10+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Untuk Pemula

Cara mendapatkan uang dari Internet – Di era teknologi informasi yang kian pesat ini, Internet sudah seperti teman sehari-hari. Bukan hanya bagi warga yang tinggal di kota saja. Tapi juga di daerah sampai ke pelosok kampung pun sekarang sudah banyak yang bisa menikmati internet. Beragam fungsi bisa didapat dari Internet. Dari mulai mencari informasi terkini, mengerjakan tugas sekolah, hiburan, hingga yang kini sedang booming adalah penggunaan Media Sosial.

Berdasarkan informasi dari situs https://kominfo.go.id, disebutkan bahwa Pada 2017 lalu, eMarketer memperkirakan netter Indonesia mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban. Wow!! Luar biasa, bukan?!

Perkembangan pengguna internet juga tentunya didukung dengan kehadiran Smartphone yang semakin diperkaya dengan beragam fitur dan kegunaan. Sehingga memudahkan setiap orang untuk bisa terhubung dengan dunia luar, lintas Negara bahkan benua melalui internet.

Pertumbuhan pengguna Smartphone, khususnya di Indonesia juga semakin menunjukkan angka yang terus meningkat. Berbagai kalangan dan usia kini menggunakannya. Dari yang tua sampai yang muda, kebanyakan sekarang sudah punya Smartphone. Bahkan tidak jarang kita melihat anak kecil yang masih usia balitapun memainkannya.

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini
centreofpendeen.co.uk

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka tentu secara langsung ada potensi di mana kita bisa menghasilkan uang dari sana. Sama seperti analogi pasar, semakin ramai maka semakin perputaran uang di dalamnya besar. Dan tentunya berbanding lurus dengan potensi penghasilan yang bisa didapat oleh penjual. Si penjual yang menjajakan barang dagangannya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Tentu sudah bukan hal asing lagi kita dengar telah banyak orang yang menghasilkan uang melimpah lewat bisnis internet. Blogger kenamaan dunia, seperti Pete Cashmore dan Michael Arrington yang sempat dinobatkan sebagai blogger terkaya. Dengan penghasilan puluhan ribu dollar dikantongi setiap bulannya.

Sungguh kerja online ini menyimpan potensi yang amat besar. Dan tentu sayang jika kita hanya jadi penonton. Pasalnya untuk memulainyapun, kita tidak harus memiliki modal alias bisa gratis.

Pentingnya Blog dalam Bisnis Online

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah iniDi bagian ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang Blog. Bagaimana peranannya hingga bisa sangat diperlukan sebagai upaya kita untuk cara mendapatkan uang dari Internet.

Apa itu blog?

Dari WIkipedia, blog (singkatan dari Web Log) adalah situs yang berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web. Yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui internet.

Jika diartikan secara bebas, blog berarti catatan yang berada di internet yang berbentuk teks atau tulisan. Blog kerapkali digunakan sebagai media untuk menulis. Baik itu menulis diary, sharing informasi ataupun tutorial yang bermanfaat dan bisa dibaca oleh banyak orang tentunya.

Pada awalnya blog hanya digunakan sebagai media curhat atau menulis diary semata. Tapi kini fungsi blog itu sendiri sudah sangat berkembang bukan hanya sebagai diary. Lebih dari itu bisa jadi mesin uang yang terus menghasilkan bagi si empunya blog tersebut. Luar biasa, bukan?

Bukan rahasia lagi bahwa telah banyak yang meraih sukses dengan memanfaatkan blog. Baik itu sebagai penulis ataupun berbisnis online.

Nah dalam upaya cara menghasilkan uang lewat internet kita juga direkomendasikan mempunyai blog. Karena akan sangat mendukung kegiatan bisnis online yang akan kita jalankan. Walaupun memang untuk beberapa jenis model Bisnis Online ada yang tidak memerlukan blog, tapi akan sangat powerfull jika kita memilikinya.

Jadi sampai di sini kita sepakat, bahwa peranan Blog dalam Bisnis Online sangatlah penting. Apapun jenis bisnis online yang yang akan Anda jalankan, mulailah bangun blog sekarang juga.

Cara mendapatkan uang dari Internet dengan memanfaatkan Blog

Dan di artikel ini, inspirilo akan sedikit memberikan insight tentang cara-cara mendapatkan uang dari internet. Karena sejatinya banyak sekali cara-cara dan model bisnis di dunia online ini. Yang perlu kita lakukan adalah memilih satu model bisnis yang cocok. Untuk kemudian ditekuni dan fokus di situ hingga membesar.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, maka tidak cukup dengan hanya bisa membuat / mendesain tampilan blognya saja. Melainkan kita harus bisa pula mendatangkan kunjungan  atau trafik ke blog kita. Kunjungan dalam artian ada orang yang membaca isi dari blog yang dibuat.

Trafik bisa didatangkan dari berbagai cara, bisa yang berbayar ataupun yang gratis.

Cara berbayar biasanya dengan memasang iklan di beberapa situs ramai seperti detik.com, dll. Sehingga diharapkan dari situ banyak juga orang yang mengunjungi situs yang diiklankan.  Atau bisa pula memasang iklan di situs periklanan seperti Adwords / Google Ads atau melalui FB Ads.

Adapun untuk cara yang gratis, selain melalui media sosial (facebook dkk) kita juga bisa memanfaatkan sumber trafik organik. Yakni trafik dari hasil pencarian di Search Engine (Mesin Pencari) seperti Google, Bing, dll. Metode ini dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan trafik yang banyak setiap harinya asalkan situs kita ada di halaman pertama atau kalau bisa rank pertama di pencarian. Pada intinya dengan metode SEO kita mengupayakan situs atau artikel bisa masuk di halaman satu untuk keyword / kata kunci tertentu.

Namun tentu tidak segampang itu bisa masuk di halaman pertama pencarian search engine, apalagi jika keyword yang dibidik itu punya persaingan yang tinggi. Perlu effort tinggi yang dilakukan untuk bisa menaklukkan search engine.

Banyak sekali variable yang harus diperhatikan dan dipelajari dalam SEO. Yang mana secara garis besar dibagi jadi dua, ada SEO Onpage dan SEO Offpage. Dan jika diuraikan lagi, ada banyak sekali pembahasan di SEO Onpage maupun SEO Offpage. Silakan sobat bisa browsing dan pelajari semuanya. Atau bisa juga ikut kursus SEO berbayar yang banyak diadakan para mastah.

Pada intinya, belajar SEO bukanlah hal yang sulit, namun juga tidak bisa dibilang mudah. Perlu ketelatenan dan ketekunan dalam mempelajarinya. Karena memang tidak bisa instan alias perlu waktu untuk mempelajari hingga terlihat hasilnya. Dan yang perlu diperhatikan yakni pilihlah panduan SEO yang kredibel dan relevan dengan kondisi terkini. Karena yang namanya Search Engine, khususnya Google setiap waktunya selalu mengalami update.

Nah jika blognya sudah memiliki banyak trafik, baik dari medsos maupun SEO,  maka akan banyak sekali peluang cara mendapatkan uang. Kita bisa memonetisasi / menguangkan trafik yang dipunya dengan mudah. Baik itu dengan pemasangan iklan maupun jualan produk.

Berikut adalah beberapa cara mengahasilkan uang dari Internet dengan cara memanfaatkan blog.

1. Cara mendapatkan uang dari Blog dengan menjadi Publisher Iklan Google Adsense

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini -Google adsenseCara mendapatkan uang dari internet yang pertama adalah dengan menjadi publisher iklan Google Adsense. Adsense adalah jaringan perikanan resmi milik Google yang sudah berjalan dari 2003. Dan menjadi salah satu yang paling tua di dunia dalam urusan periklanan online.

Program periklanan Google AdSense adalah berbasis PPC (Pay Per Click). Apa itu Pay Per Click? Secara bahasa Mungkin kita sudah bisa menangkap artinya yaitu membayar per klik atau setiap kali ada klik. Tapi nanti kita akan bahas detail.

Dalam bisnis Google AdSense ini terdapat 3 faktor yang menjadi pendukung dalam perjalanan ekosistem kerjasama iklan yang sehat. Yakni Advertiser, Publisher dan Broker (perantara) dalam hal ini adalah Google itu sendiri.

Advertiser adalah pengiklan atau pihak yang ingin mengiklankan produknya di Google yakni melalui Google adwords. Sedangkan Publisher adalah pihak yang menayangkan iklannya. Dan Google sendiri dalam hal ini berfungsi menjadi broker yakni perusahaan yang menghubungkan antara Publisher dan Advertiser.

Contoh kasusnya seperti ini.

Misal sebuah perusahaan telekomunikasi katakanlah Telkomsel ingin mengiklankan produknya melalui Google. Maka Telkomsel mendaftar di Google dan membuat akun di Google Adwords. Lalu mulai membuat iklan dengan format yang sudah ditentukan.

Kemudian untuk membuat iklannya bisa tampil, maka Telkomsel harus membayar sejumlah nilai uang ke akun Google Adwords-nya. Setelahnya Google akan menampilkan iklan tersebut di blog milik publisher yang sebelumnya telah mendaftar Google AdSense.

Apa itu konsep iklan PPC (Pay Per Click)?

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini -Google adsenseUntuk memahaminya, lihat contoh berikut:

Misalkan deposit yang dilakukan oleh Telkomsel tersebut senilai 500.000. Dan ternyata biaya per klik satu iklan yang ditetapkan Google pada iklan Telkomsel tersebut misalkan Rp. 500.

Maka secara matematis iklan tersebut dapat menyerap sebanyak 1000 Click. Yakni hasil dari Rp.500.000 dibagi Rp500. Sehingga jika telah dihasilkan 1000 klik pada iklan tersebut, maka saldo dari Telkomsel akan habis dan iklannya akan berhenti tayang.

Sampai saat ini, Google AdSense boleh jadi masih menjadi pilihan utama dalam urusan program periklanan bagi para pebisnis online. Karena Google AdSense dirasa paling menguntungkan baik itu bagi publisher ataupun Advertiser.

Publisher diuntungkan dengan nilai biaya per klik yang cukup tinggi dibanding dengan jaringan perikanan lain. Juga didukung dengan pilihan iklan yang beragam dari segi format dan tampilan. Serta yang paling penting tidak mengganggu kegiatan pengguna yang sedang browsing di website.

Advertiser pun juga pastinya untung karena iklan yang ditampilkan juga akan efektif. Tampil ke semakin banyak orang hingga bisa menjaring lebih banyak pula pelanggan baru yang dijaring.

***

Jadi sekarang sudah mengerti ya tentang cara mendapatkan uang dari internet. Dari mana para blogger menghasilkan uang. Ya salah satunya dari Google Adsense ini.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang bisa dibilang sukses dalam dunia Publishing Adsense. Terlebih bagi situs-situs besar indonesia semacam detik.com Kompas, Republika dan yang lainnya. Dari salah satu sumber media online disebutkan bahwa penghasilan Detik.com dari Adsense mencapai angka $10,116.32 atau sekitar Rp. 130 juta per hari. Bayangkan berapa yang didapat dalam sebulan.

Bagaimanakah cara menjadi publisher Google AdSense ?

Dengan berbagai keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan menjadikan Adsense sebagai program periklanan favorit. Hingga banyak sekali Blogger yang mengharapkan agar bisa menjadi Publisher di sana. Akan tetapi tidak sembarangan orang bisa diterima menjadi Publisher Adsense. Seseorang harus memiliki website atau blog yang berkualitas dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Google.

Jadi memang Google Adsense ini menerapkan seleksi cukup ketat kepada para calon Publishernya. Hanya yang layak dan memiliki situs yang bagus sesuai standar Google yang dapat diterima oleh google sebagai Publisher Google AdSense. Jadi yang harus siapkan adalah website atau blog yang berkualitas dan menghasilkan cukup trafik sesuai standar Google.

Setelah itu terpenuhi barulah mendaftar dan mengajukan diri menjadi publisher Google Adsense melalui situsnya di http://adsense google.com.

Untuk belajar lebih lanjut tentang Google Adsense ini, silakan kunjungi halaman ini > Belajar Adsense. Di sana termuat tutorial Google Adsense dari A-Z yang bersumber dari pengalaman Mastahnya langsung. Silakan dipelajari.

2. Menjadi Publisher Iklan dari Adnetwork Lain (Alternatif Adsense)

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah iniBerikutnya sebagai alternatif Google AdSense, Anda bisa mencoba jaringan periklanan lain yang juga menawarkan benefit yang tidak kalah menggiurkannya. Walaupun mungkin dari segi penghasilan yang didapat masih tetap Google Adsense ada di peringkat 1.

Tapi mengingat tidak mudahnya diterima menjadi Publisher Google AdSense maka alternatif-alternatif iklan ini bisa dicoba. Karena beberapa diantaranya sangat welcome dan terhitung mudah dalam proses approval atau persetujuan menjadi Publishernya. Beberapa di antaranya adalah Adsensecamp, MGID, AdNow, kumpulblogger, dll. Masing-masing memiliki jenis iklan, pedoman dan aturan yang berbeda-beda.

Namun intinya kembali pada trafik blog, atau seberapa ramai blog Anda dikunjungi setiap harinya. Semakin banyak trafik/kunjungan, semakin banyak juga potensi penghasilan yang didapat.

3. Menawarkan space iklan di Blog

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini -Google adsenseCara mendapatkan uang dari internet berikutnya adalah dengan memanfaatkan space (ruang) di blog. Dalam hal ini diperuntukkan untuk blog yang memang sudah memiliki trafik atau kunjungan stabil setiap harinya.

Caranya adalah dengan menyediakan Space Iklan di beberapa bagian blog.

Kembali disini saya menekankan pentingnya peranan blog dalam berbisnis online, khususnya yang berkaitan dengan bisnis iklan. Peluang mendapatkan penghasilan dari Internet akan semakin besar dan semakin luas Jika anda punya blog. Apalagi blog tersebut terawat, dalam artian konten atau isinya selalu update secara berkala. Sehingga mendapatkan kunjungan yang rutin dan stabil setiap harinya.

Maka mulai sekarang mulailah perlahan membangun blog Anda. Bagaimana caranya membuat blog dan bagaimana membuatnya menjadi ramai pengunjung barangkali tidak akan saya sampaikan disini. Krena bahasanya bisa menjadi sangat panjang dan mungkin bisa menjadi satu buku yang baru. Anda bisa mencari tutorial di Internet yang membahas cara membuat blog dari awal hingga bisa menghasilkan trafik dan uang.

Nah Jika anda sudah punya blog yang ramai maka anda bisa menawarkan Space iklan dengan harga yang Anda tentukan sendiri. Atau bisa juga tergantung kesepakatan antara Anda sebagai penerbit iklan dan dan advertiser.

Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat dari menawarkan ruang iklan di blog?

Tentunya bervariasi tergantung dari tarif iklan yang Anda pasang. Hal itu tentunya menyesuaikan juga dengan trafik blog yang dimiliki. Misal Anda memasang tarif untuk satu banner di Sidebar (bilah sisi blog) Anda dengan harga Rp250.000 per bulan. Maka jika anda berhasil menggaet 4 advertiser saja di blog Anda, maka Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) perbulan bisa anda dapatkan cuma dengan memasang iklan orang lain di blog Anda.

4. Menerima Jasa Review Produk (Content Placement)

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini
VIRMANSYAH.net

Cara mendpatkan uang dari internet berikutnya adalah dengan menerima jasa review sebuah produk ataupun layanan website. Kalau memang website atau blog Anda sudah ramai pengunjung, biasanya akan ada Advertiser yang meminta untuk dipasangkan iklannya.

Namun bukan dengan format banner, melainkan dengan format artikel atau konten. Di kalangan blogger, hal ini juga kerap disebut dengan istilah Job Review. Artikelnya bisa dibuat sendiri ataupun disediakan dari Advertiser, tergantung kesepakatan.

Cara seperti ini sekarang sedang banyak diminati oleh para advertiser karena dirasa efektivitas iklannya lebih tinggi.

Anda sebagai pemilik blog juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari penerapan metode jasa review ini. Satu artikel review rata-rata bisa dihargai antara Rp.100 ribu hingga Rp. 300 ribu.

Dari mana bisa mendapatkan job review?

Untuk mendapatkan job review Anda bisa menawarkan langsung kepada pihak yang sekiranya membutuhkan jasa layanan anda. Dalam hal ini yakni layanan trafik (kunjungan) untuk iklan yang ingin mereka tampilkan. Tapi Anda juga bisa bergabung dengan situs broker atau perantara dalam hal ini yang menghubungkan anda dengan pengiklan.

Jadi broker tersebut yang akan mencarikan Job dari Advertiser untuk Anda. Di mana nantinya tugas yang akan Anda terima adalah menampilkan atau memasang artikel di blog Anda. Ataupun menulis sendiri artikel reviewnya jika memang tugasnya seperti itu.kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah ini

Salah satu website broker yang baru sekitar 2 tahun ini berdiri,namun sudah terpercaya adalah iblogmarket.com. Di platform iblogmarket ini, Anda bisa mendaftar sebagai influencer atau sama saja dengan publisher.

Dengan bergabung dengan situs broker sejenis iblogmarket, kesempatan anda mendapat job review dari Advertiser menjadi semakin besar. Karena memang pihak broker telah membangun ekosistem bisnis yang saling menguntungkan di dalamnya. Publisher butuh job, Advertiser butuh penayang iklan / kontennya.

5. Cara mendapatkan uang dari internet dengan Youtube

kumpulan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat bagi pemula tanpa modal (gratis). Menghasilkan duit dollar yang banyak tak pernah semudah iniDi atas, kita berbicara tentang metode cara mendapatkan uang dari internet dengan mengandalkan blog. Dan di bawah ini disajikan cara lain yang masih dengan mengandalkan bisnis iklan online (Online Advertising). Namun tanpa harus memiliki atau mengelola blog. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan Youtube.

Sebagai bagian vital dari kerajaan bisnis Google, Youtube juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Internet. Caranya yaitu dengan membuat akun dan mengupload video menarik dan diupayakan untuk bisa menjaring banyak pengunjung (viewers). Dari situ potensi monetisasi konten dapat dilakukan. Semakin banyak orang yang menonton video kita, maka iklan juga akan semakin sering muncul. Otomatis peluang terjadinya klik dari viewers juga makin tinggi. Sehingga penghasilan pemilik channel pun meningkat.

Baca lebih lengkapnya di artikel

Cara mendapatkan uang dari Youtube dengan berbagai metode [Terbaru]

Cara mendapatkan uang dari Internet dengan berbagai metode

Dan berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan dalam upaya cara mendapatkan uang dari internet tanpa harus memiliki blog atau website. (Segera dilengkapi dengan penjelasannya)

  • Menjadi Developer Aplikasi Android dan memonetisasinya menggunakan Admob (Adsense Mobile)
  • Menghasilkan Uang dari Program PTC (Paid To Click)
  • Menghasilkan Uang Dengan Memanfaatkan Aplikasi Android, seperti Whaff Rewards
  • Menjadi makelar online / affiliate marketer di Ratakan.com atau Idaff.com
  • Jualan produk digital seperti ebook dan video tutorial.
  • Menjual jasa di internet (misal: Jasa desain rumah, jasa bikin vektor, dll)
  • Jualan produk fisik secara online di toko online atau Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.
  • Menjual produk dengan sistem dropship (tanpa modal).

Penutup

Nah itulah tadi kumpulan cara mendapatkan uang dari internet yang bisa diupayakan oleh setiap orang. Potensi pasar yang besar dan sumber monetisasi yang beragam di dunia online tentu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Banyak sekali sebenarnya cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Dan untuk beberapa memang tidak diperlukan blog. Bahkan bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan HP.

Namun tetap kami rekomendasikan khususnya bagi yang pemula untuk mulai belajar membuat blog guna menunjang kegiatan bisnis online yang dijalankan.

Pada prakteknya membuat blog itu juga sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Silakan baca artikel tentang cara membuat blog untuk mempelajari langkah sistematis dalam pembuatan sebuah blog dari awal hingga bisa menghasilkan.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment