10+ Kerajinan dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya [Lengkap + Video]

Kerajinan dari kulit jagung – Halo sobat Inspirilo, bicara soal jagung sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi ya. Pasti sobat sudah mengenal makanan yang satu ini. Jagung ini merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bahkan di beberapa negara tertentu menjadikannya sebagai makanan pokok, pengganti nasi atau gandum.

Di masyarakat kita sendiri seringnya menjadikan jagung ini sebagai makanan pelengkap atau bahkan camilan. Banyak juga yang mengolahnya menjadi beragam macam masakan, seperti bakwan jagung, sup jagung dll. Kerap juga dijadikan pakan ternak.

Persediaannya pun boleh dibilang tidak pernah mengalami kelangkaan. Walaupun masa panennya juga agak lama, yakni kisaran 3-4 bulan per sekali panen.

Adapun bagian inti yang biasa digunakan dan diolah dari jagung yang pasti adalah biji jagungnya. Karena memang itulah bagian yang bisa dikonsumsi. Selebihnya kerap tidak terpakai. Padahal dari satu buah jagung itu kan kita tahu terdiri dari beberapa bagian. Dari yang paling dalam ada yang namanya bonggol jagung.  Kemudian biji jagungnya itu tadi, lanjut ada bulu jagung dan terakhir yaitu kulit jagung yang letaknya paling luar.

Dan dari masing-masing bagian tersebut sebenarnya bisa kita maksimalkan manfaat dan kegunaannya. Selain dari biji jagunya itu sendiri tentunya. Untuk bonggol jagung sendiri, yang notabene seringnya jadi limbah sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai kerajinan tangan. Kemudian untuk bulu jagungnya sendiri bisa juga dibuat sebagai ramuan obat.

Adapun untuk bagian kulit jagung, boleh dibilang masih terhitung jarang bentuk pemanfaatannya. Seringnya kulit jagung ini hanya jadi limbah yang dibuang atau hanya jadi bahan bakar untuk tungku

Padahal tahukah kamu bahwa kulit jagung ini bisa dijadikan kerajinan tangan yang unik? Serius.dari limbah kulit jagung ini, kita bisa bikin berbagai kreasi kerajinan yang menarik. Gak percaya? Lanjut baca coba.

10 Contoh kerajinan dari kulit jagung dan cara pembuatannya

Nah berkenaan dengan hal tersebut, di postingan kali ini saya ingin share tentang beberapa contoh kerajinan dari kulit jagung. Yang beberapa di antaranya bisa dibuat dengan sangat mudah. Untuk beberapa kerajinan, tidak perlu keahlian khusus dalam membuatnya.

Selagi ada kemauan dan sedikit sentuhan kreativitas, kita bisa mengkreasikan limbah kulit jagung ini menjadi beragam kerajinan. Dari mulai kerajinan semacam bunga hias, boneka, kotak tisu dan lain-lain.

Dan berikut adalah 9 contoh kerajinan dari kulit jagung disertai dengan cara pembuatannya.

#1. Boneka dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka

spacecoastdollartists.files.wordpress.com

Boleh jadi kerajinan dari kulit jagung yang paling banyak ditemukan adalah bentuk boneka. Pasalnya, cara membuatnya yang gampang dan tidak banyak memerlukan peralatan yang merepotkan. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau tentunya.

Namun tentu maksud boneka di sini bukan boneka pada umumnya yang empuk layaknya Teddy Bear atau boneka Winnie The Pooh. Yang mana boneka sejenis itu terbuat dari bahan kain yang lembut sehingga bisa dipeluk-peluk dan dijadikan teman tidur.

Lain halnya dengan boneka dari kulit jagung. Tentu teksturnya cenderung keras dan ukurannya pun hanya kecil saja, missal hanya sekitar satu jengkal tangan. Ya kalau di cerita film-film horror seperti boneka santet begitu..hehe

Dan bentuknya juga mungkin tidak terlalu banyak variasi. Namun dengan sentuhan kreativitas lebih, bukan tidak mungkin bisa menghasilkan boneka dari kulit jagung yang indah. Bukan hanya sedap dipandang mata, namun juga memiliki kandungan cerita di dalamnya. Contohnya seperti kerajinan boneka dari kulit jagung berikut ini.

kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka

pinterest.com

Biasanya kerajinan boneka dari kulit jagung ini dibuat sebagai hiasan untuk ditaruh di rak-rak rumah. Tampilannya yang unik dan artistik turut mempercantik tempat sekelilingnya.

Tertarik untuk membuat boneka dari kulit jagung ini? Silakan bisa ikuti bagian tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung di bawah ini.

Cara membuat boneka dari kulit jagung

Berikut adalah material yang perlu disiapkan dan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membuat boneka dari kulit jagung.

Material yang dibutuhkan

  • Tali benang atau tali rapia
  • Gunting
  • Air hangat (kurang lebih semangkuk)
  • 10-12 lembar kulit jagung hijau
  • Sekam kering jagung kotak
  • Benang wol aneka warna
  • Handuk kertas
  • manik-manik
  • Gunting
  • Lem

Kulit jagung yang digunakan untuk membuat boneka ini diusahakan yang masih berwarna hijau dan tidak kering. Untuk mendapatkannya, sobat bisa mencari atau mungkin membelinya di toko-toko yang menjual sayuran atau di manapun, terserah.

Sobat juga bisa menggunakan kulit jagung yang masih fresh yang baru dicopot dari tongkol jagunnya.

Jika terpaksa menggunakan kulit jagung kering, maka sebelumnya harus dilakukan perendaman terlebih dahulu dalam air hangat yang telah disiapkan. Tujuannya agar kulit jagung menjadi lebih lentur dan gampang dibentuk.

Langkah demi langkah – cara membuat boneka dari kulit jagung

Silakan ikuti cara pembuatannya dengan mengikuti tutorial di bawah ini:

  1. Mulailah dengan merendam kulit jagung dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit. Dan setelahnya, jika tersisa air belebih bilaslah menggunakan handuk atau kain. Lalu ambil dan susunlah sekitar 4 kulit jagung dalam satu genggaman. Lihat gambar.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  2. Kemudian ikatlah bagian atas/lehernya menggunakan tali secara ketat. Jarak leher ikatan sekitar satu inchi dari atas. Lihat gambar di bawah ini.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  3. Balik dan tarik ujung-ujung panjang kulit ke bawah.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  4. Dengan menggunakan benang tipis, kemudian ikat kembali bagian atas / leher seikat kulit jagung yang telah dibalik tadi. Ikat sehingga membentuk kepala. Dan jarak yang bisa dipakai adalah sekitar 1 inchi. Lebih jelasnya, perhtaikan gambar di bawah.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  5. Selanjutnya ambillah satu lembar kulit jagung. Lalu gulunglah secara horizontal/memanjang. Dan buatlah ikatan tali di ke dua ujungnya. Sehingga membentuk gulungan kulit jagung seperti di bawah ini. Gulungan ini nantinya akan jadi bagian tangan dari boneka.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  6. Posisikan bagian lengan tepat di bawah ikatan leher tadi. Selipkan tepat di antara bagian kulit jagung.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  7. Kemudian ikatlah pada bagian pinggang dengan benang atau tali yang agak tebal. Untuk membentuk boneka perempuan, silakan bentuklah bagian bawahnya sedemikian rupa. Yang penting rapih dan enak dilihat. Lebih detailnya bisa dilihat seperti gambar berikut.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  8. Untuk membentuk boneka laki-laki, bagilah bagian bawah menjadi 2 bagian sama. Tujuannya untuk membentuk kaki. Setelahnya, ikat lutut dan pergelangan kaki menggunakan tali. Dan guntinglah/rapikan hingga merata.kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka
  9. Nah, boneka pun sudah jadi. Tapi tentu masih sangat mentah. Artinya untuk membentuk boneka yang bagus, perlu dilakukan penambahan dekorasi. Seperti halnya rambut, pakaian, penambahan ornamen topi, mata, hidung, dll. Untuk itu, marilah kita masuk pada bagian dekorasi bonkea kulit jagung.

Dekorasi untuk mempercantik tampilan boneka kulit jagung

Seperti dikatakan di atas, boneka yang telah dibentuk dilangkah 8 adalah masih belum sempurna. Untuk menyempurnakannya, tentu diperlukan penambahan hiasan. Sehingga boneka bisa terlihat lebih cantik untuk dijadikan pajangan maupun mainan.

Adapuan untuk cara mendekorasi boneka ini, tentu kembali lagi ke selera masing-masing. Artinya tidak ada aturan baku untuk bagaimana seharusnya boneka kulit jagung dihias.

Tapi kalau sobat memutuskan membaca ini lebih lanjut, silakan dibaca uraian di bawah.

Untuk dekorasi boneka ini, secara garis besar setidaknya ada 2 jenis dekorasi yang bisa dioba. Yang pertama yaitu dekorasi ala tradisional, dan kedua dekorasi ala modern.

# Dekorasi boneka ala tradisional

Dalam kebudayaan masyarakat India, seorang anak seringkali memakaikan boneka dengan pakaian yang ada dalam budayannya sendiri. Kemudian rambut boneka biasa dibuat dari bulu kuda atau binatang lain.

Dan satu hal yang paling banyak menyita perhatian adalah bonekanya tidak memiliki wajah. Hal ini erat kaitannya dengan legenda masyarakat sekitar. Lebih lanjutnya sobat bisa baca tulisan berjudul The Legends of the No Face Doll (legenda boneka tanpa muka).

kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka

oneidaindiannation.com

Anak kecil akan bisa menghias dengan kertas warna, krayon dan spidol. Sobat bisa menambahkan pakaian dari bahan kertas, perhiasan, wajah dan barang lainnya dengan sedikit lem. Bisa juga membuat pakaian dari kain, potongan kulit jagung atau barang lainnya.

Selanjutnya bisa dilakukan dekorasi pada bagian muka seperti mata, telinga, hidung, dan mulut bisa digambar dengan spidol permanen atau krayon. Atau bisa juga menggunakan benang wol warna yang dibentuk dan direkatkan menggunakan lem.

# Dekorasi Boneka Ala Modern

Berikut adalah beberapa dekorasi boneka ala modern yang bisa dikreasikan:

kerajinan dari kulit jagung, boneka dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung boneka

  1. Memakaikan rok pada boneka. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan melingkarkan sehelai kain kecil di bagian pinggang boneka, kemudian ikatlah dengan tali. Sebelumnya, sobat juga bisa menghias roknya terlebih dahulu menggunakan spidol atau krayon.
  2. Memberikan efek wajah pada boneka. Bisa dengan melengkungkan benang warna di bagian bibir dan merekatkannya. Sehingga menciptakan efek senyuman. Selebihnya sobat bisa bereksplorasi, misal menambahkan efek telinga ataupun mata dan hidung. Baik itu dengan benang warna maupun material lainnya.
  3. Mewarnai boneka kulit jagung dengan merendamnya di cairan pewarna makanan. Tentunya bagiannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misal hanya bagian roknya saja atau kakinya saja.
  4. Membuat efek sepatu pada boneka kulit jagung. Sobat bisa menggunakan sepatu mainan berbahan plastik yang memang diperuntukkan buat boneka. Atau kalau tidak, bisa juga dengan mencelupkan sedikit bagian kaki dalam cairan pewarna. Diamkan beberapa saat hingga warna melekat. Dengan begitu, efek sepatu akan terlihat.
  5. Berikutnya yang juga lumayan vital adalah kenakanlah pakaian pada boneka kulit jagung sobat. Dalam artian pakaian kecil yang memang untuk dipakai boneka.
  6. Bisa juga menambahkan manik-manik, kancing atau sejenis mute yang berkilau untuk menghias boneka kulit jagung.  Gunakan sesuai peruntukannya masing-masing secara proporsional. Misal untuk mata, penghiasa pakaian boneka, dan lain-lain. Silakan dikreasikan sendiri.
  7. Menambahkan rambut untuk boneka kulit jagung anda. Caranya yakni bisa dengan membuat rumbay-rumbay dari bahan kulit jagung itu sendiri. Atau dari tali rapia dan benang-benang berwarna cerah. Kemudian rekatkan pada bagian kepala menggunakan lem.
  8. Tambahkan cat air untuk mewarnai boneka kulit jagung sobat. Tambahkan secara bijak dan jangan terlalu berlebihan. Penggunakan cat air bisa lebih membuat kesan warna boneka menjadi lebih tegas dan lebih colorfull
  9. Membuat topi boneka kulit jagung. Sobat bisa memanfaatkan bekas tutup botol minuman untuk keperluan topi boneka ini.

Video tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung

Bagi sobat yang lebih menyukai panduan yang lebih praktikal dan visual, berikut saya sajikan video pelengkap. Tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung.

***

Nah itulah penjelasan lengkap tentang boneka dari kulit jagung disertai cara pembuatannya yang mudah. Silakan bagi sobat yang berkeinginan mencobanya, untuk menerapkan panduan simpel di atas.

#2. Kerajinan bunga hias dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, bunga dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung bunga, cara membuat bunga dari kulit jagung

pinterest.com

Bentuk ke dua, yang juga menjadi salah satu yang paling sering dibuat adalah hiasan bunga. Ya nampaknya dari bahan limbah jenis apapun, bentuk bunga memang seakan jadi primadona untuk dijadikan kerajinan tangan. Tak terkecuali dengan limbah  kulit jagung.

Tekstur kulit jagung yang agak kasar dan memiliki guratan-guratan khas menjadikannya sangat cocok dijadikan kerajinan bunga hias. Bentuk yang dihasilkan pun bisa beraneka ragam jenisnya. Bahkan kita bisa buat untuk tipe-tipe bunga tertentu seperti bunga mawar, tulip hingga bunga matahari.

Cara membuatnyapun cukup mudah. Yang mana kita hanya perlu menyiapkan kulit jagung kering secukupnya, alat pewarna, dan alat-alat pendukung seperti gunting, kawat dan lain-lain. Bentuk polanya dirangkai sedemikan rupa sehingga menghasilkan bentuk bunga yang indah. Ini hanya gambaran umunya saja.

Agak repot memang, terlebih juga diperlukan sentuhan seni di dalamnya. Jika sobat tidak mau repot, bisa saja membelinya. Karena sudah banyak orang yang menjual kerajinan bunga dari kulit jagung ini.

Atau mungkin jika ingin menguji kreativitas diri, bisa coba membuatnya sendiri di rumah. Dan sebagai gambaran, bisa juga ikuti petunjutk/tutorial singkat berikut ini.

Cara membuat bunga dari kulit jagung

Untuk membuat bunga dari kulit jagung ini juga bisa terbilang mudah dalam pengerjaannya. Kita hanya memerlukan beberapa helai kulit jagung sebagai kelopak bunga. Kemudian sebatang kawat untuk tangkai bunganya. Tali sebagai pengikat dan selotip untuk membungkus tangkai.

Bagaimana cara membuatnya? Untuk tutorial ini, langsung saja sobat bisa menonton video tutorial singkat berikut ini. InsyaAllah mudah diikuti:

#3. tempat tisu dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, kotak tisue dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung kotak tisue, cara membuat kotak tisue dari kulit jagung

tokopedia.com

Nah selanjutnya, kerajinan dari kulit jagung yang juga gampang dibuat adalah kotak tisue. Atau mungkin sobat juga pernah melihatnya? Kotak tisue dari kulit jagung ini tampak lebih cantik dan artistik karena menunjukkan guratan-guratan kulit jagung di permukaannya.

Untuk kotaknya sendiri tentu tidak seluruh bahannya terbuat dari kulit jagung. Kulit jagung atau kelebot jagung di sini hanya berperan sebagai bagian pelapis luar yang mempercantik tampilan kotak.

Adapun cara membuat tempat tisu dari kulit jagung ini kita bisa manfaatkan kotak bekas sepatu misalnya. Untuk kemudian kita lapisi dengan kulit jagung kering yang telah dibentuk sedemikan rupa. Tak lupa juga bisa kita kasih ornamen penghias lainnya seperti cat warna, pita, manik-manik dan lain-lainnya.

#4. Keranjang dari kulit jagung

Sekali lagi kita disadarkan akan manfaat tersembunyi dari sebuah limbah kulit jagung.

Barangkali tidak terpikir sebelumnya oleh kita bahwa dari kulit jagung bisa bisa dibuat keranjang. Tapi kenyataannya memang bisa. Awalnya saya juga kurang percaya. Bagaimana bisa kulit jagung yang teksturnya seperti itu bisa diubah menjadi sebuah keranjang.

Ya secara kuantitas memang masih terhitung jarang orang membuat keranjang dari kulit jagung. Tidak seperti halnya boneka atau bunga dari kulit jagung yang seudah sering ditemui.

Hingga akhirnya saya menemukan satu channel Youtuber luar negeri yang membahas tentang hal ini. Namanya adalah Tim Rosanelli. 

Melalui rangkaian video 3 part yang dibuatnya, beliau memberikan tutorial dalam pembuatan kerajang dari kulit jagung.

Berikut saya sajikan video lengkapnya.
#1. Tahap persiapan

#2. Membuat basic kerangka keranjang

#3. Finishing

#5. Vas bunga dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, vas bunga dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung vas bunga, cara membuat vas bunga dari kulit jagung

HGTV.com

Selain dijadikan hiasan bunga/bunga hias, kulit jagung ini rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai vas bunga. Tentu saja di sini fungsi kulit jagunya hanya sebagai bahan untuk mempercantik permukaan vas. Guratan khas dari kulit jagung bisa memberikan kesan pada vas bunga menjadi lebih klasik dan cantik.

Untuk cara membuat vas bunga dari kulit jagung, tentu sangat mudah. Sobat bisa manfaatkan kaleng bekas, kemudian diatur sedemikan rupa dan dilapisi dengan kulit jagung di sekelilingnya. Kulit jagung tersebut bisa sobat rekatkan menggunakan lem ataupun diikat menggunkan tali warna-warni. Silakan dikreasikan.

#6. Gantungan kunci dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, gantungan kunci dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung gantungan kunci, cara membuat gantungan kunci dari kulit jagung

rumahkreative.id

Di atas, kita telah membahas cara membuat boneka dari kulit jagung. Nah di bagian ini kita akan membahas satu lagi bentuk unik kerajinan dari kulit jagung. Bentuknya masih berkaitan dan mirip-mirip dengan boneka. Namun secara fungsi dan  peruntukannya itu berbeda.

Di bagian pertama mejelaskan boneka sebagai hiasan. Namun untuk sekarang difungsikan sebagai gantungan kunci yang cantik dan imut.

Adapun untuk cara pembuatannya juga sama saja dengan cara membuat bentuk boneka di atas. Namun di bagian atas kepala bonekanya ditambahi semacam cantelan yang berfungsi sebagai gantungan kunci pada umumnya. Tentunya sobat bisa kreasikan sendiri bagaimana caranya supaya cantelan gantungan kunci tersebut bisa menempel tepat di atas bagian kepala boneka. Sehingga menjadi bentuk gantungan kunci yang menggemaskan.

Bagaimana? Lucu, bukan? Dengan gantungan semacam ini, nantinya kunci yang sobat punya, baik itu kunci kendaraan maupun kunci rumah bisa tampak lebih menawan. Juga tidak gampang hilang tentunya. ?

#7. Kipas dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, kipas pensil dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung kipas, cara membuat kipas dari kulit jagung

rumahkreative.id

Satu lagi nih yang membuat kita akan merasa sayang untuk tidak memanfaatkan kulit jagung jadi kerajinan tangan. Ya kerajinan dari kulit jagung berikutnya yang bisa dikreasikan adalah bentuk kipas lipat. Namun untuk kerajinan satu ini perlu sedikit tambahan alat khusus. Agar bisa membuat lembaran kulit jagung dengan bentuk melebar seperti itu.

Selain itu, diperlukan juga media pewarnaan yang berfungsi untuk mempercantik tampilan dari kipas itu sendiri. Sehingga bukan hanya berfungsi sebagai kipas angin, tapi juga sebagai hiasan dinding yang cantik.

Jadi mohon maaf, di sini belum bisa saya sajikan tutorial cara membuatnya.

#8. Totebag / tas dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, tas bunga dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung tas, cara membuat tas bunga dari kulit jagung

lewisbobrickantiques.com

Berikutnya kerajinan dari kulit jagung yang paling sering dibuat juga adalah tas totebag. Ya jadi tasnya ini terbuat dari bahan kulit jagung yang tentu sebelumnya telah melalui sejenis proses pemintalan. Yang tujuannya adalah menghasilkan benang untuk kemudian dijadikan tas, baik itu dengan cara ditenun, maupun rajut.

#9. Kotak pensil dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, kotak pensil dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung kotak pensil, cara membuat kotak pensil dari kulit jagung

Tokopedia.com

Berikutnya, kerajinan dari kulit jagung yang bisa dihasilkan adalah sejenis kotak atau silinder untuk keperluan menyimpan pensil. Kembali kita bisa memanfaatkan kaleng bekas yang tidak terpakai untuk membuat kerajinan ini. Jadi fungsi kulit jagung di sini sama halnya dengan kulit jagung pada pemuatan vas bunga di atas. Yakni sebagai pelapis di bagian permukaan sekeliling kotak atau silinder.

Cara membuat kotak pensil dari kulit jagung

Adapun untuk cara membuat kerajinan dari kulit jagung yang satu ini juga sangat mudah. Jika berpedoman pada gambar di atas, sobat hanya memerlukan alat-alat sebagai berikut:

  • satu buah kaleng silinder maupun kotak.
  • Kemudian tali tambang kecil sebagai pengikat untuk meliliti silinder dan menambahk kesan artistik.
  • Dan ditambah dengan benang tips yang juga berfungsi sebagai pengikat.
  • Terakhir yaitu lem sebagai alat bantu rekat

Tempelkan setiap lembar kulit jagung ke permukaan silinder atau kotak menggunakan lem. Sehingga merata menutupi seluruh permukaan. Terakhir berikan lilitan tambang di bawah dan atas silinder. Kemudian tambhkan juga lilitan benang tipis di tengah-tengah silinder.

Terakhir, sobat bisa tambahkan ornamen penghias ataupun pewarna di bagian permukaan silinder/kotak pensil

#10. Topi dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, topi bunga dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung topi, cara membuat topi bunga dari kulit jagung

choosephilippines.com

Berikutnya, bentuk kerajinan dari kulit jagung yang bisa dibuat adalah topi.

Adapun topi yang biasa dibuat dari limbah kulit jagung ini adalah layaknya topi pantai. Dengan bagian permukaan tepian topi yang lebar sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari.

Ya kita tahu sendiri bahwasanya salah satu fungsi topi adalah melindungi kepala dan rambut dari pancaran sinar matahari.

Memakai topi ini,  selain kepala kita terlindung dari panasnya matahari, juga bisa membuat pemakainya tampak lebih modis. Keren pastinya.

Kerajinan topi dari kulit jagung ini sudah mulai banyak diproduksi bahkan dijual secara online. Sobat bisa cek di marketplace jual beli.

Masukkan kata kunci jual topi kulit jagung atau jual topi kelebot jagung.

Maka sobat akan mendapati penawaran topi kulit jagung dengan berbagai macam harga.

Adapun untuk versi handmade, sayang sekali di sini belum bisa disajikan tutorialnya. Karena tentu pembuatan topi jenis ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan sembarang alat.

#11. Dress/gaun dari kulit jagung

kerajinan dari kulit jagung, pakaian dari kulit jagung, kreasi dari kulit jagung, kerajinan kulit jagung pakaian, cara membuat pakaian dari kulit jagung, gaun dari kulit jagung

pinterest.com

Barangkali untuk jenis kerajinan dari kulit jagung yang satu ini tidak semua orang bisa membuatnya. Ya hanya orang-orang yang kreatif kelas atas yang bisa membuat kerajinan sejenis ini. Ya ini dia, Gaun dari kulit jagung. Mantap, bukan?

Untuk gaun dari bahan kain biasa saja tentu sangat sulit untuk membuatnya. Hanya seorang profesional desainer yang bisa membuatnya. Dan ternyata di luaran sana, ada desainer yang cukup jeli dan out of the box. Karena bisa membuat gaun secantik itu cuma dari bahan kulit jagung / kelebot jagung. Luar biasa.

Namun tentu pakaian gaun sejenis itu bukan diperuntukkan untuk dipakai sehari-hari. Biasanya desain-desain baju unik semacam itu hanya untuk ajang pameran atau fashion show semata.

Penutup

Nah itulah beberapa contoh kerajinan dari kulit jagung yang bisa langsung sobat buat.

Bahan limbah kulit jagung tanpa kita sadari ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya bisa dijadikan kerajinan tangan yang unik dan bernilai seni. Tidak perlu beli dulu barang yang mahal. Sobat bisa memanfaatkan limbah kulit jagung untuk sekadar membuat hiasan bunga atau boneka mainan.

Selain hemat uang, juga bisa melatih kreativitas yang sobat punya. Siapa tahu dari awalnya coba-coba membikin , sobat kepikiran membuat model kerajinan lain yang beda dari yang lain.

Tak menutup kemungkinan juga sobat bisa mendapatkan pundi-pundi keuntungan dengan menjual kerajinan dari kulit jagung tersebut secara online ataupun offline.

Baik, sekian saja artikel kali ini. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi Inspirilovers semua.

Sekian dan terima kasih.

1 thought on “10+ Kerajinan dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya [Lengkap + Video]”

Leave a Comment