28 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Penjelasannya Lengkap + Gambar

Makanan khas Bali – Semilir angin berhembus lembut diselingi lambaian nyiur di putihnya pesisir pantai Kuta. Oh Bali, indah sekali parasmu. Pesona Indonesia tak tergantikan.

Hehe.. Oke di sini saya bukan mau berpuisi, di atas hanya secuil gambaran keindahan Bali. Sebuah pulau yang juga merupakan identitas nasional bangsa Indonesia. Pesonanya sudah sangat mendunia, hingga tidak heran jika Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, terutama wisata pantainya.

Turis dari mancanegara sering sekali mendatangi pulau yang memiliki julukan Pulau Dewata ini. Sampai-sampai ada juga beberapa turis yang bahkan mengenal Bali itu sebagai sebuah negara tersendiri. Padahal tentu Bali adalah bagian dari Indonesia yang tidak bisa dipisahkan. Bali adalah salah satu pesona keindahan Indonesia yang tak ternilai harganya.

Bukan hanya wisata alam ciamik yang disajikan Pulau Bali, melainkan wisata kulinernya juga sangat beragam. Bali kerap menjadi tujuan wisata kuliner Internasional buat para turis dari luar negeri. Beragam restoran yang menyajikan makanan luar negeri juga kian banyak dibuka.

Namun yang tidak kalah maknyus dan enak sebenarnya adalah makanan khas Bali itu sendiri. Terdapat banyak makanan khas tradisional Bali yang sangat menggugah selera.  Tidak perlu lah kita menyibukkan diri mencari makanan dari luar negeri di negeri sendiri. Wisata kuliner makanan khas Bali sudah cukup menawarkan variasi makanan mantap dengan cita rasa khas yang menggoda lidah.

Dan di bawah ini adalah beberapa makanan khas Bali dengan rasa mantap yang harus kamu coba lengkap dengan penjelasannya. Kumpulan makanan tradisional dari suku Bali yang masih bertahan hingga sekarang dan tentunya harus selalu dijaga kelestariannya. Jadi bagi yang mau mengunjungi Bali baik untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, sangat direkomendasikan mencoba cicipi makanan khasnya. Biar lebih afdhol gitu.

Baca juga : 17 Makanan Khas Malaysia Paling Maknyus yang Harus Kamu Coba

Berikut adalah daftar makanan khas Bali dan penjelasannya lengkap. Check these out!

Makanan Khas Bali

1. Pie Susu Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehPie susu dalam bahasa Inggris disebut Egg Tart. Adalah sejenis panganan kue yang kini menjadi jajanan / makanan khas Bali. Dari Wikipedia, makanan khas ini rupanya berasal dari negera Hongkong. Kue dengan jenis tart custard ini terdiri dari kerak kue di bagian luar dan isi custard telur di bagian luarnya.

Pie Susu Bali kini banyak ditemukan di sentra oleh-oleh khas Bali dan bisa jadi pilihan utama sebagai buah tangan. Rasanya enak dan lembut.

Pie Susu Bali ini sendiri memiliki banyak varian rasa, mulai dari pie susu, pie cokelat, pie stroberi dan pie kacang. Bahkan ada juga yang paling baru adalah pie kopi.

Berikut adalah salah satu contoh merk Pie Susu Bali yang juga cukup terknal enak. Silakan ditonton sebelum memutuskan membeli.

 

2. Jaje Lukis – Lupis Ketan dari Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMasih membahas makanan khas Bali dari keluarga kue-kuean. Bali memiliki ragam kuliner kue tradisional yang disebut dengan Jaje Bali. Variannya cukup banyak, dan salah satu yang paling terkenal adalah Jaje Lukis. Saat ini keberadaannya bisa dibilang semakin langka karena kian tergeser dengan makanan-makanan modern.

Jaje lukis ini memiliki bentuk segitiga dan mirip dengan kue lupis ketan. Hanya saja ukuran bentuknya saja yang sedikit lebih kecil. Jaje lukis ini dibuat dengan campuran ketan dan injin sehingga menghasilkan warna yang cantik dibanding hanya menggunakan beras saja.

Tekstur ketan pada makanan jaje lukis bali ini sangat kenyal dan lengket. Saus gula merah digunakan sebagai penambah cita rasa manis dari kue ini. Kemudian lebih lengkap lagi ditambahkan parutan kelapa lembut . Perpaduannya menghasilkan rasa kue yang maknyus dan mantap. Silakan cantumkan makanan khas bali satu ini dalam daftar penting yang harus disantap bila berkunjung ke Bali.

3. Laklak Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehYang ketiga ini juga masih tentang kue tradisional khas Bali. Laklak namanya.  Kue laklak ini cukup terkenal di Bali dan bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Seperti jenis kue tradisional Bali lainnya, laklak ini juga punya cita rasa manis yang menggoda bikin nagih di lidah.

Kee laklak bali berbentuk bundar. Dibuat dari bahan dasar tepung beras. Adapun warna hijau dihasilkan dari daun suji dan atau daun pandan.

Kue laklak cocok disajikan dengan saus gula merah plus taburan kelapa parut. Bisa dibayangkan gimana nikmanya rasa kue laklak ini. Hmm.. nyam nyam.

4. Kacang Bali (Kacang asin Khas Bali)

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehSetelah membahas kue, sekarang kita beranjak ke jenis panganan khas Bali lainnya. Salah satu makanan khas Bali adalah Kacang Bali. Makanan ini cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali karena rasanya enak.

Adapun jenis kacangnya juga macam-macam, seperti kacang kapri, kacang koro, dan lain sebagainya. Rata-rata semuanya merupakan kacang goreng. Adapun yang menjadikannya enak adalah racikan bumbu yang ditaburkan pada kacang tersebut. Tertarik untuk mencoba kacang khas Bali ini. Sobat bisa dengan mudah mendapatkannya di banyak toko online di Internet.

5. Lawar Kuwir

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehNah sekarang kita mulai beranjak pada jenis makanan berat. Yang pertama ini namanya adalah Lawar (bukan kelelawar lho ya). Makanan ini kerap dijadikan lauk pelengkap nasi. Lawar adalah makanan khas bali yang terbuat dari aneka sayur. Diantaranya adalah kacang panjang, parutan kelapa, nangka dan dicampurkan dengan tambahan bumbu khas Bali.

Lawar juga beraneka ragam jenisnya yang dibedakan berdasarkan isinya. Lawar Kuwir ini sendiri berisi daging entog. Ada juga lawar ayam dan juga babi. Kerap juga dicampur dengan santan yang semakin memberikan cita rasa gurih di lidah. Tertarik untuk mencobanya.

6. Ayam Betutu

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehDi antara sekian banyak makanan khas Bali yang ada, nampaknya Ayam Betutu ini adalah salah satu yang paling terkenal. Dan seakan telah menjadi identitas kuliner dari daerah Bali yang tidak dimiliki daerah lain.

Betutu berarti bumbu khas Bali yang terbuat dari daun sereh, daun jeruk, kunyi, kemiri, salam, bawah merah dan lain-lain.

Adapun yang dinamakan Ayam Betutu adalah bumbu-bumbu yang sudah diracik dimasukkan melalui rongga ayam sebelum akhirnya dimasak. Hasilnya cita rasa khas bumbunya begitu meresap ke dalam daging ayam. Ayam Betutu ada yang cara membuatnya dipanggang, ada juga yang direbus (disebut Betutu Basah).

Jika berkunjung ke Bali, jangan sampai kelupaan menyantap makanan khas Bali yang sudah mendunia ini.

7. Bebek Betutu

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehTak jauh beda dengan Ayam Betutu, cara pembuatan Bebek Betutu juga melalui proses yang sama. Pamor Bebek Betutu juga tidak kalah dibanding Ayam Betutu. Bahkan Bebek Betutu cenderung lebih disukai dan dianggap istimewa.

Karena proses masaknya sendiri juga sangat lama, yakni bisa sampai 24 jam lamanya. Sehingga tidak heran jika ingin menyantapnya, kita harus lakukan pemesanan minimal sehari sebelumnya.

Jika berkunjung ke Bali, sobat bisa menyantap Bebek Betutu Khas Bali ini di Kafe Batan Waru, yang terletak di Jl. Dewi Sita, Ubud.

8. Sate lilit

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehDari namanya saja kita sudah bisa simpulkan bahwa makanan khas Bali satu ini merupakan jenis sate yang dililitkan. Maksudnya daging ayam atau ikan mulanya digiling kemudian ditambah kelapa parut. Kemudian dililitkan pada setangkai kecil batang sereh ataupun bambu yang diraut. Sate lilit kerap juga disajikan dengan tambahan sambal matah khas Bali yang terkenal enaknya.

Makanan ini tentunya sangat cocok dijadikan lauk pelengkap nasi. Kita bisa dengan mudah menemukan sate lilit di berbagai restoran di Bali.

9. Sate Plecing Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehPlecing sendiri merujuk pada nama sambal yang digunakan untuk membalur sate ini. Sambal plecing adalah sambal yang kerap disajikan sebagai teman makan ikan. Adapun untuk sate plecing khas Bali ini juga tidak jauh beda. Sambal plecing yang diramu dengan beragam bumbu khas dibalurkan ke seluruh permukaan sate.

Rasa pada sambal plecing sangat cocok dan klop dengan tekstur daging sate yang sengaja dibuat agak gosong. Menghasilkan cita rasa unik tiada duanya.

10. Srombotan

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehSrombotan ini adalah jenis makanan khas Bali dengan bahan sayuran. Adapun jenis sayurannya adalah seperti kecipir, terong, toge, pare dan kubis. Dimasak setengah matang dan diberi tambahan bumbu kalas yang merupakan hasil racikan dari santan, kencur dan ketumbar.

Cara penyajiannya bisa ditambahkan kacang goreng dan ubi jalar. Srombotan ini bisa dibilang telah mendunia dan menjadi role model kelezatan makanan sayuran dari Bali. Maknyus pokoknya.

11. Babi Guling Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehSatu lagi kuliner yang paling khas dari Bali adalah Babi Guling. Bagi sobat yang non muslim dan juga seorang vegetarian, tentu tidak bisa melewatkan kesempatan menyantap makanan khas satu ini. Babi guling memiliki rasa yang juicy dan crispy karena memang dibalur dengan racikan bumbu kaya rempah. Cocok disajikan dengan nasi putih atau nasi rames.

Adapun untuk mendapatkannya bisa dibilang cukup mudah. Di Bali banyak sekali restoran yang menyediakan  Babi Guling sebagai menu utamanya. Salah satunya adalah Babi Guling Pak Malen yang terletak di jalan Sunset Road No. 5, Seminyak, Kuta. Silakan dieskplorasi.

12. Tipat Blayag

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehTipat Blayag adalah makanan tradisional dari Singaraja, Buleleng, Bali. Bisa dibilang merupakan masakan unggulan, khususnya di Buleleng sendiri. Tipat berarti ketupat atau sejenis lontong.

Susunannya terdiri dari kacang kedelai, parutan kelapa, ayam yang disuwir, ayam goreng, kerupuk kulit dan tak lupa yang pasti sayuran. Kemudian disiram dengan kuah bumbukaya rempah-rempah memberikatn cita rasa khas Bali yang bisa menggoyang lidah.

13. Tipat Cantok

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehSecara sajian bumbu dan sayurannya, tipat cantok ini layaknya gado-gado. Namun menggunakan ketupat sebagai elemen utamanya. Merupakan salah satu kuliner tradisional Bali yang cukup disenangi sampai sekarang ini.

Tipat berate ketupat dan cantok adalah sejenis makanan ulek yang terdiri dari berbagai jenis sayuran rebus. Dalam penyajiannya juga ditambahkan potongan kecil tahu goreng. Kemudian semuanya dicampurkan dan disiram dengan saus kacang yang lezat.

Bisa dibayangkan bagaimana lezatnya makanan khas Bali yang satu ini?

14. Tum Ayam Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas Bali berikutnya adalah Tum Ayam. Seperti namanya, Tum Ayam ini terdiri dari bahan utama ayam dalam penciptaanya. Adapun yang dimaksud dengan tum adalah cara memasaknya yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.

Makanan ini cukup terkenal dan juga sebagai identisas kuliner Bali.

15. Nasi Jinggo

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehNasi jinggo juga salah satu makanan khas Bali yang halal dan aman dikonsumsi oleh semua orang. Biasanya disajikan dalam porsi yang sedikit, hanya sekitar segenggaman. Dan menggunakan daun pisang sebagai alas makannya.

Lauk pauk pelengkapnya juga beragam, ada mie goreng, serundeng, ayam dan sambal. Seperti tidaka ada yang spesial memang dengan nasi jinggo ini. Tapi akan menjadi spesial jika langsung menyantapnya di Bali tentunya.

16. Nasi Tepeng Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehNasi tepeng adalah salah satu makanan khas Bali yang berasal dari daerah Gianyar. Dimasak menggunakan campuran rempah dan lada. Sehingga kalau soal rasa pedas, jangan ditanya.

Nasi tepeng ini memang terkenal dengan rasanya yang pedas dan menggugah selera. Penyajiannya ditambahkan dengan aneka macam sayuran, seperti kacang merah nangka, terong, kacang panjang dan juga parutan kelapa.

17. Nasi Sela Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehPada sejarahnya, nasi sela ini dikreasikan oleh masyarakat Bali saat dilanda musim paceklik. Ubi ditambahkan sebagai lauk pada nasi dalam rangka memenuhi kebutuhan akan makanan.

Jadi nasi sela ini merupakan paduan antara nasi putih dan juga ubi, namun menghasilkan rasa yang enak. Rasa pmanis pada ubi bercampur dengan aneka lauk yang kaya akan rasa yang memanjakan lidah. Tertarik untuk mencoba nasi sela ini? Cocok sekali jika disajikan dengan sate lilit dan juga sambal sebagai pelengkapnya.

18. Nasi Campur Ayam

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehSelain terkenal dengan ayam betutunya, Bali juga punya satu kuliner yang mantap, yaitu Nasi Campur Ayam. Dari namanya sudah ketahuan kan bagaimana penyajiannya, yaitu nasi dicampur dengan ayam. Tapi tentu tidak sesederhana itu.

Yang membuatnya spesial adalah bumbu rempah-rempah kaya cita rasa dari si ayam nya itu sendiri.  Disajikan dengan sayuran dan juga kacang plus sambal yang membuatnya cocok dijadikan makanan utama di kala makan siang ataupun malam.

Berikut adalah salah satu penampakan nasi campur ayam khas Bali yang patut dicoba.

19. Bubur Injin

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas Bali berikutnya adalah Bubur Injin atau bisa disebut juga bubur ketan. Terbuat dari ketan hitam yang dikasih santan dan juga sedikit potongan nangka ke dalamnya.

Bubur ini memang lebih cocok dijadikan sebagai makanan penutup untuk disantap bersama-sama keluarga. Namun bubur ini juga cocok sebagai pengganjel perut penunda lapar setelah mandi dan main-main di Pantai.

20. Bubur Mengguh Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehBubur yang satu ini berasal dari kawasan Buleleng Bali. Termasuk salah satu makanan khas Bali yang cukup terkenal dan disukai oleh turis yang sedang melancong di Bali.

Bubur mengguh punya cita rasa tersendiri sebagai makanan khas tradisional Bali. Rasanya gurih karena campuran santan kelapa. Secara tampilan, hampir tidak ada beda dengan bubur ayam. Yang jadi pembeda hanya pada tambahan sayur urap yang ditambahkan sebagai ciri khas dan pelengkap

Bubur mengguh ini banyak dijual oleh para pedangang kaki lima di Bali.

21. Bagiak Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehApa itu Bagiak? Bagiak adalah sejenis makanan ringan dengan rasa gurih dan teksturnya renyah di mulut. Dibuat dari adonan tepung sagu yang kemudian dipanggang. Menyantap bagiak sangatlah cocok bersamaan dengan the maupun kopi.

Ini adalah salah satu makanan khas Bali yang juga terkenal. Rasanya manis tapi tidak terlalu. Bagiak ini cukup gampang untuk ditemukan di toko-toko dan sentra oleh-oleh khas Bali.

Bagaimana? Tertari mencoba cemilan renyah khas Bali yang satu ini?

22. Komoh

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehKomoh merupakan kuliner khas Bali yang juga cukup populer di kalangan masyarakat Bali sendiri. Merupakan sejenis kuah sup dan ditambah dengan beragam jenis daging. Mulai dari daging ayam, entog, penyu, hingga daging babi. Karena itu, komoh punya cita rasa yang cukup nikmat di lidah.

Komoh biasa disajikan dalam sebuah mangkok kecil. Dan cara memakannya yakni dengan mendekatkan dan meminum kuah komoh dalam mangkok tersebut ke mulut menggunakan tangan. Atau bisa juga dimakan dengan cara biasa menggunakan sendok.

23. Jukut ares masakan khas Bali

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas Bali selanjutnya adalah Jukut Ares. Sebuah makanan yang bisa dibilang cukup unik karena menggunakan bahan anak batang pisang. Jukut berarti sayur dan ares adalah batang pisang.

Jukut ares adalah sejenis makanan sayur berkuah tradisional masyarakat Bali.

Batang pisang yang dipakai seringnya adalah jenis pisang klutuk (paling rekomendasi). Tapi bisa juga menggunakan jensi batang pisang lainnya seperti pisang raja.

Batang pisang mula-mula dikelupas sampai terlihat batang dalamnya yang berwarna putih. Lalu batangnya diiris tipis-tipis. Kemudian direndam pakai air garam dan dicampurkan, diaduk sampai halus dan irisan batang jadi lembut.

Biasanya makanan khas Jukut Ares ini disajikan dengan penambahan tulang babi atau ayam.

Bagi sobat yang sedang liburan ke Bali, jangan lupa untuk turut mencicipi nikmatnya makanan khas Bali bernama Jukut Ares ini.

24. Lontong Jukut Serapah

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehWalaupun namanya lontong, tapi lontong jukut serapah ini berbeda dengan kebanyakan jenis lontong yang ada. Lontong  ini berbentuk segitiga dan ukurannya lebih besar. Namun ada juga yang berbentuk bulat lonjong.

Penyajiannya adalah dengan cara dipotong kecil-kecil bersama sayuran rebus, seperti bayam, daun singkong, nangka atau jantung pisang. Dan yang paling penting yang membuat nikmat adalah siraman kuah kental di atasnya.

Makanan khas daerah Bali ini bisa dengan mudah ditemukan di penjaja makanan warung sederhana di Bali.Dengan harga yang cukup

25. Jaja Godoh / Godoh Gedang

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas Bali ini dinamakan Jaja Godoh. Makanan ini cocok disantap sambil bersantai bersama keluarga. Jaja Godoh ini lebih sebenarnya lebih familiar dikenal dengan nama pisang goreng. Karena memang terbuat dari pisang yang dibalut adonan tepung, kemudian digoreng. Namun dari segi  tekstrunya lebih krispi dan gurih manis dibanding pisang goreng biasa dari daerah lain.

Makanan khas Bali ini sangat universal bisa dinikmati oleh tua maupun muda. Bisa dengan muadh ditemukan di pasar-pasar tradisional atau penjaja makanan kaki lima. Jika berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencicipinya.

26. Jaja Bendu

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehAdalah salah satu makanan khas Bali yang berasal dari kawasan Jimbaran Bali. Panganan ini juga termasuk makanan khas yang termasuk kategori kue. Bahan-bahan pembuatannya termasuk sederhana dan jika mau, tiap orang bisa saja membuatnya dengan mudah. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula bali dengan campuran parutan kelapa di dalamnya. Dan dibungkus dengan daun pisang.

27. Jaja Wajik

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas daerah Bali yang satu ini bernama Jaja Wajijk. Merupakan makanan tradisional yang secara turun temurun tetap lestari di Bali. Karena sampai sekarangpun makanan khas ini masih sangat diminati oleh berbagai kalangan. Baik itu oleh masyarakat Bali sendiri maupun oleh para pelancong.

Makanan khas ini terbuat dari tepung beras ditambah gula merah. Soal rasa, jangan ditanya. Sungguh manis dan legit di lidah tentunya.

Seringkali kue ini dijadikan santapan

28. Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

Wisata Kuliner Makanan khas Bali yang enak dan cocok untuk oleh-olehMakanan khas Bali yang terakhir adalah Rujak Kuah Pindah. Merupakan perpaduan beragam macam buah-buahan yang masih segar. Ya mirip-mirip dengan rujak manis biasa. Beberapa jenis buah yang digunakan dalam rujak ini adalah seperti papaya, mentimun, bengkuang, belimbing dan lain sebagainya.

Keseluruhan buah dikupas dan diiris kecil-kecil.

Adapun yang mejadi pembeda dengan rujak lainnya adalah bahan pelengkapnya. Yang mana terbuat dari daging ikkan, terasi, cabai dan gara. Kesemua bahan tersebut digiling hingga halus. Tapi tidak ditambahkan dengan air karena kaldu ikan (kuah pindang) yang memang bentuknya sudah cair atau encer.

Terbayangkah bagaimana cita rasa buah segar dipadukan dengan kuah pindang. Terdengar aneh memang buat sebagian orang. Tapi inilah ciri khas makanan tradisional Bali yang punya sensasi tersendiri. Cobalah.

Penutup

Baik, mungkin cukup sekian pemaparan tentang wisata kuliner makanan khas Bali tradisional yang perlu kamu coba jika berkunjung ke sana. Bagi yang muslim juga jangan khawatir, karena di Bali juga banyak tersedia makanan bali yang terjamin halal.

Adakah di antara 28+ makanan khas Bali di atas yang menjadi favoritmu. Silakan dicoba manakala berkunjung ke Pulau Dewata ini.

Jadi selamat bereksplorasi ya. Akhir kata, cintailah wisata kuliner khas Indonesia.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment