Bacaan Doa Qunut Subuh, Nazilah, Witir Lengkap | Arab, Latin & Artinya

Doa Qunut – Assalamualaikum sobat pembaca sekalian, kali ini inspirilo akan menyajikan informasi terkait doa atau bacaan qunut dalam bahasa Arab disertai dengan bacaan latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Dalam tata cara shalat, qunut dilakukan saat setelah rukuk, ketika berdiri dalam posisi i’tidal. Dan pengerjaannya yaitu pada waktu shalat sholat shubuh di rakaat ke dua.

Membaca doa qunut pada rakaat kedua shalat shubuh ini memiliki hukum Sunnah (ab”ad) yaitu sunnah yang diperkuat.

Adapun kata “qunut” berarti ketaatan disertai kerendahan hati pada sang Ilahi dalam menjalankan perintahnya. Walaupun memang tentang Qunut ini merupakan perkara khilafiyah yang mana ada perbedaan pendapat di kalangan ulama.

Terkait tata cara melakukan Qunut itu sendiri adalah dengan mengangkat tangan sampai maksimal setingkat wajah. Telapak tangan sampai setingkat wajah. Dan telapak tangan mesti dalam keadaan terbuka ke langit. Kedua tangan dijaga dirapatkan bersama dengan jari-jari tangan yang berdekatan terkecuali jempol. Anda harus melihat ke arah telapak tangan seraya membaca doa qunutnya.

Baik, jika Anda memang sedang mencari bacaan doa qunut dan artinya, baik itu qunut shubuh ataupun Qunut Nazilah dalam bahasa Arab dan latin, maka di sini kami sudah sediakan semuanya plus penjelasan lengkap.

Bacaan Doa Qunut Sholat Shubuh (Arab)

bacaan doa qunut shubuh dalam bahasa arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia lengkapYang pertama adalah bacaan doa Qunut pendek yang biasa dilakukan pada shalat shubuh. Berikut adalah bacaan qunut shubuh dalam bahasa dan tulisan Arab.

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ ,وَ عَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ ,وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ ,وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ ،فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ,وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ,فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Dalam Tulisan Latin

Dan berikut juga kami sajikan doa qunut dalam transliterasi tulisan latinnya yang bisa jadi panduan baca bagi Anda yang mungkin belum terlalu lancar membaca bacaan tulisan arab.

Bacaan Doa Qunut Latin.

“ALLAHUMMAH DINII FII MAN HADAIT.
WA’AAFINII FII MAN ‘AAFAIIT.
WA TAWALLANII FII MAN TAWALLAIIT.
WA BAARIK LII FIIMAA A’THAIIT.
WA QINII SYARRAMAA QADTHAIIT.
FA INNAKA TAQDTHII WALAA YUQTHDAA ‘ALAIIK.
WA INNAHU LAA YADZILLU MAN WÃLAIIT.
WALAA YA’IZZU MAN ‘AADAIIT.
TABAA RAKTA RABBANAA WATA ’AALAIT
FA LAKAL-HAMDU ‘ALAA MAA QADHAIIT
ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIIK,
WA SHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADININ-NABIYYIL UMMIYYI WA’ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WA SALLAM.”

Arti Doa Qunut

Ya Allah tunjukkanlah saya sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk.

Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan.

Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara.

Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan.

Dan lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.

Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.

Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau

Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan

Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau

(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Doa qunut shubuh yang lafadz + latinnnya tertulis di atas adalah doa Qunut yang dipakai ketika shalat Munfarid. Terlihat dari dhamir yang digunakan yaitu, “nii” (saya). Sehingga menghasilkan terjemahan atau arti doa Qunut seperti ini.

Adapun kalau dalam shalat berjamaah shubuh, maka silakan ganti dhamir / kata ganti “saya” menjadi “kami”. Lebih jelasnya, lihat pada pembahasan di bawah ini.

