Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya

Niat Puasa Senin Kamis – Di artikel ini inspirilo akan membahas tentang puasa senin kamis. Dari mulai niat, tata cara, waktu pelaksanaan, doa berbuka hingga ke manfaat dan keutamaannya secara lengkap.

Puasa senin kamis adalah salah satu amalan yang hukumnya sunnah muakad. Artinya amalan ini sangat dianjurkan untuk bisa dikerjakan secara rutin oleh setiap muslim maupun muslimah.

Banyak sekali manfaat, khasiat, faedah dan keutamaan yang terkandung dari amalan puasa sunnah senin kamis ini. Baik itu dari segi medis maupun dari ukhrawi dalam bentuk pahala yang dijanjikan oleh Allah.

Puasa senin kamis juga bisa kita niatkan untuk meraih ketenangan hati, dalam rangka upaya kita dalam mencintai sang Rasul Muhammad SAW dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Terkait waktu pelaksanaannya sendiri sudah jelas, puasa sunnah yang satu ini dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis. Hari yang menurut Hadits Nabi SAW merupakan hari di mana catatan amalan kita disetorkan/dilaporkan oleh Malaikat pada Allah SWT.

Dan Nabi Muhammad SAW menyukai jika saat disetorkan catatan amalnya, beliau sedang dalam keadaan puasa. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA berikut ini.

Hadits dan niat puasa senin kamis serta doa berbukanya
Hadits Puasa Senin Kamis

“Wa an abii hurairota rodhiyalloohu anhu arrosuulillaahi saw. Qoola tu’ridhul a’maalu yaumal isynaini wal khomiisi fa uhibbu ayyu’rodho amalii wa anaa shoo immun”(rowahumuslim)

Artinya :”Dari Abi Hurairah RA. dari Rasululloh rasul bersabda, dilaporkan semua amal itu dihari senin dan hari kamis, aku suka dilaporkan amalku waktu aku puasa.

Sehingga Rasulullahpun menganjurkan kita yang mengaku sebagai umatnya juga untuk merutinkannya. Agar tatkala catatan amal kita disetorkan, kita ada dalam keadaan sedang menjalankan sunnah Nabi yang InsyaAllah terkandung nilai pahala di dalamnya.

Niat Puasa Senin Kamis

Doa niat puasa senin kamis dan keutamaannya
abiummi.com

Untuk memulai sebuah amalan baik, tentu patut kiranya kita awali dengan niat yang baik pula. Karena Inamal a’malu binniyat, sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya. Tak terkecuali dalam menjalankan amalan puasa sunnah senin kamis ini.

Tentang niat itu sendiri juga ditegaskan oleh Imam Nawawi rahihmahullah (1233 M-1277 M) dlm Raudhah at-Talibin, 1:268) bahwa:

“Tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya adalah hati. Dan tidak diisyaratkan harus diucapkan, tanpa ada perselisihan ulama…”

Baik, bagi kamu yang belum tahu bagaimana bunyi niat puasa senin kamis ini, berikut adalah lafadz arab dan latinnya.

Dan sesuai dengan namanya, niat puasa senin kamis, dibagi menjadi 2 (dua), yaitu niat puasa Senin dan Niat puasa pada hari Kamis.

1. Niat Puasa Senin

Di bawah ini adalah lafadz bacaan niat puasa sunnah pada hari senin. Di bagian bawah tersedia tulisan bacaan dalam huruf latin yang memudahkan.

niat puasa senin, Doa niat puasa senin kamis dan keutamaannya
Niat Puasa Senin

“NAWAITU SHAUMAGODIN MIN YAUMIL ITSNAINI SUNNATAN LILLAAHITA’ALA”

Artinya : “Niat saya puasa dihari Senin sunat karena Allah Ta’ala”

2. Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

Berikutnya adalah niat puasa sunnah pada hari kamis. Di bawah ini adalah lafadz niatnya dalam tulisan arab dan latin, lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia.

niat puasa hari kamis, Doa niat puasa senin kamis dan keutamaannya
Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

“NAWAITU SHAUMAGODIN MIN YAUMIL KHOMISI SUNNATAN LILLAAHITA’ALA”

Artinya : “Niat saya puasa dihari kamis sunnat karena Allah ta’ala”

Itu dia tadi bacaan niat puasa senin kamis dengan rincian puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Cukup singkat dan gampang buat dihafal tentunya. Akan lebih baik juga tentunya jika dipraktekkan dan diistiqomahkan. Selagi kita masih hidup, perbanyaklah amal ibadah, perkuat yang wajib, perbanyak yang sunnah. Insya Allah berkah.

Doa niat puasa di atas bisa kamu bacakan dan niatkan dalam hati pada waktu malam hari nya atau saat setelah melaksanakan ibadah sahur.

Doa Buka Puasa Senin Kamis | Tulisan Arab, Latin dan Artinya

niat puasa senin kamis beserta doa berbukanya, hadits, manfaat dan keutamaan
instagram.com/kartun.muslimah

Setelah menjalani puasa seharian penuh dengan didahului niat puasa senin kamis, tentu hal yang paling membahagiakan adalah saat-saat berbuka. Ya inilah kebahagiaan besar yang tidak mungkin dirasakan oleh umat lain. NIkmatnya waktu berbuka hanya bisa dirasakan oleh kita selaku muslim yang taat dalam berpuasa.

Seyogyanya saat menjalani buka puasa, kita juga panjatkan doa sesaat sebelum menyantap hidangan buka puasa. Agar pahala yang kita dapat dengan menjalankan puasa sunnah senin kamis bisa bertambah.

Berikut adalah lafadz bacaan doa buka puasa senin kamis dalam tulisan huruf arab, latin dan artinya yang bisa kamu baca dan panjatkan. Mintalah keberkahan dari Allah agar puasa yang telah ditunaikan diterima dan Nabi Muhammad SAW mengkaui kita sebagai ummatnya. Aamiin.

Silakan dibaca dan dipraktekan doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZKQIKA AFTHARTU, DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL ‘URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH.

Artinya :

Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Puasa Sunnah Senin Kamis ini punya fadilah, keutamaan dan keistimewaan di mata ALlah SWT. Setiap muslim yang menjelankannya, niscaya akan Allah balas secara langsung dengan pahala puasa.

Baik, itulah tadi lafadz bacaan doa buka puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Semoga kita semua bisa mengamalkannya.

Video Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis

Sebagai pelengkap dan untuk membuat bacaan doa buka puasanya lebih jelas, berikut kami juga sajikan video doa buka puasa Sunnah pada hari Senin dan Kamis. Semoga bermanfaat.

Tata Cara Puasa Senin Kamis Menurut Islam

niat puasa senin kamis beserta doa berbukanya, hadits, manfaat dan keutamaan
nu.or.id

Secara bentuk amalan, puasa Senin Kamis sama saja dengan puasa lainnya, seperti puasa wajib Ramadhan. Puasa senin kamis dilaksanakan 2 hari dalam sepekan, yakni pada hari senin dan kamis dari waktu terbit fajar hingga terbenamnya matahari pada petang hari.

Adapun terkait tata caranya, ternyata masih banyak yang beranggapan bahwas puasa senin kamis tersebut haruslah ditunaikan dua-duanya. Mereka menyangka kalau sudah menunaikan puasa pada hari senin dan tidak puasa di hari kamis, maka puasa sunnahnya jadi tidak sah.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Yang perlu kita pahami tentang hal ini adalah, bahwasanya puasa sunnah pada hari senin maupun kamis mempunyai nilai amalan sendiri-sendiri.

Dengan begitu, sah-sah saja ketika kita hanya menunaikan puasaa sunnah pada hari senin dan tidak puasa di hari kamisnya. Namun alangkah baiknya jika ditunaikan dua-duanya.

Adapun terkait tata cara detailnya sama saja sebagaimana puasa biasa. Diawali dengan melafalkan niat puasa senin kamis disesuaikan dengan harinya, sebagaimana tertulis di atas. Dan diakhiri dengan buka puasa pada saat matahari tenggelam dengan membaca doa buka puasa senin kamis yang juga telah ditulis di atas.

Waktu Sahur Puasa Senin Kamis

Akan lebih utama juga kalau tetap menjalankan keutamaan ibadah puasa, yaitu makan sahur.

Terkait waktu sahur puasa senin kamis sendiri juga sama saja dengan puasa pada umumnya. Seringnya dilaksanakan pada dini hari. Kalau di Indonesia bagian barat, kurang lebih sekitar jam 3 – 4 pagi, sebelum masuk waktu imsyak dan shubuh.

Pada beberapa kasus, kadang ada yang menayakan, bagaimana jika puasa senin kamis tidak makan sahur? Alasannya beragam, namun kebanyakan mungkin karena malas atau karena telah makan banyak di malam sebelumnya.

Sah-sah saja sebenarnya puasa sunnah tanpa sahur. Tapi mengingat dalam waktu sahur juga terdapat nilai ibadah, maka sayang rasanya jika tidak menunaikannya.

Rasulullah bersabda: ”bersahurlah meskipun hanya dengan seteguk air”.

Selain itu ibadah sahur adalah pembeda kita sebagai muslim dengan agama lain yang juga banyak yang menganjurkan puasa, walau dengan tata cara yang berbeda. Mereka para non muslim menunaikan puasa dengan tidak melaksanakan sahur. Kita sebagai muslim sebisa mungkin tidak meninggalkan amalan yang satu ini untuk kesempurnaan puasa yang dijalankan.

Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis beserta doa berbukanya, hadits, manfaat dan keutamaanSeperti dijelaskan pada pembahasan niat puasa senin kamis di atas, disebutkan bahwa puasa ini merupakan amalan sunnah yang dikerjakan 2 hari dalam sepekan, yakni pada hari senin dan kamis.

Adapun faedah atau keutamaannya adalah bisa menghapuskan dosa dan kesalahan kita di masa lalu. Selain itu, derajat orang yang mengerjakannya akan ditinggikan oleh Allah SWT.

Hari Senin dan Kamis adalah hari di mana catatan amalan kita diangkat pada Allah SWT. Oleh karenanya sangat disarankan bagi kita untuk mengisi kedua hari tersebut dengan menunaikan puasa sunnah.

Berikut sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan berpuasa.

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa.

Dikatakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

Setiap yang telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad pasti mengandung manfaat di dalamnya. Tak terkecuali dengan puasa sunnah Senin Kamis.

Hadits Puasa Senin Kamis

Doa niat puasa senin kamis dan keutamaannya
plus.google.com

Selain dari yang disebutkan di atas, manfaat dan keutamaan puasa senin kamis adalah sebagai upaya kita dalam meneladani kebiasaan Rasulullah.

Berikut adalah beberapa hadits puasa senin kamis yang di dalamnya kita bisa mengetahui keutamaan dari amalan sunnah yang satu ini.

1. Hadits Puasa Senin Kamis dari Siti Aisyah RA

Hadits dan niat puasa senin kamis serta doa berbukanya
Hadist Puasa Senin Kamis

“Wa an aa isyata rodialloohu anhaa qoolat : kaana rosuululloohi saw, yataharro shoumal istnaini waal khomiisi, rowaahutturmudziyyu waqoola : hadiitsun hasan”

Artinya : “Dari Siti Aisyah RA. Aisyah berkata saya melihat Rasululloh SAW sering berpuasa di hari Senin dan hari Kamis”

2. Hadits Puasa Senin Kamis dari Abu Qatadah RA

Hadits dan niat puasa senin kamis serta doa berbukanya
Hadits Puasa Senin Kamis

“An Abii Qotaa data rodhiyalloohu anhu anna rosuulalloohi saw, su ila anshoumi yaumil isy naini ? Faqoola : dzaalika yaumun walidtu fiihi, wayaumun busyitu, aw ungzila alayya fiihi”

Artinya :”Dari Abi Qotadah hari Senin itu hari kelahiran ku, dan hari di utus aku, atau diturunkan wahyu kepadaku”

Itu dia hadits puasa senin kamis yang bisa kita ambil hikmah dan pelajaran di dalamnya. Pada intinya jika Nabi SAW telah mencontohkan dan menjadi kebiasaan beliau berpuasa sunnah Senin dan Kamis, maka sebisa mungkin kita juga ikut meneladaninya.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

niat puasa senin kamis beserta doa berbukanya, hadits, manfaat dan keutamaan
masirul.com

Di bagian terakhir pembahasan niat puasa senin kamis ini, secara khusus kami sajikan manfaat puasa senin kamis ditinjau dari segi kesehatan.

Ya sudah bukan rahasia lagi kalau puasa itu memang menyehatkan. Tidak ada ceritanya orang jatuh sakit atau meninggal dikarenakan puasa. Secara medis, telah banyak pula praktisi yang mengakui khasiat puasa untuk menunjang kesehatan tubuh.

Apa sajakah manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan? Berikut uraiannya.

1. Detoksifikasi racun secara alami

Puasa senin kamis bermanfaat sebagai media detoksifikasi racun secara alami. Pola makan yang kurang terjaga, dan juga jarang olah raga bisa jadi sumber timbulnya racun dalam tubuh kita. Tentu hal itu sangat tidak sehat dan bisa membahayakan tubuh kita untuk jangka panjang. Dan sebagai penawarnya, maka bisa kita lakukan dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis.

Para pakar di luar sana juga telah sepakat bahwa dengan puasa, akan membuat tubuh secara aktif mematikan racun-racun yang ada (detoks). Di hari jumat, sabtu, dan minggu mungkin kita banyak makan makanan yang kurang sehat, maka pada hari seninnya didetoks dengan puasa. Dengan merutinkan puasa senin kamis, niscaya tubuh akan lebih sehat dan bugar dan pola makanpun terjaga pastinya.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat yang kedua yaitu untuk menurunkan berat badan. Ya metode diet paling ampuh sebenarnya adalah dengan puasa (menahan lapar). Bahkan Deddy Corbuzier pun dengan program diet OCD nya menyimpulkan bahwa inti dari OCD tersebut adalah puasa, walau dengan tata cara yang beda dengan puasa islami.

Banyak orang yang telah membuktikan bahwa dengan puasa, berat badannya bisa menurun secara alami. Namun tetap dianjurkan saat berbuka puasa untuk makan secukupnya, tidak membabi buta (rakus).

3. Mengistirahatkan oragan tubuh

Manfaat puasa senin kamis berikutnya adalah mengistirahatkan organ pencernaan. Setiap harinya organ pencernaan kita beraktifitas dalam menerima dan mencerna makanan yang masuk. Dengan melakukan puasa senin kamis, maka setidaknya kita memberikan istirahat pada organ tubuh selama dua kali sepekan, dengan interval waktu 2-3 hari sekali.

Maksudnya, pada hari Selasa Rabu kita makan (tidak puasa), maka pada hari kamis organnya diistirahatkan dengan puasa. Lanjut pada hari jumat, sabtu, dan minggu kita makan normal, maka pada hari seninnya puasa. Dengan pola seperti ini dipercaya bisa lebih menyehatkan organ pencernaan ketimbang mereka yang setiap hari makan tanpa pernah diselingi puasa.

4. Menyehatkan kulit / Peremajaan sel kulit mati

Berikutnya adalah manfaat dalam regenerasi kulit. Selain manfaat dari dalam tubuh yang disebut di atas, puasa senin kamis juga menyimpan manfaat untuk tubuh bagian luar, lebih tepatnya yaitu kulit.

Dengan melakukan puasa senin kamis dipercaya bisa membantu dalam proses peremajaan kulit. Karena dengan melakukan pola puasa Senin Kamis ini, metabolisme tubuh akan terjadi dengan lebih baik dan sehat.

Yang mana hal ini juga secara langsung berefek pada sel-sel kulit mati yang dapat terangkat secara alami. Untuk kemudian digantikan dengan sel kulit yang baru. Sehingga kulit tubuh / wajah pun bisa lebih bersih dan sehat, bahkan lebih kencang dari sebelumnya.

***

Masih banyak sebenarnya manfat yang bisa didapatkan dengan puasa senin kamis ini. Silakan diamalkan sendiri untuk merasakan manfaat lebih jauhnya lagi. Intinya tidak ada yang sia-sia dengan kita menunaikan amalan sunnah dari Nabi SAW.

Penutup

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang niat puasa Senin Kamis beserta keutamaannya yang bisa kita peroleh jika merutinkannya.

Seperti telah disebut di atas, bahwa dengan menjalankan puasa pada hari Senin dan Kamis itu hukumnya Sunnah Muakad (sangat dianjurkan). Untuk itu marilah kita latih diri kita untuk menunaikan secara istiqomah amalan sunnah yang satu ini. Karena tentu akan sangat disayangkan jika kita tidak menunaikannya.

Selain kondisi fisik yang bisa lebih fit atau sehat, dengan berpuasa kita juga tentunya mendapat pahala yang berlimpah. Dengan catatan, menjalankan puasanya semata-mata diniatkan karena ALlah ta’ala dan menunaikan sunnah Nabi-Nya.

 

Leave a Comment