. Hal itu menyesuaikan dengan trafik blog yang dimiliki. Misal Anda memasang tarif untuk satu banner di Sidebar dengan harga Rp250.000 per bulan. Maka jika anda berhasil menggaet 4 advertiser saja di blog Anda, maka Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) perbulan secara cuma-cuma.

d. Menerima Jasa Review Produk (Content Placement)

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini

Kalau memang website atau blog Anda sudah ramai pengunjung, biasanya akan ada Advertiser yang meminta untuk dipasangkan iklannya.

Namun bukan dengan format banner, melainkan dengan format artikel atau konten. Di kalangan blogger, hal ini juga kerap disebut dengan istilah Job Review. Artikelnya bisa dibuat sendiri ataupun disediakan dari Advertiser, tergantung kesepakatan.

Cara seperti ini sekarang sedang banyak diminati oleh para advertiser karena dirasa efektivitas iklannya lebih tinggi.

Anda sebagai pemilik blog juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari penerapan metode jasa review ini. Satu artikel review rata-rata bisa dihargai antara Rp.100 ribu hingga Rp. 300 ribu.

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini

Salah satu website broker yang baru sekitar 2 tahun ini berdiri,namun sudah terpercaya adalah iblogmarket.com. Di platform iblogmarket ini, Anda bisa mendaftar sebagai influencer atau sama saja dengan publisher.

Dengan bergabung dengan situs broker sejenis iblogmarket, kesempatan anda mendapat job review dari Advertiser menjadi semakin besar. Karena memang pihak broker telah membangun ekosistem bisnis yang saling menguntungkan di dalamnya. Publisher butuh job, Advertiser butuh penayang iklan / kontennya.

5. Berbagai Metode Lainnya

Dan berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan dalam upaya cara mendapatkan uang dari internet tanpa harus memiliki blog atau website. (Segera dilengkapi dengan penjelasannya)

  • Menjadi Developer Aplikasi Android dan memonetisasinya menggunakan Admob (Adsense Mobile)
  • Menghasilkan Uang dari Program PTC (Paid To Click)
  • Menghasilkan Uang Dengan Memanfaatkan Aplikasi Android, seperti Whaff Rewards
  • Menjadi makelar online / affiliate marketer di Ratakan.com atau Idaff.com
  • Jualan produk digital seperti ebook dan video tutorial.
  • Menjual jasa di internet (misal: Jasa desain rumah, jasa bikin vektor, dll)

Penutup

Nah itulah tadi kumpulan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa diupayakan oleh setiap orang. Potensi pasar yang besar dan sumber monetisasi yang beragam di dunia online tentu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Banyak sekali sebenarnya cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Dan untuk beberapa memang tidak diperlukan blog. Bahkan bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan HP. Namun tetap kami rekomendasikan khususnya bagi yang pemula untuk mulai belajar membuat blog guna menunjang kegiatan bisnis online yang dijalankan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment