Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Berbagai Metode [Paling Update]

Halo sobat insprilo sekalian, di artikel kali ini Inspirilo akan membahas tentang Youtube dan bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Seperti kita tahu sekarang ini Youtube bukanlah sekadar media berbagi video. Tapi lebih dari itu Youtube bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan/uang melalui berbagai program yang disediakan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak sekali pemain Youtube (Youtubers) yang sukses. Mereka bisa mendulang rupiah dalam jumlah banyak dari kegiatan kreasi konten video dan menguploadnya ke Youtube.

Youtubers Revolutions

Salah satu Youtuber terkenal asal Inggris dengan Channel Game nya yaitu PewDiePie juga bisa menjadi super jutawan hanya dengan Youtube. Dan juga Youtuber kenamaan asal Amerika, yaitu Casey Neistat yang juga baru-baru ini datang ke Indonesia untuk menghadiri sebuah acara. Ia juga merupakan Youtuber yang telah terbukti sukses bisa menghasilkan/mendapatkan uang dari Youtube dan menjadi jutawan darinya.

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Itu produk luar negerinya. Di Indonesia sendiri juga tidak kalah. Kita banyak mengenal para Youtuber, yang kemudian juga dikenal dengan istilah Seleb Youtube yang juga berhasil. Sebut saja Channel Youtube miliknya Chandra Liow, Edho Zell, Reza Arap, Last Day Production, Raditya Dika dan lain sebagainya.

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Mereka adalah para pemain lama di Youtube dan kini telah merasakan buah hasil dari pekerjaan yang mereka tekuni di Youtube. Sebuah pekerjaan yang barangkali oleh sebagian besar orang dianggap main-main saja, kerjaannya seorang pengangguran, dan lain sebagainya. Tapi nyatanya, penghasilan mereka bisa belipat-lipat jumlahnya dari orang kebanyakan.

Itu hanya yang kelihatan. Yang berjuang dalam diam, dengan tidak menampakkan identitas dirinya di Youtube juga lebih banyak. Dan mereka juga berhasil dalam membangun channelnya sehingga bisa menjadi sumber penghasilan tanpa batas.

Sebut saja salah satunya yakni Channel YtCrash dan Calon Sarjana. Dua channel ini bisa dibilang merupakan channel Inspiratif. Isinya menyajikan banyak informasi menarik dalam bentuk daftar seperti halnya acara On The Spot. Lalu dikemas dengan gaya penyampaian dan editing video yang mantap, punya ciri khas. Tidak heran, subscribernya juga telah menyentuh angka ratusan ribu jumlahnya.

Lalu berapa penghasilan dari Youtube yang bisa didapat? Pastinya beragam, tergantung Channelnya.

Dilansir dari situs SocialBlade, penghasilan channel YtCrash saja bisa menyentuh angka $128.000 per tahunnya. Lihat data screenshot di bawah ini.

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Kalau dikonversikan ke mata uang Rupiah dengan kurs saat ini, itu sekitar 1,7 Milyar rupiah.

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Mengejutkan, bukan? Itu memang bukan angka pasti, melainkan hanya taksiran. Untuk pastinya, hanya si Youtuber yang tahu. Untuk taksiran penghasilan Youtuber lainnya juga bisa sobat pantau di situs tersebut dengan Cuma mengetikkan username channel-nya.

Youtube Lebih dari TV. Boom!

Maka tidak heran juga belakangan ini kita sering mendengar istilah Youtube lebih dari TV. Dengan Youtube kita bisa menonton apapun dan kapanpun. Jadi tidak ada lagi yang namanya ketinggalan berita karena tidak sempat menontonnya di TV. Atau tidak ada lagi tuh namanya ketinggalan update skor pertandingan sepak bola karena tidak menonton TV. Kita bisa update informasi semua itu via Youtube.

Yodhia Antariksa dalam satu postingannya blognya menyebutkan bahwa akan ada saatnya industri TV mengalami kemunduran. Tergantikan dengan yang namanya Youtube. Banyak data konkret di Amerika yang menunjukkan bahwa televisi makin banyak ditinggalkan oleh para pemirsanya.

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Berbagai studi dunia online pun juga memprediksi bahawa setidaknya sampai tahun 2020 ini eranya video akan semakin menjadi-jadi. Informasi dalam bentuk video menjadi paling favorit ketimbang dalam bentuk teks dan audio. Karena dalam video itu sendiri juga sudah memuat elemen-elemen tersebut, baik itu audio, teks dan lainnya.

Maka tidak heran, beberapa social media terkenal seperti Facebook dan Instagram juga kini semakin mengoptimalkan fitur video. Karena memang sekarang eranya seperti itu.

Cara mendapatkan uang dari Youtube

Baik hal tersebut di atas hanya sebagai pengetahuan saja. Sesuai dengan judulnya, inti daripada artikel ini adalah menjelaskan tentang cara mendapatkan uang dari Youtube. Dan yang penting kita sekarang tahu, bahwa Youtube itu lebih dari sekadar situs video sharing.

Jadi jangan heran dan bingung. Kenapa para Youtuber rela mengorbankan waktunya demi membuat dan mengedit video, kemudian di-upload ke Youtube. Dan jangan pula men-judge mereka sebagai pengangguran, yang gak ada kerjaan, “kerjaannya main-main, rekam-rekam video doang”. Ya memang seperti itulah kerjaannya. 🙂

Oke bagaimana sebenarnya cara mendapatkan uang atau penghasilan dari Youtube? Bagaimana Youtube bisa jadi sumber penghasilan, dan metode apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mendatangkan uang dari Youtube. Dan berikut adalah beberapa metode atau cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa juga sobat lakukan.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan menjadi Youtube Partner (Program Youtube Adsense)

cara mendapatkan uang dari youtube, cara menghasilkan uang dari youtube, cara jadi youtuber, cara membuat akun youtube

Perlu diketahui bahwa Youtube merupakan satu-satunya Social Media yang menyediakan fitur Content Monetizing (bisa menguangkan konten). Walaupun sekarang ini social media Facebook juga dikabarkan akan menyematkan fitur yang sama dengan Youtube dalam urusan monetisasi konten. Namun tentu belum bisa menandingi Youtube dalam urusan fitur video.

Nah dari mana sumber uangnya? Jawabannya simpel, yaitu dari Iklan.

Kita tahu bahwa dalam bisnis media informasi, salah satu yang jadi komoditas utama adalah iklan. TV swasta bisa mengantongi rupiah dalam jumlah melimpah Cuma dengan menampilkan iklan produk yang berdurasi kurang dari 30 detik.

Pun begitu dengan Youtube. Trafik yang banyak di Youtube membuat banyak perusahaan kini menjadi advertiser (pengiklan) dan mengiklankan produk mereka di Youtube. Yakni melalui fasilitas Google Adwords. Note: Youtube juga salah satu produknya Google.

Nah dengan iklan-iklan dari para advertiser tersebut, kita berkesempatan mendapatkan uang dengan cara menjadi publisher (penayang) iklannya. Caranya yaitu dengan mendaftar di Program Google Adsense. Atau kemudian dikenal juga dengan Youtube Adsense, karena iklan Adsense-nya ditayangkan di video Youtube.

Adapun jika kita telah mendaftar sebagai Publisher Adsense, maka kita bisa me-monetize konten video yang telah di-upload. Setelah di-monetize, maka iklan tersebut akan tayang di video yang kita upload tersebut. Dan bila ada orang atau pengunjung yang menonton video tersebut. Kemudian juga mengklik iklan yang muncul, maka kita kita akan mendapatkan sejumlah uang dari perklik iklan di  Youtube. Semakin banyak viewers, maka potensi klik juga makin banyak dan tentunya penghasilan pun juga bisa meningkat.

Mungkin sobat juga sering melihat tayangan iklan di Youtube. Baik itu iklan banner di samping dan di bawah video. Ataupun iklan jenis Skipable Ads, yang bisa diskip. Jenis-jenis iklan tersebut merupakan sumber uang bagi para Youtuber. Kurang lebih seperti itu.

Adapun secara singkat, yang harus kita lakukan dalam untuk menjadi Youtube Partner dan menghasilkan uang dari Youtube adalah sebagai berikut:

1. Membuat Akun Youtube dengan akun Google (Gmail)

Tentu caranya sangat mudah. Sobat tinggal buat akun Gmail di mail.google.com atau jika sudah punya, langsung masuk saja ke Youtube.com. Lalu buat Channel baru.

2. Rutin dalam membuat, mengedit dan mengupload video ke Channel

Youtube merupakan anak perusahan Google. Yang mana kita tahu, dalam urusan mesin pencari, Google adalah rajanya. Sejalan dengan itu, Youtube adalah juga rajanya mesin pencari dengan konten video. Dan dengan algoritma yang dipunyai, Youtube akan sangat menyukai channel-channel yang rutin update dan upload video.

Karena dianggapnya channelnya hidup, bukan Cuma nyampah. Rekomendasi adalah upload 1 sampai 3 video per hari. Karena kaan sangat membantu dalam meningkatkan viewers dan subscriber. Reputasi channel pun ikut meningkat.

3. Upload Video Original (bebas Copyrights) dan Tidak Reupload

Untuk urusan originalitas, kita patut acungi jempol ke Youtube ini. Konten yang kita upload haruslah video original hasil karya dan edit sendiri. Bukan dengan mengambil video orang lain kemudian meguploadnya di channel pribadi.

Youtube akan cenderung mengabaikan channel-channel yang cuma berisi konten reupload. Bahkan dalam jangka waktu tertentu bisa langsung ditendang dan hilang. Apalagi jika si pemiliki Copyrights (hak cipta) melaporkannya. Sekalipun masih aman dan ada iklan adsense yang tampil, itu biasanya pendapatnnya akan mengalir ke kantong si pemilik hak cipta.

4. Mendaftar / membuat Akun Google Adsense Hosted

Untuk menjadi seorang Youtube Partner, maka kita harus daftar di Program Google Adsense. Untuk mendaftarnya bisa dilakukan dengan mengunjungi Dashboard akun youtube, dan masuk ke menu Monetization.

Nantinya akun tersebut akan jadi media penampung dollar yang dihasilkan dari setiap klik iklan pada video Youtube.

5. Optimasi Channel / Meningkatkan Popularitas channel

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan channel Youtube agar lebih dikenal dan jadi popular. Salah satu caranya adalah dengan rutin upload video, dan membagikannya ke Social media lain seperti Facebook dan lain-lain.

Terkait konten video yang diupload, itu disesuaikan dengan apa yang kita bisa. Kita bisa membuat konten tutorial komputer dengan cara screen recording. Ataupun jika jago masak, bisa buat video tentang resep masakan. Jika sobat cukup pede untuk berkicau di depan kamera, buatlah Vlog sebagaimana yang biasa para Youtuber lakukan.

Semakin sering upload video, semakin banyak viewers. Subscribers membludak, penghasilan pun jadi tak terbendung tentunya. Enak apa enak? Hehe.

Ya tapi pasti semua itu butuh perjuangan. Chandra Liow bisa sampai seperti sekarang juga bermula dari video alakadarnya.

Edho Zell menjadi salah satu channel dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Dan Edho memulainya dengan video komedi sederhana resolusi rendah yang ia rekam menggunakan kamera webcam di kamarnya.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Memasang iklan mandiri atau Sponsorship (Endorsement)

Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari Youtube adalah dengan media iklan mandiri. Dalam artian melalui video yang kita upload tersebut, kita juga bisa menyelipkan pesan jualan untuk produk sendiri. Seperti banyak dilakukan oleh para Youtuber, contohnya menjual merchandise berupa kaos, topi dan lain sebagainya.

Atau bisa saja kita membuat video yang memang berisi konten promosi produk dengan disertai kontak telepon kita sebagi penjual. Kemudian dioptimasi sedemikian rupa sehingga bisa muncul di halaman pertama dan menjaring banyak pengunjung. Sehingga menciptakan closing penjualan.

Atau jika channel Youtube kita sudah besar, maka pastinya akan banyak individu maupun perusahaan yang ingin proudknya direview. Istilah lainnya yaitu Endorsement. Jadi pihak pengiklan biasanya akan mengirimkan produknya ke Youtuber. Untuk kemudian si Youtuber itu mereview produknya, disampaikan kelebihan dan kekurangannya. Dan dari kegiatannya mereview produk, juga mem-videokannya, maka Youtuber mendapatkan fee / penghasilan dari perusahaan.

Nilai rupiah dari kerjasama endorsement ini bisa sangat besar, tergantung tingkat popularitas sebuah channel.

Memanfaatkan Youtube untuk bisnis Affiliasi (Affilate Marketing)

Selain kedua hal di atas, cara mendapatkan uang dari Youtube berikutnya adalah dengan memanfaatkannya untuk jualan produk affiliasi. Pemain bisnis affiliasi disebut dengan Affiliate Marketer. Prinsip kerja bisnisnya adalah menjualkan barang / produk milik orang lain.

Kemudian jika terjadi penjualan atas referrensinya, maka si Affiliate marketer tersebut akan mendapatkan komisi. Besar komisinya bisa beragam, tergantung kebijakan dari pemilik produk affiliasi tersebut. Namun biasanya nilai komisi berada di kisaran 30% – 50% dari harga jual.

Jadi dalam hal ini seorang Affiliater Marketer dituntut untuk membuat sebuah video berisi review produk yang ingin dipromosikan. Kemudian dalam deskripsi videonya disematkan link affiliasi. Yang mana jika ada yang mengunjunginya, dan terjadi penjualan, ktia sebagai Affiliate marketer bisa langsung mendapat persenan komisi.

Di Indonesia sendiri, kita bisa mendaftar sebagai Affliate Marketer di Marketplace yang menjual produk digital berupa ebook dan tutorial. Salah satunya yang paling terkenal adalah ratakan.com.

Di sana kita bisa mendapatkan list produk yang siap kita pasarkan, dengan nilai komisi yang sangat menggiurkan. Dan tentu Youtube bisa jadi sumber trafik yang bukan tidak mungkin menghasilkan banyak penjulanan.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa metode cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa sobat terapkan. Dari semua cara yang ada, yang jadi pilihan favorit memang masih AdSense. Namun metode yang lain seperti jualan produk via Youtube juga pastinya tidak bisa dikesampingkan.

Namun semua itu tentu tidak bisa dicapai jika kita tidak memiliki channel yang bagus dan banyak ditonton orang. Jadi jika Anda memang tertarik untuk ikut menikmati gurihnya pendapatan dari Youtube, nampaknya memang perlu kesabaran. Cara mendapatkan uang dari Youtube bisa dibilang tidaklah instan, terlebih untuk program Adsense.

Selain itu awal tahun ini juga Youtube mengupdate kebijakannya. Yang mana hanya channel yang telah berhasil menjaring minimal 10ribu Views lah yang bisa menampilkan iklan Adsense. Kurang dari itu, tentu tidak bisa.

Jadi setidaknya butuh beberapa bulan fokus dalam membangun channel. Yakni dengan membuat video original yang menarik dan menguploadnya secara berkala alias rutin.

Video Cara Mendapatkan Uang dari Youtube by Agung Hapsah

Di bawah ini saya sajikan video dari salah satu Youtuber favorit saya, yakni Agung Hapsah. Di video tersebut, Agung menjelaskan tentang bagaimana Para Youtuber menghasilkan uang dari Youtube.

Dan di bagian akhir, Agung memberikan tips kepada kita para pemula dalam hal Youtube, untuk tidak terlalu fokus pada uang. Tapi fokuslah pada kualitas konten yang diimbangi juga dengan kuantitas, upload video secara rutin. Jika itu sudah dilakukan, maka viewers, subscribers, dan uang pun akan datang dengan sendirinya.

Silakan tonton videonya di bawah ini. Bisa disubscribe juga channelnya, video anak muda yang baru lulus SMA ini keren-keren isinya. Jempol semua.

Baik, barangkali itu saja artikel tentang cara mendapatkan uang dari Youtube. Artikel ini lebih bersifat informatif . Untuk tahu langkah-langkah praktik pembuatan channel Youtube secara detail hingga bisa menghasilkan uang, sobat bisa mencari panduannya di Google. Atau saran saya, sobat bisa beli panduan berbayar tentang cara mendapatkan uang dari Youtube, agar proses belajar bisa lebih terarah.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment