Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]

Komunikasi Daring – Di artikel lain telah dibahas mengenai pengertian komunikasi secara umum beserta jenis-jenisnya yang beragam. Baik itu berdasarkan tujuan, ruang lingkup maupun media yang digunakan.

Zaman berganti zaman, dari dulu yang namanya komunikasi itu mutlak diperlukan oleh setiap manusia. Peranannya begitu penting guna terjadi interaksi di antara para individu manusia yang merupakan makhluk sosial. Mereka perlu berkomunikasi dengan sesamanya guna memenuhi kebutuhan hidup.

Dan kabar baiknya, dengan semakin berkembangnya teknologi, cara berkomunikasipun menjadi sedemikian mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media daring, sehingga muncullah istilah komunikasi daring.

Baik, di artikel ini Inspirilo akan menyajikan pembahasan singkat namun menyeluruh tentang Komunikasi Daring. Apa itu komunikasi Daring?

Pengertian Komunikasi Daring

komunikasi daring, jenis fungsi dan manfaatnya
Pixabay.com

Guna dapat mengerti tentang pengertian komunikasi daring, perlu kita jabarkan satu persatu. Frasa atau istilah tersebut dibentuk dari dua kata, yaitu komunikasi dan daring.

Pertama, Komunikasi sebagaimana telah diketahui merupakan cara berinteraksi di antara para individu. Yang mana di situ terjadi proses penyampaian informasi dari komunikator (pengirim) kepada komunikan (penerima informasi).

Cara penyampaiannya adalah bisa dengan beragam cara. Baik secara lisan, tulisan maupun isyarat. Juga media yang digunakan dapat bermacam-macam. Contohnya yang paling sederhana adalah memakai tanda atau simbol bermakna tertentu. Intinya pesan yang ingin dikomunikasikan bisa sampai dan terjadi saling interaksi di situ. Sehingga tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

Kedua, yaitu Daring. Apa itu Daring? Istilah ini sebenarnya merupakan akronim dari frasa ‘Dalam Jaringan’ atau kalau dalam bahasa Inggris disebut ‘online’. Dan sering disebut juga dengan istilah dunia maya. Secara sederhananya dalam koneksi internet.

Ya belakangan ini, setelah semakin berkembangnya internet khususnya di Indonesia. Banyak kita temui istilah-istilah lokal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah terdengar. Salah satunya ya ‘daring’ ini. Walau memang kebanyakan orang lebih nyaman dengan istilah online ketimbang daring. Oke itu tidak terlalu penting.

Antonim dari daring adalah luring (luar jaringan) yang kalau dalam istilah english berarti offline. Artinya sedang tidak terkoneksi dalam internet. Seperti itu kira-kira.

Jadi dari pemaparan di atas, dapat kita tarik benang merah tentang pengertian Komunikasi Daring.

Komunikasi daring adalah bentuk komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan media daring ( online).

Istilah komunikasi daring ini merujuk pada kegiatan menulis, membaca, berbicara dan bentuk komunikasi lainnya dalam jaringan internet / komputer (Warxhauer, M. 2001)

Jenis Komunikasi Daring

jenis-jenis komunkasi daring
Pixabay.com

Perlu diakui memang bahwa di era milenial kini, komunikasi di dunia maya memang menjadi primadona yang sangat digemari. Baik itu oleh orag tua maupun yang masih muda pada khususnya. Tidak ayal memang karena komunikasi jenis ini punya banyak sekali kelebihan yang memanjakan.

Mudah dalam pemakaian dan juga beragamnya fitur yang bisa digunakan. Sehingga komunikasi bisa berjalan lebih interaktif dan realistis walau kedua pihak berada di tempat jauh terpisah samudera dan benua sekalipun.

Untuk itu ada banyak sekali jenis jenis komunikasi daring yang sepertinya sudah akrab di kehidupan era internet sekarang ini. Khususnya di kalangan anak muda. Baik, mari kita bahas tentang jenis – jenis komunikasi daring secara kaidah ilmu pengetahuan.

Secara umum berdasarkan cara kerjanya, komunikasi daring terbagi menjadi dua (2). yaitu antara lain:

1. Komunikasi Daring Sinkron (Realtime)

Adalah komunikasi secara online dengan cara kerja yang lebih interaktif. Media dan alat yang digunakan memungkinkan orang bisa berkomunikasi secara lebih realtime. Artinya saat itu juga ia menyampaikan pesasn, saat itu pula ia menerima balasan dalam selang waktu yang tidak terlalu lama.

Contoh dari komunikasi daring sinkron ini yakni melalui pesan messenger atau chat. Dan terjadi antara dua orang atau lebih yang sedang sama-sama online (dalam jaringan).

Contoh Komunikasi daring sinkron:

  • Chat Messenger WA, BBM, LINE, dll – Komunikasi melalui pesan teks
  • Video Call via Aplikasi, Skype, atau Google Hangouts – Komunikasi secara lisan langsung melalui media video
  • Komunikasi sinkron via telepon by data – Komunikasi via suara dengan memanfaatkan jaringan internet, bukan by pulsa. Cotohnya seperti WA Call, Voice Note, dll.

2. Komunikasi Daring Asinkron

Adapun walaupun jenis yang kedua ini bernama asinkron, seakan seperti kebalikan dari komunikasi sinkron. Padahal tidak juga seperti itu pengertiannya.

Komunikasi Asinkron di sini berarti komunikasi menggunakan perangkat yang mendukung internet yang berjalan secara lebih delay (tertunda). Artinya kadang balasan dari informasi yang kita sampaikan tidak langsung didapat dalam waktu realtime. Contohnya mengirim email, menulis di forum dan juga memposting artikel di blog misalkan.

Walaupun untuk beberapa kasus juga tidak harus selalu tunda. Artinya jika penerima pesan memang juga sedang dalam keadaan dalam jaringan. Sehingga bisa langsung memabalas, bisa saja komunikasi jenis ini juga termasuk komunikasi sinkron. Jadi pembedanya hanya pada tertunda atau tidaknya, bukan pada media yang digunakan.

Contoh Komunikasi Daring Asinkron:

  • Komunikasi asinkron video Youtube
  • Menulis dan mengemukakan via blogpost
  • Membuat topik pembicaraan di Forum
  • Saling bekririm pesan via email

Komponen Komunikasi Daring

pengertian komunikasi daring dan contoh komunikasi daring beserta fungsi dan tujuannya
Pixabay.com

Komunikasi daring ini berkaitan dengan dengan alat danmedia yang digunakan. Dengan nyawanya ada pada internet atau koneksi. Namun percuma saja jika ada akses untuk internet, tapi tidak ada media atau alat pendukung lainnya.

Untuk itu agar komunikasi dalam jaring bisa berjalan, maka setidaknya harus tersedia 3 komponen pendukung berikut ini.

  • Hardware (perangkat keras yang digunakan dalam komunikasi)
  • Software (media atau aplikasi yang mendukung terjadinya komunikasi)
  • Brainware (dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi dan terkoneksi dalam jaringan)

Tujuan Komunikasi Daring

manfaat komunikasi daring
Pixabay.com

Tujuan adalah hal yang akan atau ingin dicapai. Ada banyak motif dan tujuan orang dalam berselancar di internet. Yang pada intinya bermuara pada satu tujuan yaitu mencari tahu sesuatu. Barangkali sudah jadi kebiasaan sehari-hari, ketika bingung atau tidak tahu cara melakukan sesuatu. Kemudian kita langsung ambil smartphone untuk kemudian browsing untuk menemukan jawabannya.

Begitu pula dengan komunikasi via online yang dilakukan, tentu ada tujuannya. Baik itu ditinjau dari segi pengguna, maupun dari media atau alat yang digunakan. Apa saja tujuan komunikasi daring, berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Tersampaikannya pesan secara cepat, bahkan realtime
  2. Waktu menjadi sedemikan efektif dan efisien
  3. Menghemat anggaran pribadi, biaya bisa ditekan guna bisa berkomunikasi dengan orang jauh melalui media daring
  4. Pengelolaan data menjadi lebih mudah
  5. Bisa mengendalikan data dari jarak jauh
  6. Kontrol pekerjaan atau tim
  7. Meningkatnya intensitas komunikasi
  8. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang kejadian terkini

Fungsi Komunikasi Daring

Manfaat dan fungsi komunikasi daring
Pixabay.com

Adapun fungsi adalah kegunaan yang dirasakan. Dan barangkali sudah terbayang di benak Anda tentang fungsi dari komunikasi lewat dunia maya ini. Yang mana bisa sangat membantu interaksi dengan lebih mudah, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa fungsi lainnya:

  1. Media informasi: Sebagai media informasi yang realtime. Kita bsia tahu apa saja secara cepat.
  2. Sarana memberikan motivasi : Dengan komunikasi daring, bisa meningkatkan semangat diri maupun tim
  3. Penghemat waktu, tenaga dan biaya : Tanpa harus bertatap muka, kita bisa menyampaikan informasi pada orang lain. Waktu dan tenaga jadi efektif. Biayapun bisa ditekan
  4. Komunikasi tidak terbatas ruang : Dapat dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet.
  5. Intensitas :  kita bisa lebih sering berkomunikasi tanpa harus khawatir masalah jarak, waktu maupun biaya. Lebih sering berkomunikasi guna membangun kedekatan dan produktivitas kerja.
  6. Media sosialisasi : Berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan menambah teman dengan interaksi di media sosial
  7. Partisipasi : Dengan komunikasi daring, kita juga bisa turut memberikan peran / andil  dalam suatu hal. Secara lebih efisien dan efektif pastinya.
  8. Media Pengekspresian gagasan : Menyalurkan ide dan gagasan dengan media daring menjadi sedemikian mudah. Jangkauan pun bisa lebih luas dalam waktu yang hanya sebentar.
  9. Fungsi untuk negara : Komunikasi melalui media daring bisa sangat membantu urusan ketatanegaraan. Pesan-pesan penting dari pemerintah bisa dengan mudah diserap oleh rakyat
  10. Fungsi lainnya yang turut mendukung interaksi dalam kehidupan.

Manfaat Komunikasi Daring

Manfaat merupakan hasil yang dicapai dari fungsi dan tujuan yang ditetapkan. Berikuta dalah beberpa manfaat komunikasi dalam jaringan yang bisa kita rasakan.

  1. Semakin mudahnya berkomunikasi dengan orang lain
  2. Biaya komunikasi kini dapat lebih ditekan. Ketimbang berkomunikasi by telepon pulsa, kini kebanyakan menggunakan media daring yang lebih dirasa hemat.
  3. Beragam transaksi e-commerce bisa dengan mudah kini ditemui. Jual beli jadi lebih gampang dilakukan.
  4. Riset informasi menjadi sedemikian mudahnya. Tidak seperti dulu yang mau tidak mau harus baca di buku atau koran.
  5. Sebagai media entertainment yang interaktif
  6. dan banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kita rasakan dari komunikasi daring.

Kekurangan Komunikasi Online (Daring)

Dampak dan kekurangan komunikasi daring
Pixabay.com

Melihat penjelasan panjang lebar di atas, kita tahu bahwa komunikasi daring ini begitu banyak manfaatnya. Sehingga barangkali yang ada di bayangan kita hanya kelebihannya saja yang terpikir. Mulai dari kemudahan berkomunikasi, efisiensi waktu, tenaga dan biaya, intensitas komunikasi dan juga yang lainnya.

Namun setiap hal juga pasti punya kekurangan atau kelemahan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Dibutuhkannya perangkat khusus yang memadai

Ya untuk melakukan komunikasi online, tentu diperlukan alat dan perangkat, baik itu perangkat keras (komputer, smartphone). Dan juga perangkat lunaknya (program, aplikasi dan juga layanan internet) yang mendukung. Tanpa memilikinya, komunikasi daring tidak akan bisa dilakukan.

  • Kurang mewakili emosi pengguna

Tidak seperti komunikasi secara langsung, emosi dan perasaan dari seseorang terkadang kurang bisa tersampaikan dengan jelas menggunakan komunikasi daring. Khususnya dalam komunikasi daring sinkron via text chat. Tidak adanya ekspresi wajah, intonasi bicara untuk beberapa kasus bisa jadi masalah karena pesannya disalah artikan.

  • Terkadang menyebabkan distraksi (gangguan)

Begitu mudahnya komunikasi dilakukan, terkadang juga tidak selalu bagus dampaknya. Banyak pesan yang tidak berguna muncul berdatangan, semisal dalam group chat. Tanpa disadari, hal tersebut sangat distraktif (mengganggu), efeknya kita bisa kehilangan fokus yang bisa saja mengakibatkan stress, dan dampak lainnya.

  • Bisa menurunkan produktivitas

Sejalan dengan hal di atas, kekurangan lainnya dari komunikasi daring yakni produktivitas yang tidak meningkat. Karena banyak gangguan dan dan fokus yang tersita pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu untuk dipikirkan. Kemudahan dalam berkomunikasi lewat jaringan online kadang membuat pengguna yang kurang bijak. Jadi sedikit acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar, tidak menyegerakan pekerjaan, dan produktivitas pun tak kunjung naik.

Kesimpulan

Baiklah itu dia tadi penjelasan yang membahas tentang komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan (online). Lengkap disertai dengan berbagai elemen yang menyertainya. Dari mulai pengertian, jenis, tujuan, manfaat dan fungsi dari komunikasi daring itu sendiri.

Sekarang kita merupakan generasi yang hidup di era milenial. Tentu kita akan sangat akrab dengan komunikasi di dunia maya seperti ini. Tapi satu yang harus diperhatikan adalah untuk tetap bijak dalam penggunaannya. Jangan sampai karena keberadaannya malah mengurangi interkasi komunikasi kita secara langsung dengan orang lain. itu malah justru tidak baik. Dengan begitu, dampak kurang positif dari penggunaan komunikasi daring bisa lebih diminimalisir.

Sekian barangkali artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment