17+ Makanan Khas Malaysia Paling Maknyus yang Harus Kamu Coba

Makanan khas Malaysia – Halo sobat Inspirilo sekalian. Apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan bahagia ya.

Bicara tentang Malaysia, apa yang terlintas di pikiran sobat manakala mendengar nama negera yang satu ini? Menara kembar Twin Tower kah? Upin & Ipin atau BoBoi Boy kah? Atau bahkan mungkin Siti Nurhaliza? 

Kalau memang itu yang terlintas di pikiran, sayang sekali karena saya tidak akan membahas kesemua itu di sini..hehe

Ya. Seperti judulnya, di postingan kali ini saya mau sedikit membagikan informasi berkenaan dengan makanan khas Malaysia.

Negara tetangga kita yang satu ini ternyata juga memliki banyak sekali makanan khas dengan rasa super mantap. Beberapa di antaranya bahkan ada yang telah mendunia. Dikenal banyak orang dari berbagai negara.

Beragamnya jenis makanan khas Malaysia juga tidak lepas dari pencampuran gaya kuliner. Pencampuran yang dimaksud adalah antara 3 etnis utama yang mendiami negara dengan julukan negeri Jiran ini. Yang mana kita ketahui 3 etnis tersebut adalah Melayu, Cina dan juga India. Hampir seluruh makanan khas malaysia adalah hasil pencampuran/perpaduan gaya kuliner dari ketiga etnis tersebut.

17 Makanan Khas Malaysia Paling Maknyus

Wisata kuliner Malaysia menawarkan begitu banyak pilihan panganan dengan rasa yang bikinnagih tentunya.

Dan berikut adalah daftar 17 makanan khas Malaysia yang terkenal dengan rasa paling maknyus. Jadi sobat bisa jadikan informasi ini sebagai referensi manakala ingin berwisata ke negara ini.

Langsung saja! Check theses out

#1. Nasi Lemak

makanan khas malaysia, nasi lemak malaysia, kuliner malaysia

zilzarlife.com

Barangkali Nasi Lemak adalah salah satu makanan khas Malaysia yang paling terkenal. Namanya yang unik seakan sudah melekat dengan kultur negera Malaysia. Nasi Lemak ini sendiri sebenarnya adalah makanan khas suku Melayu, yang juga meliputi kawasan Sumatra bagian utara, khususnya kepulauan Riau.

Selain itu kuliner jenis ini juga bisa ditemukan di Singapura ataupun Brunei. Namun mungkin dengan citarasa yang agak berbeda dengan Nasi Lemak Malaysia. Sehingga kuliner ini lebih dikenal berasal dari Malaysia.

Nasi lemak dimasak dengan penambahan santan kelapa untuk citarasa gurih yang khas. Kemudian untuk menambah aroma wangi juga ditambahkan daun pandan pada saat penanakan nasinya.

Adapun istilah lemak ini sendiri di Malaysia sana lebih merujuk pada rasa yang gurih. Yang mana rasa tersebut bersumber dari kandungan lemak nabati dalam santan kelapa yang dicampurkan.

Seperti dijelaskan di awal, Nasi Lemak ini sudah cukup dikenal khususnya oleh para pelancong pecinta kuliner. Bahkan sedari dulu, sudah ada yang membukukan perihal Nasi Lemak ini. Seorang tokoh bernama Sir Richard Olaf WInstedt menuliskannya dalam buku yang terbit pada tahun 1909. Judul bukunya adalah dengan judul The Circumstances of Malay.

Untuk penyajiannya sendiri, Nasi Lemak biasa dihidangkan dengan lauk telur rebus, atau telur dadar. Kadang juga telur mata sapi. Disesuaikan dengan selera penikmatnya.

Kemudian sebagai pemanis dan penambah citarasa, ditambahkan pula irisan mentimun, goreng ikan teri, ikan bilis. Dan tak lupa yang paling penting adalah sambal cabai dengan rasa pedas ala Malaysia yang khas. Semakin menambah nafsu makan tentunya.

Namun kini lauk yang disajikan juga bisa lebih bervariasi. Karena terkadang ditambahkan juga lauk seperti tempe, tahu, petai kacang panjang, ayam, cumi-cumi, kerang, udang dan lain-lain.

#2. Nasi Kandar

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia

sg.style.yahoo.com

Nasi kandar adalah makanan khas Malaysia yang juga sangat populer. Berasal dari kawasan Malaysia bagian Utara. Lebih tepatnya yaitu dari Pulau Penang.