Tata Cara: Bedanya Doa Qunut Imam dan Makmum

bacaan doa qunut shubuh dalam bahasa arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia lengkap, bacaan doa qunut imam dan makmumTerkait tata cara doa Qunut pada shalat shubuh berjamaah ada perbedaan antara bacaan yang dilafalkan oleh Imam dan Makmum. Seperti kita tahu, dalam shalat berjamaah, imam adalah laksana pemandu.

Seperti disebut di atas, letak perbedaannya jika shalat berjamaah adalah pada dhamir / kata ganti yang digunakan. Dari yang tadinya memakai dhamir “nii” pada shalat munfarid, menjadi “naa” pada shalat berjamaah.

Sehingga bacaan qunut imam adalah sebagai berikut.

MunfaridImam Shalat Jamaah
ALLAH HUMAHDINIIALLAH HUMAH DINA
WA’AFINIWA’AFINA
WATAWALLANIWATAWALLANA
WABARIKLIWABARIKLANA
WAQINIIWAQINAA

Bagaimana cara membaca doa qunut saat menjadi makmum shalat berjamaah?

Tatkala imam mengangkat tangannya kemudian membaca doa qunut, maka yang harus dilakukan sebagai seorang makmum juga mengikuti gerakannya yaitu ikut mengangkat tangan posisi berdoa.

Namun makmum tidak perlu ikut melafalkan doa seperti imam. Cukup katakan Aamiin pada 5 kalimat pertama doa qunut yang diperdengarkan imam.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel keterangan di bawah ini.

Bacaan Doa Qunut ImamBacaan Makmum
ALLAHUMMAH DINII FII MAN HADAIT.Mengucap “Aamiin”
WA’AAFINII FII MAN ‘AAFAIIT.Mengucap “Aamiin”
WA TAWALLANII FII MAN TAWALLAIIT.Mengucap “Aamiin”
WA BAARIK LII FIIMAA A’THAIIT.Mengucap “Aamiin”
WA QINII SYARRAMAA QADTHAIITMengucap “Aamiin”

Keterangan: Setelah 5 kalimat doa qunut pertama di atas dibacakan oleh Imam, berikutnya dilanjutkan dengan bacaan doa qunut sendiri-sendiri secara tsir, baik imam maupun makmum.

Adapun bacaan doa qunut terusannya sama dengan yang sudah tertulis di atas. Letak perbedaan antara bacaan makmum dan imam hanya ada pada 5 kalimat doa pertama dalam bacaannya.

Nah itulah tadi bacaan doa qunut, lengkap dengan tata cara dan beda bacaan antara imam dan makmum.

Bacaan Doa Qunut Nazilah

 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ

اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ

اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Qunut Nazilah

ALLOHUMMAGFIRLANAA WA LILMU’MINIINA WA LMU’MINAATI WA LMUSLIMIINA WALMUSLIMAATI WA ALLIF BAYNA QULUUBIHIM WA ASHLIH DZAATA BAYNIHIM WANSHURHUM ‘ALAA ‘ADUWWIKA WA’ADZUWWIHIM

ALLOHUMMA L’AN KAFARATA AHL ALKITAABI ALLADZIINA YASHUDDUUNA ‘AN SABIILIKA WAYUKADZIBUUNA RUSULAKA WAYUQAATILUUNA AWLIYAAIKA.

ALLOHUMMA KHALLIF BAYNA KALIMIHIM WAZALZIL IQDAAMAHUM WAINZIL BIHIM BA’SAKA LLADZII LAA TARUDDUHUU ‘ANIL QAWMIL MUJRIMIINA.

Arti Doa Qunut Nazilah

Ya Allah, ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. satukanlah hati mereka. Perbaikilah ikatan antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh engkau  dan musuh mereka.

Ya Allah,Laknatilah orang-orang kafir ahli kitab yang selalu menghalangi jalan engkau, mendustakan rasul rasul engkau, dan memerangi wali-wali-Mu.

Ya Allah, Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah kepada mereka siksa Engkau yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat buruk”.

 

Video Ceramah Doa Qunut

under construction

Leave a Comment