Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Nikmati Jika Punya Website Pribadi

Di era informasi seperti sekarang ini yang namanya website bisa dibilang bukan suatu hal yang asing. Banyak orang  yang kesehariannya tidak bisa lepas dari interaksi dengan website. Terlebih dengan akses mudah dan leluasa melalui perangkat smartphone.

Contoh paling real adalah saat hendak mencari sebuah informasi ataupun panduan (tutorial) di Internet. Hampir pasti bahwa orang-orang jaman now akan membuka Google dan mengetikkan apa yang mereka cari dengan kata kunci tertentu. Sekali mengetikkan kata kunci, maka ribuan halaman website informasi akan langsung tersaji dan siap untuk disantap.

Inilah era di mana informasi bisa ditemukan dengan begitu mudah dan cepatnya.

Yang dijelaskan di atas adalah dari sudut pandang pengguna dan pencari informasi. Nah pernahkan kamu terpikir untuk berada di posisi sebagai penyedia informasi. Artinya kamulah yang nanti berperan menyajikan informasi yang dibutuhkan orang lain di Internet. Kamu yang punya website tersebut yang kemudian memiliki potensi untuk dikunjungi banyak orang di seluruh jagat internet. Pernahkan terpikir untuk punya website?

Manfaat Punya Website

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
unsplash.com

Emang apa untungnya kalau kita punya website dan dikunjungi banyak orang?

Pertanyaan yang mantab!

Jadi begini, sekarang ini eranya serba online. Apa-apa di-online-in. Nah tidak inginkah kamu meng-online-kan diri dengan website. Website bisa jadi media branding diri yang amat powerfull. Dalam bisnis online, website juga salah satu elemen penting dalam berbisnis online.

Intinya, dengan memiliki website kita bisai mendapatkan banyak benefit. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bisa meningkatkan tingkat kegantengan hingga 780 persen. Ciyus!

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
unsplash.com

Dengan memiliki website kita bisa lebih terlihat keren dan juga punya identitas online yang mantap. Jadi kalau ada yang nanya, “alamat facebook elo apa?” Kamu tinggal jawab : buka aja sarangsemut.com (semisal nama websitenya itu sarangsemut). Inilah yang sebenarnya harus dipelajari oleh pada kids jaman now.

2. Bisa menghasilkan uang via website

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemulaBukan hanya sekadar keren-kerenan, punya website juga bisa mendatangkan duit. Pernah dengar istilah ngepet online? Ya tentu bukan ngepet dalam arti sebenarnya. Intinya mencari uang di internet melalui website.

Ya jadi buat yang belum tahu, website itu bisa dipakai buat nyari duit begitu. Gimana caranya? Banyak. Salah satunya kamu bisa pasang iklan Google adsense. Sudah banyak cerita sukses dari program Adsense ini. Ada tukang angon bebek jadi jutawan (Eka Lesmana). Kemudian seorang kuli panggul bisa jadi hartawan (Henry Jhie). Dan seorang difabel bisa hasilkan ribuan dollar (Habibie Afsyah), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menjual ragam barang dagangan secara online melalui sebuah website. Dari situ tentunya kamu bisa mendapat pundi-pundi cring-cring alias duit.

3. Sebagai tempat untuk mencurahkan hobi menulis dan berbagi pengetahuan

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
unsplash.com

Bagi kamu yang doyan nulis, website adalah media yang sangat tepat untuk menuangkan pikiran dalam tulisan. Tulisan yang kamu buat kemudian bisa dengan mudah diakses dan dibaca oleh banyak orang di jagat internet. Dan bukan tidak mungkin bisa banyak orang yang akan terbantu dengan tulisanmu tersebut. Tidak sedikit orang yang pada akhirnya bisa menerbitkan buku sendiri dengan memulai karir menulisnya di sebuah website (blog).

4. Bisa berjejaring dengan blogger dari seluruh Indonesia

Manfaat berikutnya adalah bisa menambah teman sesama blogger. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali berdiri komunitas Blogger yang menjadi wadah silaturahmi para Blogger. Baik itu secara online maupun melalui Gathering Offline. Dari situ maka peluang kita memperlebar network pertemanan menjadi lebih luas. Kita bisa punya teman yang punya visi sama dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri mungkin.

Nah, tidak tergiurkah dengan manfaat ini?

5. Bisa dikenal sebagai Good Influencer yang memberi pengaruh positif

Dengan punya website, dan rutin mengisinya dengan konten positif maka lambat laun kamu juga akan dikenal oleh orang banyak di Internet. Status diri sebagai Influencer (pemberi pengaruh) pun juga bukan tidak mungkin akan kamu dapati. Masih terdengar asing memang, bahwasanya istilah influencer ini juga kini telah merujuk pada sebuah pekerjaan yang bergengsi. Bagaimana seorang yang punya basis masa pengikut di dunia online bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang mereka lakukan. Seperti para selebgram dan youtuber yang bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan dengan terlebih dahulu membangun brand dan pengikut loyal.

Adapun hal tersebut di atas juga bisa kita upayakan dan nikmati melalui perantara sebuah website atau blog.

***

Nah itu di atas hanya sebagian kecil benefit yang bisa didapat dari website. Masih banyak sebenarnya jika mau diuraikan lebih dalam. Tapi 5 poin di atas saya rasa sudah cukup untuk sekadar menyadarkan kita akan manfaat memiliki sebuah website.

“Ah.. itu kan kita mesti harus pinter IT? Bikin website kan susah!.” Eits. Kata siapa??

Bagi yang berkata seperti itu, saya jamin ia belum pernah mempelajari dan mencobanya. Karena setelah dicoba dan tahu caranya, niscaya kamu akan berkesimpulan bahwa membuat website sendiri itu sangat amat mudah. Bahkan bagi pemula sekalipun. Ya saya serius. Selagi kamu sudah bisa browsing  dan juga bisa mengetik, maka itu sudah cukup sebagai modal awal membuat sebuah website.

Buktinya adalah website yang saat ini sedang kamu baca. Ini adalah website hasil kreasi seorang yang tidak mengerti tentang pemrograman ataupun coding dan desain website. Tapi bisa membuat website blog yang lumayan keren..hehe #pede

Bagaimana cara membuat website?

Jenis website yang paling populer, terlebih buat personal atau perorangan adalah blog (web log). Lebih dari sekadar catatan web, blog juga kini bisa dibilang telah jadi komoditas online.

Para pemain blog disebut dengan ’blogger’. Blogger kini juga telah menjelma sebagai sebuah profesi yang tidak bisa dianggap remeh. Sudah bukan rahasia lagi kalau sudah banyak bukti orang yang berhasil meraup untung dari kegiatan blogging yang ia lakukan. Kegiatan berbagi informasi di internet, kemudian blognya banyak pengunjung. Dan terakhir menguangkannya dengan cara dimonetisasi atau diuangkan.

Blog merupakan aset online yang sangat berharga, terlebih jika sudah menghasilkan banyak pengunjung. Berbagai sumber monetisasi bisa kita peroleh dari sebuah blog yang punya reputasi bagus di mesin pencari dan menghasilkan banyak pengunjung.

Dan para generasi milenial para kids jaman now sudah seharusnya mulai belajar bagaiman caranya membuat website sendiri. Setidaknya membuat website jenis blog yang bisa dibuat dengan sangat mudah, bahkan oleh pemula sekalipun. Yang penting sudah kenal internet, bisa mengetik.

Pengalaman saya membuat Website Inspirilo dengan mudah

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
unsplash.com

Adapun di sini saya bukan mau memberikan tutorial detail tentang cara membuat website. Saya hanya akan menjelaskan secara garis besar caranya seperti apa. Dan semuanya murni bersumber dari pengalaman saya saat membuat blog ini. Hingga sekarang sudah menghasilkan jumlah pengunjung yang lumayan.

Oke sedikit flashback. Jadi website ini saya buat pada bulan Agustus 2017 lalu. Adapun saya tidak sendirian dalam membuat blog ini. Bersama sejumlah teman, saya tergabung dalam sebuah pondok bisnis online. Di tahap awal kami punya tugas untuk membuat website sendiri-sendiri. Dengan bantuan seorang guru/mentor di bidang website dan SEO kamipun mulai belajar sambil praktek bagaimana membuat sebuah website.

Adapun tahapan secara garis besar yang saya lewati dalam membuat website antara lain: menentukan platform yang akan digunakan untuk membangun website, di sini saya memilih platform WordPress Self Hosted. Kemudian menentukan nama domain website, lalu memilih web hosting hingga proses instalasi WordPress di hosting. Untuk kemudian website yang telah terinstal di hosting diisi artikel seperti yang sedang kamu baca sekarang ini. Baik berikut adalah penjelasannya:

  1. Memilih platform website

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemulaPlatform website blog yang paling terkenal dan banyak dipakai adalah blogspot dan WordPress.org.  Tapi di antara kedua platform tersebut, yang dirasa paling mantab untuk membuat sebuah website adalah wordpress (bukan wordpress.com). Dengan CMS (Content Management System) wordpess, proses pembuatan website bisa jadi sangat simpel. Tidak perlu keahlian programming, cukup klak klik sana sini, jadi. Kemudian secara fleksibilitas, juga wordpress lebih unggul, tersedia banyak plugin yang bisa memudahkan pekerjaan.

Namun untuk membuatnya setidaknya kita perlu keluar uang untuk membeli domain dan juga hosting. Berbeda dengan blogspot yang bisa gratis namun dengan fitur yang sangat terbatas. Blog yang sedang kamu baca ini pun menggunakan CMS wordpress.

  1. Memilih domain dan hosting

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemulaHal kedua adalah memilih domain dan Hosting. Apa itu domain dan Hosting?

Jika diibaratkan dengan sebuah rumah, maka domain adalah alamat rumahnya. Dengan adanya alamat rumah, tentu kita mudah dituju oleh oran yang mau berkunjung. Nah dalam website sendiri, domain juga disebut alamat web, yang biasanya berekstensi dot com. Misal inspirilo.com, detik.com dll.

Adapun hosting itu adalah rumahnya itu sendiri. Jika domain dianalogikan sebagai izin usaha, maka hosting bisa disebut sebagai kantor atau tokonya. Jika masih bingung terkait hosting, silakan baca artikel Hosting untuk pemula. Di sana menjelaskan tentang cara memilih hosting bagi yang baru mulai membuat website.

Mudah, murah dan menyenangkannya beli domain di DomaiNesia.

Baik domain atau hosting tersebut harus kita beli atau lebih tepatnya sewa secara tahunan. Sewanya di mana? Ya di perusahaan penyedia layanan domain dan hosting. Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan sejenis yang bisa dijadikan tempat menyewa domain dan hosting.

Namun dari sekian banyak perusahaan penyedia yang ada, saya sendiri memilih DomaiNesia sebagai tempat beli domain. Atas rekomendasi dari mentor yang mengajarkan saya tentang membuat website. Tidak heran beliau merekomendasikannya karena memang layanannya bagus dan terpercaya.

Selain itu harga domainnya juga terhitung murah ketimbang yang lain. Dan yang paling penting itu tidak ada Hidden Fee (Biaya tersembunyi) yang biasa diterapkan penyedia lain.

Kita hanya membayar jumlah sesuai dengan yang tertera di harga awal. Tidak ada tambahan biaya sekian persen untuk ini dan itu. Top deh pokoknya.

Kemudian satu lagi, cara pembayaran yang saya rasa sangat amat mudah. Saat itu saya meregistrasikan domain blog ini di DomaiNesia. Untuk pembayarannya saya menggunakan Internet Banking BCA.

Di layanan penyedia domain lain biasanya mengharuskan konfirmasi pembayaran setelah transfer. Namun beli domain di DomaiNesia ini bisa langsung aktif seketika setelah transfer pembayaran terkirim. Asalkan saat transfer mencantumkan nomor INVOICE di berita kirim Internet Bankingnya.

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
Email Aktivasi Domain di DomaiNesia sesaat setelah Transfer Via Internet Banking

Menurut saya ini sistem yang sangat canggih. Sistem DomaiNesia bisa dengan mudah mengenali transfer yang kita lakukan melalui kode invoice tersebut. Jadi sangat-sangat menghemat waktu karena tidak perlu mengisi form konfirmasi dan menunggu hingga status domain menjadi aktif.Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula

Waktu itu harga domainnya tertulis 99 ribu. Dan yang saya bayarkanpun persis segitu, tanpa ada tambahan fee lainnya. Enak banget kan. Jadi DomaiNesia ini saya rasa sangat recomended, terlebih buat pemula seperti saya.

CS nya juga sangat responsive dalam melayani setiap pertanyaan yang saya ajukan di Live Chat. Tidak rugi pokoknya langganan domain di sini.

  1. Instalasi website dan modifikasi + Isi konten

Setelah memilih dan membeli domain + Hostingnya, maka langkah terakhirnya adalah instalasi website. Dalam hal ini adalah instalasi WordPress di Cpanel Hosting. Tentang caranya, sobat bisa baca di cara membuat website sendiri. Di sana dijelaskan lengkap tentang tata cara membuat website dengan beragam CMS, termasuk wordpress yang saya gunakan di web ini.

Panduan hosting dan domain plus cara membuat website sendiri (blog) dengan mudah bagi pemula
DomaiNesia.com

Adapun tahapan selanjutnya setelah instalasi adalah modifikasi dan pengisian konten. Terkait hal tersebut, pembahasannya cukup panjang dan bisa sobat pelajari di situs-situs tutorial.

Perbedaan website dan blog

Di atas saya menyebut website dan blog. Mungkin ada yang bingung dan bertanya-tanya tentang website dan blog? Apa beda di antara keduanya?

Tidak usah bingung-bingung. Di bagian penutup ini saya akan coba bahas singkat keduanya. Pada intinya, semua halaman informasi yang ada di internet adalah disebut website (halaman web). Namun pada prakteknya secara umum, website itu dibagi ke dalam beberpa jenis. Dan salah satunya dalah website blog (web log) yang kalau diartikan berarti ‘catatan web’.

Jadi kesimpulannya, blog adalah salah satu jenis website dengan format seperti catatan (diary). Sebuah blog umumnya menampilkan urutan postingan dari yang paling baru di posisi atas. Dan yang paling lama di bawah. Seperti halnya Inspirilo Blog yang sedang kamu baca sekarang.

Adapun jenis website yang lainnya adalah kita mengenal website toko online dan juga social media. Untuk kedua jenis tersebut, nampaknya sobat juga sudah tahu ya. Jadi tak usah dijelaskan lagi.

Nah cukup segitu saja pemaparan tentang perbedaan website dan blog. Pada intinya sama saja. Sobat bisa menyebut blog sebagai website dan ataupun sebaliknya.

***

Sekian saja artikel tentang alasan kenapa harus punya website. Disertai dengan sharing pengalaman saya membuat website Inspirilo ini hingga bisa jadi seperti sekarang. Semoga ke depannya blog ini tetap bisa eksis dan update secara berkala. Demi memberikan informasi dan inspirasi kepada sobat sekalian.

Buat para kidz jaman now, yuk mari kita buat website. Biar makin gaul dan keren pastinya.

Leave a Comment