Nasi Kandar adalah nasi kukus dengan bumbu yang disajikan dengan beragam macam lauk-pauk. Untuk cara penyajiannya juga tidak jauh beda dengan nasi lemak.

Nasi yang dihidangkan dalam hidangan nasi kandar biasanya diletakkan di atas sebuah wadah kayu setinggi tiga kaki.

Aromanya khas sekali. Nasi dilengkapi dengan beragam lauk pauk seperti ayam goreng, limpa daging, daging sapi, domba, udang atau cumi-cumi goreng. Tak lupa sayur mayur juga ditambahkan sebagai penetralisir. Sayur yang biasa disajikan adalah seperti terong dan labu pahit.

Kemudian campuran saus kari dituangkan di atas nasi. Semakin menambah citarasa khas dari Nasi Kandar Malaysia ini.

Adapun secara tradisional, penyajian lauk Nasi Kandar sendiri biasanya disajikan dalam satu tempat / mangkuk khusus. Meski demikian, campuran saus kari selalu langsung dituangkan di atas nasi.

Beberapa tahun terakhir ini, sudah banyak bermunculan banyak restoran di Malaysia dengan menu sajian utamanya yaitu Nasi Kandar. Jadi buat sobat yang berencana berlibur ke Malaysia, nampaknya juga harus mecoba mencicipi makanan khas Malaysia yang satu ini.

#3. Nasi Daun Pisang

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, nasi daun pisang malaysia

kompasiana.com

Selain nasi Lemak dan nasi kandar, ada satu lagi makanan khas Malaysia yang keberadaannya juga menjadi sangat iconic. Tidak lain dan tidak bukan adalah Nasi Daun Pisang Malaysia.

Makanan ini begitu popular di Malaysia. Dan menjadi salah satu daftar menu favorit untuk disantap bersama-sama anggota keluarga.

Adapun sebenarnya Nasi Daun Pisang ini berasal dari kawasan India. Namun banyak juga orang India yang hijrah dan menetap di Malaysia. Yang kemudian menjadikan jenis kuliner ini lebih terkenal berasal dari Malaysia.

Di Indoneisa sendiri sebenarnya tidak aneh menemukan makanan nasi dengan dibungkus daun pisang. Namun tentu ada bedanya. Letak perbedaannya yaitu pada bumbu dan jenis sayur mayur yang jadi lauk nasi. Dan satu lagi, yaitu ukuran dari daun pisangnya itu sendii yang dibuat lebih besar/lebar.

Bumbunya sendiri adalah bumbu kare. Kemudian disajikan dengan rendang ayam, dan telur goreng. Biasa ditambah juga beberapa jenis sayuran seperti kacang panjang.

Maka dari itu jika sobat berkunjung ke Malaysia tidak ada salahnya mencoba menikmati makanan khas satu ini. Rasakan sensasi makan dengan alas daun pisang ala Malaysia.

#4. Nasi Kerabu Malaysia

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, nasi kerabu malaysia

maggi.com

Makanan khas Malaysia berikutnya yang tidak kalah unik adalah Nasi Kerabu. Bisa dilihat dari tampilan foto di atas, nasi kerabu ini berwarna biru muda, atau kebiru-biruan. Yang mana sumber warna tersebut bersumber dari ekstrak kelopak kembang telang

Makanan khas ini berasal dari Pantai Timur Malaysia, lebih tepatnya yaitu kawasan Kelantan.

Kata kerabu sendiri memiliki arti yaitu campuran daun-daun mentah. Nasi ini memiliki aroma yang khas dan berbeda dengan nasi-nasi lainnya. Aroma tersebut berasal dari tumbukan dan irisan halus dari beragam rempah seperti kecombrang, kunyit dan kencur.

Bisa dibilang, Nasi Kerabu ini paling beda dengan jenis nasi-nasi lainnya yang telah disebut dia atas. Selain warnanya yang unik, lauk yang disajikanpun juga cukup beragam seperti ayam goreng, ayam percik, dan kerupuk.

Mengenai Ayam Percik juga ada pembahasan tersendiri di bawah. Karena termasuk juga dalam daftar makanan khas Malaysia yang wajib dicoba.

#5. Mee Kolok

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, mee kolok malaysia

mirifoodsharing.blogspot.com

Mee kolok atau Kolo mee adalah sejenis makanan berupa mie. Hampir mirip-mirip dengan Mie Ayamnya Indonesia. Mee Kolok berasal dari daerah Kuching, Serawak.

Mee Kolok kerap menjadi favorit para warga Malaysia dan juga para pelancong. Keberadaannya sudah sangat menyebar. Sehingga bisa dengan mudah menemukan untuk disajikan, baik itu di waktu siang maupun makan malam.

Mee kolo bisa dikatakan berbeda dengan sajian mie instan dari Asia lainnya. Karena tidak basah kusup dengan kuah dan kecap hitam. Biasanya disajikan dalam dua variasi. Ada yang polos dan ada juga yang dibumbui saus merah.

Selain itu juga sering ditambahkan dengan sup dan kecap untuk memberi tambahan cita rasa asin.

Jenis mie unik satu ini memiliki tekstur yang lebih kenyal daripada mie lainnya. Di bagian atas penyajian, biasa ditambahi dengan bawang goreng untuk menambah cita rasa khasnya. Hmm…sedap sekali nampaknya ya.

Tertarik untuk mencobanya?

#6. Ayam Pong Teh

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, ayam pong teh

friedchillies.com

Kuliner berikutnya yang juga menjadi makanan khas malaysia adalah Ayam Pong Teh. Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan sajian hidangan dengan ayam sebagai elemen utamanya.

Penyajiannya tidak hanya ayam, melainkan disajikan dengan tambahan jamur shitake dan juga kentang. Sehingga akan lebih puas dan lebih kenyang tentunya.

Tampilan daripada Ayam Pong Teh ini layaknya semur ayam kalau di Indonesia. Disertai dengan kuah kental berwarna kental. Rasanya gurih dan menggugah selera.

Ayam Pong Teh ini tentu lebih mantap jika disantap bersama nasi putih.

#7. Ayam Percik

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, ayam percik

sbs.com.au

Berikutnya yang juga tidak kalah terkenal sebagai makanan khas Malaysia adalah Ayam Percik. Makanan ini kalau kita buat padanannya dengan di Indonesia itu seperti ayam bakar atau ayam panggang. Cuma dari segi bumbu dan proses masak tentu ada perbedaaan.

Cara memasak ayam percik ini adalah dengan terlebih dahulu merendamnya kedalam racikan bumbu rempah. Kemudian dipanggang sehingga warnanya menjadi kecoklatan. Dan saat dipanggang atau dibakar tersebut, ayam diperciki dengan bumbu tambahan sebagai penyedap. Dan itulah penyebab kenapa kuliner ini dinamakan Ayam Percik.

Sebelum disajikan, biasanya Ayam Percik ini juga dilumuri dengan saus dan bumbu racik rempah-rempah ditambah dengan santan. Dan adapula yang dibuat dengan menambahkan bumbu cabai sehingga rasanya menjadi lebih pedas dan tentunya menggugah selera makan.

#8. Cekodok

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, cekodok malaysia

youtube.com

Cekodok atau Cokodok adalah sejenis kue gorengan / makanan ringan khas Malaysia. Memiliki nama lain yaitu jemput-jemput atau Cucur.

Bahan pembuatanya biasanya dari pisang dan terigu. Bahan-bahan tersebut digiling kemudian dijadikan adonan dengan penambahan bahan pengembanga seperti baking powder. Untuk kemudian dibentuk bulat dan digoreng .

Setelah matang, biasnya juga dilumuri dengan cairan gula merah untuk menambah rasa manis dari cekodok ini. Juga untuk menambah daya tarik dengan warnanya yang nampak kecoklatan.

#9. Burger Bakar

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, burger bakar

saji.my

Burger adalah sejenis Junk Food atau makanan yang kerap kali jadi menu utama di restoran cepat saji. Burger ini identik dengan negera-negea barat, seperti Amerika. Tentu kita tahu banyak sekali restoran cepat saji dari Amerika yang menyajikan burger sebagai salah satu menu andalannya.

Berbeda dengan burger kebanyakan, ada satu jenis burger di Malaysia yang terbilang unik. Tidak lain dan tidak bukan adalah Burger Bakar.

Secara umum, tampilannya sama saja dengan burger pada umumnya. Namun ada satu perbedaan yang mencolok, yakni dari daging burgernya yang dibakar. Artinya tidak dimasak di atas wajan datar seperti pada umunya.

Ini adalah salah satu inovasi dari warga Malaysia sendiri dalam mengelola makanan burger ini. Selain menambah daya tarik wisatawan, juga menambah cita rasa unik yang khas.

#10. Cucur Udang Malaysia

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, cucur udang malaysia

tumblr.com

Makanan khas Malaysia berikutnya yang juga terbilang unik adalah bernama Cucur Udang. Makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu, ditambah rempah-rempah dan tentunya udang. Kemudian digoreng menyerupai bentuk bakwan kalau di Indonesia.

Untuk mendapatkannya juga sangat mudah karena makanan ini bisa dibilang sudah sangat memasyarakat di Malaysia.

Tekstur daripada Cucur Udang ini sangat lembut dan cocok dimakan dengan ditemani saus sambal atau saus kacang. Atau bisa juga dijadikan makanan pelengkap mie Instan dengan tambahan telur rebus dan jeruk nipis di atasnya. Mantap.

#11. Kek lapis Serawak

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, kek lapis serawak

keeprecipes.com

Kek lapis Sarawak (Serawak Layered Cake) atau kalau dibahasa Indonesiakan berarti Kue Lapis dari Serawak. Adalah salah satu makanan khas malaysia yang juga cukup terknal. Sesuai dengan namanya, asal daerah dari makanan ini adalah Serawak Malaysia.

Kek lapis serawak sering dijadikan panganan yang disajikan pada saat hari raya Idul Fitri, acara ulang tahun ataupun pernikahan.

Kek Lapis Serawak sendiri bisa dibedakan menjadi dua tipe. Pertama adalah kek lapis biasa yang polos. Kemudian yang kedua adalah kek lapis motif. Namun walaupun polos atau biasa, tetap setidaknya harus memuat dua warna.

Adapun adonan daripada kek lapis ini adalah seperti adonan kue pada umunya. Yaitu mentega, susu, telur, tepung dll.

Kek lapis ini memiliki tekstur yang kenyal dan setiap lapisannya memiliki rasa manis yang pekat dan lengket. Jadi buat para pecinta makanan manis, kek lapis serawak ini sangat perlu dicoba jika berkunjung ke Malaysia.

#12. Keropok Lekor

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, keropok lekor

chasing320.com

Keropok lekor atau bisa disebur lekor saja adalah makanan khas malaysia berbentuk kerupuk. Negara bagian Trengganu adalah asal daerah dari makanan tradisional malaysia ini.

Lekor terbuat dari tepung ikan campur tepung sagu kemudian dibumbui dengan garam dan gula.

Adapun nama lekor sendiri berasal dari bahasa Melayu yang berarti gulung.
Jadi makanan ini biasanya dibuat dengan cara menggiling ikan dan sayuran kemudian dicetak sehingga berbentuk pasta. Lalu dicampurkan dengan sagu dan digoreng sampai rata.

Setidaknya ada 2 jenis keropok lekor. Yang pertama yaitu keropok lekor goreng dengan bentuk sosis. Rasanya lebih kenyal .

Kemudian yang kedua adalah keropok lekor dengan bentuk irisan.

Keropok lekor sangat cocok dimakan dengan sajian saus cabai. Sehingga bisa menambah cita rasa pedas dan khas yang menggugah selera.

#13. Char kway teow

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, char kway teow

thesmartlocal.com

Char Kway Teow kalau diartikan secara harfiah yaitu Kwetiau yang digoreng. Yakni sebuah makanan khas Malaysia berbentuk mie/kwetiau. Makanan khas ini cukup populer di Malaysia dan menjadi salah satu menu makanan favorit. Cara pembuatannya hampir sama dengan Kwetiau goreng yang sering kita temui di Indonesia.

Yang menjadi pembeda mungkin dari bumbu yang lebih kental. Dan penyajiannya yang seringkali ditambahkan tauge sebagai pelengkap.

Namun sayang makanan khas malaysia yang satu ini bisa dibilang kurang sehat. Karena mangandung banyak sekali lemak jenuh yang cenderung membahayakan.

Makanan ini biasanya juga jadi favorit para pekerja. Rasa yang enak dan harga yang murah menjadikan makanan ini selalu bisa jadi teman setia untuk disantap.

#14. Chee Cheong Fun

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, Chee Cheong Fun Malaysia

vkeong.com

Chee Cheong Fun dalam bahasa Inggris disebut Rice Noodle Roll. Artinya gulungan nasi mie atau bisa dierjemahkan juga sebagai nasi kukus.

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa makanan khas Malaysia ini adalah peranakan kuliner yang berasal dari Tionghoa.

Makanan ini berbentuk gulungan tipis yang terbuat dari mie beras. Kemudian diisi udang, daging sapi, sayuran dan bahan lainnya.

Uniknya, makanan ini juga sering disebut Mie Usus Babi. Bukan karena memang mengandung usus babi, tapi tekstur daripada mie beras dengan bentuk bulat menggulung menyerupai usus babi.

Adapun penyajian Chee Cheong Fun biasa sendiri biasa dilengkapi dengan tambahan saus manis hitam. Sehingga semakin menambah cita rasa mantap ketika menyantapnya.

#15. Bak Kut Teh

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, bak kut teh malaysia

limpehft.blogspot.com

Bak Kut Teh memiliki nama lain yaitu rou gu cha. Secara harfiah diartikan dengan teh tulang daging. Makanan ini merupakan salah satu peranakan kuliner dari budaya orang-orang Tionghoa yang menetap di Malaysia.

Namun di kawasan Sumatera bagian utara seperti Kepulauan Riau, makanan ini juga bisa ditemukan.

Adapun Bak Kut Teh adalah makanan sejenis sup dengan sajian utama tulang iga babi. Dimasak/direbus dengan racikan bumbu dan rempah-rempah sebagai kuahnya.

Dahulu Bak Kut Teh ini sering menjadi makanan para kuli pelabuhan. Dan daging yang dipakai merupakan sisa penjualan daging. Rasa yang enak dan harga yangmurah menjadikan makanan ini jadi favorit para kuli pelabuhan kala itu.

Bak Kut Teh ini memiliki beragam rasa yang dipengaruhi juga dengan jenis kuah yang dipakai. Yang mana ada beberapa jenis Bak Kut Teh yang dibedakan berdsarkan jenis kuah yang dipakai. Ada yang gelap dengan rasa asam dan ada juga yang bening.

Bak Kut Teh kerap disajikan untuk sarapan pagi. Namun tak jarang juga untuk makan siang.

#16. Karipap

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, Karipap malaysia

witness.theguardian.com

Berikutnya makanan khas Malaysia yang juga patut dicicipi adalah karipap.

Karipap adalah sejenis makanan ringan dengan bentuk dan tekstur mirip pastel kalau di Indonesia. Namun tentu ada perbedaan.

Biasanya pastel berisi bihun, irisan wortel, telur, dll. Namun karipap ini berisikan daging dan kentang. Bentuknya juga lebih besar biasanya. Jadi lebih mantap dan lebih mengenyangkan.

Terkadang juga ditambahkan lada hitam ke dalam isian karipap ini untuk menambah citarasa pedas khas Malaysia.
Adapun karipap ini juga ada banyak jenisnya. Dibedakan berdasarkan isian dagingnya. Ada yang diisi dengan daging sapi, ayam, sarden dan ikan.

#17. Apam

makanan khas malaysia, nasi kandar malaysia, kuliner malaysia, apam malaysia

malaysianfoodheritage-apam.blogspot.com

Makanan khas Malaysia berikutnya yang popular adalah Apam. Berbeda dengan makanan yang telah dibahas di atas, Apam ini adalah sejenis kue dengan rasa manis.

Apam atau biasa juga disebut Apom adalah salah stu kue tradisional di Malaysia. Berasal dari daerah Trengganu.

Kue Apam ini biasanya dibuat dengan berwarna-warni. Teksturnya lembut dan enak di mulut.

Kue Apam dibuat dari bahan-bahan adonan kue pada umunya. Yakni tepung beras, dengan campuran air dan gula, serta bahan tambahan lainnya. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah sejenis mangkuk kecil untuk dikukus.

Adapun penyajian kue apam ini biasanya sering ditambah dengan parutan kelapa di atasnya.

Enak sekali nampaknya ya..

Penutup

Nah itulah daftar dan penjelsan lengkap 17 makanan khas Malaysia yang harus kamu coba jika hendak beriwsata kuliner ke sana.

Negera malaysia memiliki budaya dan kuliner yang kaya seperti halnya Indonesia. Sangat cocok juga dijadikan sebagai alternatif liburan yang ekonomis. Mengingat jarak tempuh dari Indonesia yang cukup dekat, apalagi dari kawasan sumatra bagian utara.

Baik, barangkali cukup sekian saja artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Terima kasih.

Leave a Comment