Cara Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Cepat Tanpa Melihat Keyboard (Video, Game/Software dan Online)

Cara Mengetik 10 Jari dilakukan dengan maksud untuk membentuk sebuah kemampuan mengetik cepat. Karena kita tahu bahwa kemampuan mengetik cepat ini bisa dibilang sangat penting. Terlebih saat ini kita hidup di era dengan perkembangan teknologi komputerisasi yang kian pesat.

Dengan memiliki skill mengetik cepat, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Apalagi jika bidang perkerjaan yang digeluti berkaitan erat dengan komputer. Seperti halnya eksekutif, penulis, atau bahkan seorang blogger.

Pekerjaan akan lebih cepat selesai pastinya. Seorang penulis pun bisa dengan cepat menyelesaikan deadline naskahnya. Blogger bisa mempublish artikel dalam jumlah banyak dengan lebih cepat. Pelajar bisa menyelesaikan tugas dengan cepat pula. Dan banyak lagi contoh lainnya.

Dan yang paling penting, bisa mengetik 10 jari itu bisa menambah kadar kegantengan hingga 987%. Hehe. Oke untuk yang ini just kidding. Tapi benar lho, bisa mengetik 10 jari itu keren.

Kita bisa dibuat lebih percaya diri dalam bekerja. Bayangkan saja, bisa mengetik tanpa melihat keyboard dengan kesemua jari tangannya bergerak berirama membentuk sebuah rangkaian tulisan. Keren banget kan itu.

Namun sayangnya tidak semua orang menguasai skill ini. Orang-orang yang berkecimpung di bidang pekerjaan komputerpun masih banyak yang kemampuan mengetiknya di bawah standar. Artinya mereka tidak benar-benar memungsikan kesepuluh jarinya untuk mengetik.

Lebih parahnya lagi ada istilah mengetik 11 jari. Menggambarkan proses mengetik yang hanya mengandalkan dua jari telunjuk kiri dan kanan. Miris kan ya -_-

Cara Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Cepat Tanpa Melihat Keyboard

Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benarTak ubahnya seperti skill lain pada umumnya, cara mengetik 10 jari juga sebenarnya bisa saja dikuasai oleh siapa saja, asalkan orangnya mau berlatih. Praktik, praktik dan praktik. Bukan hanya berkutat dengan teori.

Maka dari itu, di artikel ini saya ingin berbagi pengalaman, tips dan cara mengetik 10 jari yang benar dan cepat. Ya semua bersumber dari pengalaman saya pribadi saat dulu mempelajarinya. Dari mulai pertama kali belajar meraba-raba tuts keyboard. Dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa dengan lancar mengetik 10 jari dengan lumayan cepat.

Kecepatan terakhir saya saat melakukan typing test online adalah mencapai 84 KPM (Kata per menit). Lumayan kan ya. Jadi InsyaALlah isi daripada artikel ini bisa kamu percayai dan ikuti jika mau bisa mengetik 10 jari dengan cepat.

Baik langsung kita mulai saja panduannya.

1. Ketahui Posisi Duduk yang Baik Saat mengetik 10 jari

Sebelum masuk ke panduan dan langkah-langkah cara mengetik 10 jari, ada satu hal yang perlu kita perhatikan terleibh dahulu. Hal ini seringkali tidak dihiraukan oleh banyak orang. Adapun hal tersebut adalah tekait dengan posisi duduk dan letak tangan pada keyboard saat mengetik.

Untuk menghasilkan performa maksimal, maka posisi tubuh yang disarankan adalah dengan duduk tegak dengan pandangan lurus ke arah layar.

Selain akan mengahsilkan performa mengetik yang baik, secara kesehatan juga posisi ini dinilai paling bagus. Karena jika salah-salah posisi, dan itu dilakukan secara terus-menerus, maka akibatnya bisa fatal. Semisal tulang belakang menjadi sakit dan gampang pegal.

Maka dari itu yuk mulai perbaiki posisi duduk saat mengetik. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - posisi duduk yang baik

2. Pelajari Penempatan Posisi / Letak Jari pada Keyboard

Oke sekarang kita masuk ke bagian ini panduan cara mengetik 10 jari ini. Pertama adalah kita harus mengetahui letak dan penempatan setiap jari tangan pada keyboard.

Jadi kesemua jari kita dari kelingking tangan kiri hingga kelingking tangan kanan memiliki fungsi dan peranan masing-masing dalam mengetik. Sebuah tindakan yang salah tentunya jika hanya memungsikan beberapa jari saja.

Tahapan ini bisa dibilang paling vital. Ibaratnya ini adalah pondasi untuk menguasi mengetik 10 jari. JIka di tahap ini sudah benar, maka ke depannya insyaAllah gampang dan cepat menguasi skill mengetik cepat.

Baik, berikut adalah posisi dan letak jari pada keyboard yang harus diikuti. Perhatikan gambar berikut ini.

Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar

Dari gambar panduan di atas, bisa kita lihat bahwa masing-masing jari, baik tangan kiri maupun kanan itu mempunyai bagiannya masing-masing. Jari kelingking yang oleh banyak orang tidak digunakan dalam mengetik ternyata memiliki tugas paling banyak dibandingkan jari lainnya.

Untuk pertama, cara mengetik 10 jari ini mungkin agak terasa berat. Terlebih bagi orang yang tidak biasa menggunakan jari kelingking buat mengetik. Tapi jika dipelajari dan dilatih terus, malah akan sangat enak. Jari-jaripun akan menari dengan indahnya tanpa kita harus melihat ke arah keyboard.

Kunci Utama Penempatan Posisi Letak Jari di Keyboard

Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benarJika diperhatikan pada keyboard, ada dua tuts huruf yang berbeda dengan tuts huruf lainnya. Kedua huruf tersebut adalah f dan j. Perbedaannya adalah pada adanya sedikit guratan / benjolan. Hampir pada semua jenis keyboard, pasti kedua huruf tersebut memiliki benjolan. Tidak percaya? Silakan cek keyboardmu sekarang.

Dan tentu hal tersebut dibuat bukan tanpa tujuan. Benjolan pada dua huruf tersebut adalah patokan penempatan posisi / letak jari pada keyboard.

Keduanya adalah patokan jari telunjuk.

  • Huruf F untuk telunjuk kiri dan
  • huruf J untuk telunjuk kanan.

Patokan inilah yang harus benar-benar dipegang dalam pedoman cara mengetik 10 jari dengan cepat. Jadi setelah kita mengetik dengan menekan tombol manapun, maka harus kembali ke patokan jari ini. Menempatkan dua telunjuk di dua tuts tersebut. Adapun untuk jari lainnya mengikuti urutannya. Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar

Untuk lebih detailnya, berikut adalah uraian tugas dan bagian masing-masing jari pada keyboard.

Cara Mengetik 10 jari – Tugas dan bagian Jari Tangan Kiri

Telunjuk:F, V, R, B, G, T, tombol angak 4 dan 5,
Jari Tengah:D, C, E, angka 3.
Jari Manis: S, X, W, angka 2.
Kelingking:A, Z, Q, 1, Caplock, Shift, Tab, CTRL dan yang lainnya, ( ~, tombol Windows).
Ibu jari (Jempol): Spasi

Tugas dan bagian Jari Tangan Kanan

Telunjuk:J, M, U, N, H, Y, angka 6 dan 7
Jari Tengah:K, I, comma  (,) simbol lebih kecil (<), angka 8
Jari Manis:L, O, 9, titik (.), kurung buka ( ( ),  / tanda lebih besar (>) serta Alt
Kelingking:semua tombol di sebelah kanan selain yang disebut tadi.
Ibu Jari (Jempol):Spasi

Catatan:

  • Untuk kedua ibu jari (kanan dan kiri) difungsikan untuk menekan tombol spasi. Namun tidak berbarengan, artinya jempol kiri dan kanan punya aturan tugasnya masing-masing.
  • Ibu jari tangan kanan dipakai menekan spasi saat kata yang diketik sebelumnya berakhiran huruf yang ditekan oleh jari tangan kiri. Misal setelah mengetik kata “KUDA”. Berakhir di huruf A (jari kelingking kiri). Maka untuk spasinya, menggunakan ibu jari (jempol) tangan kanan.
  • Ibu jari tangan kiri: Kebalikan dari jempol tangan kanan.
  • Pada awalnya mungkin akan terasa kaku, tapi jika dibiasakan akan terbentuk refleks. Jadi perbanyaklah latihan.

3. Menggunakan Teks Latihan untuk Belajar Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Cepat

Setelah mengetahui penempatan posisi dan letak jari yang benar pada keyboard, maka lakukanlah latihan pembiasaan. Bagi kamu yang memang baru benar-benar belajar mengetik 10 jari, bisa lakukan latihan ini.  Tujuannya untuk melatih otot-otot jari sehingga terbiasa dengan tugas dan fungsi yang semestinya.

Latihan yang dilakukan bisa dengan menggunakan teks latihan yang disusun sedemikian rupa hingga bisa melatih jari-jari tangan kiri maupun kanan. Inilah pondasi kokoh yang harus dimiliki dalam kaidah cara mengetik 10 jari.

Berikut adalah teks latihan untuk belajar mengetik 10 jari dengan benar dan cepat. Satu hal yang perlu diingat, tetaplah berpedoman pada patokan F dan J yang telah disebutkan di atas. Jangan sampai melenceng dari situ.

1. Mulai tempatkan jari-jari pada posisi inti dengan patokan jari telunjuk di huruf F dan J. Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - posisi duduk yang baik

A=  kelingking kiri;=  kelingking kanan
S=  manis kiriL=  manis kanan
D=  tengah kiriK=  tengah kanan
F=  telunjuk kiriJ=  telunjuk kanan
G=  telunjuk kiriH=  telunjuk kanan
Spasi Bar=jempol kanan & kiri

2. Ketikkan rangkaian huruf-huruf di bawah ini dengan jari sesuai bagiannya. Misal saat mengetik A, maka gunakanlah jari kelingking kiri, mengetik D gunakan jari tengah kiri, dsb. Jangan sampai salah.

Jika belum terbiasa menggunakan jari kelingking atau jari manis mungkin akan sedikit sulit. Tapi pakasakanlah hingga benar-benar terbiasa.

Berikut beberapa contoh rangkaian huruf sebagai latihan cara mengetik 10 jari.

Petunjuk latihan mengetik 10 jari

  1. Ketikkan rangkaian huruf di bawah ini sebanyak minimal satu (1) halaman.
  2. Lihat keyboard ketika mengetik dengan jumlah 1 halaman ketikan.
  3. Mengetik tanpa melihat keyboard dengan jumlah 1 halaman ketikan.
  4. Terus latih kemampuan dasar posisi inti ini hingga benar-benar lancar.
  5. Hitung hasil ketikanmu. Berapa jumlah baris yang kamu bisa ketik dalam waktu 1 menit.
  6. Kalau mampu menyelesaikan 3 baris dalam 1 menit, maka kamu bisa lanjut ke latihan selanjutnya. Namun jika belum, lanjutkan latihan hingga kecepatan mencapai 3 baris rangkaian huruf dalam 1 menit.

Dimulai dengan rangkaian huruf posisi inti, dengan kombinasi susunan huruf seperti berikut:

ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL; ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL;

ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL; ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL;

ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL; ASDF G GFDSA ;LKJH HJKL

Jika sudah lancar, lanjut ke latihan berikutnya, yaitu latihan untuk membiasakan menekan tuts-tuts keyboard sesuai dengan tugasnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti panduan / Modul Mengetik 10 Jari yang sudah saya sediakan di bawah ini. Bisa didownload dan dipraktikkan latihan mengetik teksnya hingga lancar.

Dulu pada awal-awal, saya juga melakukan latihan ini. Awalnya sangat tidak mudah menempatkan dan memungsikan jari sesuai dengan bagian dan tugasnya. Serasa kaku begitu.

Namun dengan dibiasakan, dalam waktu kurang dari seminggu saya telah bisa mengetik tanpa lagi melihat keyboard. Melainkan bisa sambil melihat apa yang diketik pada layar monitor. Mantap kan.

Silakan dipelajari modul di bawah ini.

4. Menggunakan Software dan Game Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Di tahap 3 kita telah membahasa tentang latihan mengetik 10 jari dengan teks rangkaian huruf disertai juga dengan modulnya lengkap. Nah pada praktiknya, mungkin ada yang tidak menyukai latihan menulis seperti di tahap 3 tadi. Karena mungkin dirasa terlalu kaku, karena dilakukan manual di Microsoft Word.

Untuk itu, bagi kamu yang merasa seperti itu, bisa coba latihan pembiasaan mengetik 10 jari dengan game atau software. Ada banyak sekali software dan game yang bisa dimanfaatkan untuk melatih kemampuan mengetik cepat 10 jari ini. Namun di sini saya hanya akan menyajikan 2 saja yang paling terkenal dan banyak digunakan.

a. Rapid Typing

Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - game mengetik cepat

Rapid Typing ini adalah software atau game mengetik cepat berbasis desktop. Kita bisa menggunakannya dengan cara mendownload file installannya terlebih dahulu. Untuk kemudian langsung diinstal di komputer.

Fitur yang disediakan oleh Rapid sangatlah bisa mengakomodir kebutuhan para pembelajar dalam latihan mengetik 10 jari. Karena pembelajarannya sangat bertahap dan bagi pemula bisa mulai melakukan latihan sederhana (Basic). Lebih asyiknya lagi di bagian bawah ada petunjuk tangan sebagai pemandu. Jari yang mana yang harus digerakkan untuk menekan sebuah tuts huruf.

Aplikasi game mengetik cepat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang mau belajar mengetik 10 jari dengan cara yang menyenangkan.

b. Typeracer Indonesia Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - game mengetik cepat, typeracer Indonesia

Typeracer Indonesia ini juga merupakan salah satu favorit saya. Game ini berbasis Web. Artinya hanya bisa dimainkan dengan cara mengaksesnya melalui browser desktop. Konsep dari permainan game mengetik cepat ini adalah kita diibaratkan sedang balap dengan orang lain yang juga sedang online. Mereka menjadi kompetitor balap kita.

Siapa yang bisa mengetik kata-kata di bawahnya paling cepat, maka mobilnya akan melaju duluan dan akan memenangkan pertandingan. Hasilnya pun akan tampak.

Score kecepatan mengetik di Typeracer ini adalah cpm. Maksudnya adalah hentakan per menit. Jadi dalam satu menit berapa hentakan yang bisa kita hasilkan dengan akurat. Semakin banyak semakin bagus.

Untuk memainkannya, silakan kunjungi situs Typeracer. Buktikan kamu bisa jadi yang tercepat.

5. Belajar Mengetik 10 Jari Online

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas online untuk belajar mengetik 10 jari ini. Banyak situs yang menyediakan layanan pelatihan mengetik 10 jari secara gratis. Salah satu yang jadi favorit banyak orang termasuk saya yaitu 10fastfingers.com. Pada situs tersebut kita bisa berlatih mengetik dan meningkatkan kecepatan mengetik.

Karena ada fitur tracking yang memungkinkan kita untuk tahu berapa kecepatan mengetik yang kita punya. Oh iya adapun kecepatan mengetik itu satuannya adalah WPM (Words Per Minute) atau dalam bahasa Indonesia KPM (Kata Per Menit). Jadi semakin banyak kata yang bisa diketik dalam satu menit, maka nilai kecepatanmu semakin bertambah besar.

Dalam website ini, secara umum setidaknya ada 2 fitur unggulan dalam belajar mengetik 10 jari. Yaitu Tes mengetik biasa dan Kompetisi Typing Test Indonesia (atau negara lain). Untuk pencapaian maksimal, kamu bisa mencoba dan berlatih dengan kedua fitur ini.

Tes MengetikBelajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - game mengetik cepat, typeracer Indonesia

  1. Silakan masuk ke halaman situs 10fastfingers.com.
  2. Kemudian pilihlah bahasa yang akan diketikkan.
  3. Buat orang Indonesia bisa pilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Silakan disesuaikan.
  4. Mulailah mengetikkan setiap kata yang muncul di kotak.
  5. Setelah huruf pada kata pertama diketikkan, maka waktu akan berjalan selama 1 menit. Dan dalam waktu semenit tersebut, kita dituntut untuk mengetik sebanyak mungkin kata dengan akurasi yang benar.

