5 Jurusan Kuliah di Jerman yang Paling Banyak Dipilih Calon Mahasiswa

Jurusan Kuliah di Jerman – Ketika membicarakan tentang negara Jerman dari segi manapun, negara ini tetap terdepan di Eropa. Berbagai bidang mulai dari seni hingga teknik sangatlah terkenal. Hal ini membuat semua jurusan di universitas yang terkait dengan bidang tersebut banyak diminati. Jerman telah menarik banyak mahasiswa internasional untuk mempelajari berbagai macam subjek ilmu seperti manajemen, komputer hingga kedokteran.

Di samping jurusan yang sangat beragam daya tarik utama lainnya adalah pendidikan di Jerman sangat terjangkau. Bagi mahasiswa yang diterima di universitas negeri akan bebas biaya kuliah hingga lulus. Cukup membayar biaya administrasi saja yang digunakan untuk transportasi, buku dan juga menunjang kegiatan kampus lainnya.

Bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan apa untuk ditekuni, berikut ini beberapa jurusan yang paling banyak dipilih di universitas Jerman.

1. Jurusan Teknik

Kuliah di jerman jurusan teknik
lecturedatabase.wordpress.com

Sejauh ini jumlah mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari jurusan teknik di Jerman adalah nomor satu. Jumlah mahasiswa yang menekuni bidang ini di berbagai perguruan tinggi lebih dari 71 ribu orang. Rata-rata mengambil jurusan teknik yang spesialisasinya adalah teknik permesinan, otomotif, dan listrik. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ngetop ini adalah RWTH AACHEN dan Karlsruhe Institute of Technology.

2. Manajemen Bisnis

kuliah jurusan manajemen bisnis
pexels.com

Jurusan teknik telah mendominasi. Di sisi lain terdapat jurusan bisnis manajemen yang juga tidak kalah terkenalnya. Jumlah mahasiswa di seluruh Jerman yang mempelajari ilmu ini ada sekitar 52 ribu lebih. Tidak hanya diminati tetapi universitas di Jerman banyak yang mendapat rangking sebagai 100 besar universitas yang menyediakan jurusan ini.

Beberapa universitas yang terbaik adalah Universitas Mannheim, RWTH Aachen University dan Universitas Ludwig Maximilian Munich.

3. Humaniora

kuliah di jerman jurusan humaniora
dw.com

Jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial atau humaniora ini seringkali tidak diketahui karena bertolak belakang dengan jurusan teknik yang lebih terkenal. Walaupun begitu, Jerman memiliki banyak sekali universitas yang memiliki ranking tinggi di mata dunia.

Bahkan 5 universitas di Jerman telah masuk ke dalam 100 besar perguruan tinggi himaniora terbaik di dunia. Jumlah mahasiswa internasional yang mempelajari ilmu ini terdapat 37 ribu lebih. Baiknya adalah mahasiswa bisa mengikuti program ini dalam bahasa Inggris. Beberapa universitas terbaik yang menyediakan jurusan humaniora adalah Humboldt University of Berlin dan Freie Universitat Berlin.

4. Matematika dan Ilmu Komputer

jurusan matematika
pexels.com

Jurusan ini terbaik nomor empat dengan jumlah mahasiswanya adalah 30 ribu yang tersebar di seluruh universitas Jerman. Mengapa ilmu komputer? Hal ini berkaitan dengan Jerman sebagai negara yang maju dalam hal teknologi. Mahasiswa internasional yang mempelajari ilmu ini akan memiliki akses untuk masuk ke laboratorium teknologi tinggi dan stasiun komputer.

Beberapa universitas yang sangat terkenal dengan jurusan ini di Jerman adalah Universitas Teknik Munich dan Universitas Teknik Berlin. Mahasiswa internasional juga bisa memilih jurusan ini dalam bahasa Inggris.

5. Seni Rupa dan Terapan

Jurusan seni rupa kuliah di jerman
dw.com

Di bagian terakhir, jurusan yang terbaik untuk dipilih adalah seni rupa dan terapan. Menjadi satu bidang yang tidak biasa namun berhasil masuk sebagai jurusan terbaik di Jerman. Jumlah mahasiswa internasional yang mempelajari bidang ini sekitar 24 ribu lebih.

Cukup menarik karena Jerman terkenal juga sebagai negara teknologi maju. Materi yang disampaikan tentang seni rupa dan terapan tidak hanya berbentuk teoritis saja. Mahasiswa justru dianjurkan untuk bisa bekerja mandiri di studio mereka. Kelas dibentuk untuk diskusi antar siswa dan profesor. Beberapa universitas yang terkenal dengan jurusan ini adalah Technische Universität Berlin dan Freie Universität Berlin.

***

Nah itulah list jurusan kuliah di Jerman yang paling banyak dipilih, terlebih bagi mahasiswa dari Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan informasi buat kamu yang berencana melanjutkan pendidikan di Jerman. Sekian, terima kasih.

Leave a Comment