Kompetisi Typing Test IndonesiaBelajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - game mengetik cepat, typeracer Indonesia

Fitur ini juga sangat saya sukai. Dengan adanya kompetisi, tentu kita tidak merasa sendirian dalam belajar. Di fitur ini, kita bisa masuk dalam ruang kompetisi mengetik cepat per negara.

Di dalamnya akan ada banyak member lain yang juga sedang belajar. Setiap member akan disajikan soal dengan tulisan yang sama dan harus diketikkan sebanyak-banyaknya dalam waktu 1 menit.

Hasil akhirnya akan muncul leader board di sebelah kanan tampilan desktop. Di sana akan terlihat siapa urutan tertinggi hingga yang terrendah. Lengkap dengan catatan pencapaian nilai kecepatan mengetik dalam satuan WPM.

Bagi kamu yang berdaya saing tinggi, cobalah mengikuti kompetisi Typing Test Indonesia di 10fastfingers.com ini.

6. Ukur Selalu Kecepatan Mengetikmu

Belajar cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar - game mengetik cepat, typeracer IndonesiaSetelah melakukan beragam jenis latihan cara mengetik 10 jari di atas, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengukur berapa kecepatan mengetikmu sekarang.

Kegiatan ini dirasa cukup penting. Karena dengan mengetahui berapa kecepatan mengetik, kita jadi punya motivasi untuk senantiasa meningkatkan angkanya.

Misal di awal-awal latihan hanya mampu mencapai 30-40 WPM. Setelah mengetahuinya, kita termotivasi untuk berlatih kembali, sehingga pada kemudian bisa mencapai kecepatan 60 WPM bahkan lebih. Ini pula yang saya alami.

Dari awalnya hanya sekitaran 40 WPM, kecepatan mengetik saya  sekarang mencapai 80+ WPM. Artinya dalam satu menit, saya bisa menuliskan rata-rata 80 kata.

Tentu itu bukan kecepatan tertinggi. Para expert yang sudah sangat mahir bisa menyentuh angka 100 bahkan 200 WPM. Dan bisa kita bayangkan bagaimana perjuangan dan latihannya.

7. Belajar Melalui Video Cara Mengetik Cepat 10 Jari

Bagi kamu yang kurang senang dengan panduan teks cara mengetik 10 jari di atas bisa menonton video di bawah ini. Video ini menyajikan panduan cara mengetik 10 jari secara benar dan cepat tentunya. Panduannya sangat interaktif dan mudah untuk diikuti. Silakan disimak baik-baik.

Penutup

Nah itulah tadi uraian lengkap tentang panduan cara mengetik 10 jari dengan benar dan cepat. Seperti telah disebut sebelumnya, bahwa untuk menguasai sebuah skill maka tidak cukup jika cuma sekadar tahu dan menghafal teori semata. Melainkan kita perlu terjun praktik mendalami setiap latihan demi latihan.

Begitupun dengan kemampuan mengetik cepat 10 jari ini. Untuk menguasainya, kita harus selalu berlatih dan membiasakan diri menggunakan setiap jari sesuai dengan peruntukannya.

Di awal mungkin akan terasa berat, tapi setelah terbiasa malah akan sangat meringankan pekerjaan kita. Tanpa disadari, jari-jari kamu nantinya bakal seakan mempunyai mata yang bisa melihat tuts huruf mana yang menjadi bagiannya.

Saya sendiri kadang suka bingung dan tidak bisa menjawab pertanyaan, “Tuts huruf apa saja yang jadi tugas jari tengah kanan?”. Tapi saat bertemu langsung dengan keyboard, jari tersebut bisa menekan tuts sesuai dengan peruntukannya. Itu menandakan bahwa jari-jari kita juga bisa mengingat ternyata :).

Ya semua karena kebiasaan dan latihan yang kita lakukan pastinya. Jadi teruslah berlatih, kemampuan mengetik cepat sangat mungkin dikuasai siapa saja yang mau belajar.

Semoga artikel panduan cara mengetik 10 jari ini bermanfaat buat semuanya.

Sampai jumpa di artikel Inspirilo berikutnya. Terima kasih. Salam.

Leave a Comment