[Review Jujur] Aplikasi Flip – Transfer Antar Bank Gratis Tanpa Biaya Admin

Review Flip – Halo sobat Inspirilo sekalian, di artikel kali ini saya akan mereview sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini terinstal di android dan cukup rutin saya gunakan. Ini adalah aplikasi yang fungsinya untuk bantu kita dalam urusan transfer uang antar bank secara gratis alias tanpa biaya admin. Sudah tau dong nama aplikasinya apa? Ya benar.. sesuai judulnya, aplikasi yang saya maksud adalah Flip – Transfer Antar Bank tanpa Biaya.

Sedikit flashback ke tahun akhir 2017 lalu di mana saya mendaftar aplikasi ini. Awal mula saya menemukan info terkait aplikasi flip ini saat mencari informasi kode bank di Google untuk keperluan transfer ke bank lain. Saya diarahkan pada halaman yang memuat info kode bank lengkap, dan itu adalah halaman website flip.

Dari yang tadinya mau langsung pencet tombol close tab, saya merasa tertarik dengan web tersebut. Yang kemudian baru saya sadari bahwa flip itu bukan sekdar web informasi, melainkan sebuah aplikasi layanan transfer begitu. Intinya di web flip ini intinya ngasih tau, bisa lho kita transfer beda bank tanpa biaya admin dengan memanfaatkan aplikasi flip.

Kita tahu bahwa transfer dari satu bank ke bank lain itu ada biaya yang harus dikeluarkan, biasanya 6.500 pertransaksi. “Apa bisa transfer beda bank gratis gak pake biaya admin?” Itu yang ada di benak saya waktu itu.

Cara Kerja Flip

review flip - aplikasi transfer antar bank gratis
flip.id

Akhirnya tanpa butuh waktu lama buat menjawab pertanyaan dalam benak, saya bisa paham apa yang ditawarkan. Intinya si flip ini jadi fasilitator atau pihak ke tiga yang membantu kita guna memangkas biaya transfer.

Gimana caranya? Simpel sekali. Contohnya:

  • Andi punya rekening BNI dan mau transfer sejumlah uang ke Roni yang rekeningnya BCA.
  • Dengan bantuan aplikasi flip, maka Andi tidak langsung transfer dananya ke BCA Roni.
  • Melainkan melalui rekening BNI milik flip.
  • Setelahnya Flip melalui rekening BCA bakal meneruskan transfer milik Andi ke BCA Roni.

Jadi otomatis tidak ada biaya admin kan. Ya sesimpel itu mekanismenya.

Dan ini solutif sekali sih menurut saya pribadi. Sebagai orang yang cukup sering bertransaksi secara online yang mengharuskan transfer uang ke orang lain, ini jelas membantu. Karena tidak jarang rekening tujuan transfer juga berbeda dengan rekening yang dipunya. Untuk sekali dua kali mungkin biaya admin 6.500 tidak terlalu terasa nilainya. Tapi kalau dikali 100 kali transfer missal, kan lumayan juga tuh. 🙂

Download Flip di Playstore

review flip
flip.id

Jadi singkat cerita saya langsung download aplikasi Flip di Playstore dan langsung melakukan registrasi dengan mengisi berbagai kolom isian, dari nama, no.hp, email dll.

Waktu itu sebelum akun flip-nya bisa digunakan, terlebih dahulu saya harus melakukan aktivasi dengan KTP di Alfamart dengan membayar sejumlah uang. Tapi saya juga lupa lagi nominalnya berapa, maklum sudah setahun yang lalu.

Ya cukup ribet memang untuk sekadar urusan verifikasi data dan aktivasi harus keluar rumah dan pergi ke minimarket. Tapi ya memang begitu prosedurnya. Terlebih flip ini memang sudah berizin resmi dan terlisensi Bank Indonesia. Jadi pastinya terjamin keamanannya dan orang yang mendaftar tidak boleh sembarangan dan harus benar-benar nyata sebagai warga negara yang sah.

Apa saja yang dilakukan Flip? – Fitur dan Keunggulan

flip - transfer antar bank gratisMenurut saya aplikasi flip ini sangat user friendly, artinya mudah untuk digunakan. Tampilan antarmuka yang cerah dan menu-menu yang gampang dimengerti bisa mendukung meningkatkan pengalaman pengguna saat mencoba aplikasi ini. Saya merasakannya sendiri.

Dulu pas awa-awal, gaya bahasa pengantar di flip ini cukup santai dan anak muda banget. Salah satunya yang paling terasa adalah sapaan “Kak” sebelum nama. Walaupun sekarang sudah tidak seperti itu, hanya sebut nama saja J. Oke itu tidak terlalu esensial buat saya.

Lebih menelisik ke dalam, bagaimana sih aplikasi besutan PT. Fliptech Lentera Pertiwi ini bekerja, apa saja keunggulannya, dan manfaatnya? Berikut adalah uraiannya yang saya jelaskan berdasarkan pengalaman.

1. Flip sudah mengcover banyak pilihan bank besar

Sejauh ini flip mendukung kita untuk melakukan transfer ke bank-bank lain yang populer.  Jadi kita bisa lebih leluasa untuk transfer bebas biaya admin ke banyak orang yang rekeningnya berbeda dengan yang kita punya.

Transfer dari dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, dan Muamalat tanpa biaya administrasi. Transfer dapat dilakukan ke siapapun, penerima tidak perlu memiliki akun Flip.

2. Otomatis mendeteksi nama pemilik rekening

Saat proses kirim uang, terlebih dahulu kita akan berhadapan dengan form isian Bank yang kita pakai, lalu bank tujuan transfer. Kemudian kita harus menuliskan nomor rekening tujuan di kolom yang tersedia, tanpa harus menuliskan kode bank.

Segera setelah nomor rekening tujuan dituliskan, maka sistem akan langsung mendeteksi dan menampilkan nama pemilik rekening yang kita tuju. Dengan begini kita bisa memastikan bahwa nomor rekening yang kita tuliskan itu tertulis dengan benar. Karena jika memang salah menuliskan nomor atau nomor rekening dan pilihan banknya tidak klop, maka sistem akan mendeteksinya sebagai error.

3. Kode unik yang memudahkan verifikasi

Setelah proses isian di atas, di tahap akhir kita bakal disuruh buat transfer sejumlah uang ke rekening flip (sesuai bank yang kita punya) yang mana nantinya akan diteruskan oleh flip ke rekening tujuan kita.

Nah untuk transfernya sendiri itu harus menyertakan kode unik 3 digit di akhir nominal transfer. Misal transfer 100.000, setelah ditambah kode unik jadi 100.050. Ya mirip-mirip kode unik saat belanja di marketplace. Sama-sama bertujuan buat konfirmasi otomatis. Artinya sistem sudah bisa mengenali bahwa transfer dengan nominal sekian adalah pengirimnya adalah kita. Jadi tidak perlu repot-repot konfirmasi manual.

Pertinyiinnyi…

Kode unik yang jumlahnya 3 digit itu juga uang kan, itu diambil flip ya? BIG NO.

Ya kode unik yang nominal ratusan itu tidak diambil oleh sistem perusahaan layaknya di marketplace, melainkan akan dikumpulkan di akun flip kita yang suatu saat jika sudah mencapai nominal tertentu bisa ditarik kembali ke rekening. Ya untuk sekali dua kali transaksi mungkin terasa kecil cuma seratus atau dua ratus lima puluh rupiah. Tapi kalau transfernya rutin, faktor x bisa berbicara banyak. Nominal dari pengumpulan kode unik itu bisa besar juga.

Jadi pastikan untuk transfer ke flip sesuai dengan nominal yang sudah ditambahi kode unik. Karena kalau transfernya tidak sesuai, sistem tidak akan membacanya. Dan kita harus konfirmasi secara manual. Kan repot.

4. Terlihat sisa jumlah antrean transfer secara realtime

Kemudian di tahap selanjutnya, jika kita sudah transfer ke flip, maka flip akan menampilkan urutan antrian kita secara realtime. Ya kita tahu bahwa yang minta bantuan flip untuk urusan transfer juga bukan 1 atau 2 orang, tapi bisa ratusan bahkan ribuan.

Jadi ada proses antre yang tentunya diurutkan bedasarkan yang duluan transfer. Tapi kabar baiknya, kita bisa secara realtime melihat dan melakukan tracking antreannya. Jadi kita tahu dan bisa mengestimasi kapan transferan kita akan diproses dan diteruskan ke rekening tujuan. Kalau saya sih biasanya langsung taruh saja HP nya, tau-tau transferannya selesai diproses aja.

5. Langsung dikirimi bukti transfer

Kita bisa lihat transparansi dari setiap proses di atas. Pun dengan validas bukti transfer. Jadi segera setelah transferan kita diproses, pihak flip akan secara langsung mengirimkan SS (Screenshot) bukti transfernya yang bisa langsung kita download. Dan bisa kita kirimkan ke orang atau penjual online yang rekeningnya kita jadikan tujuan transfer guna menguatkan bahwa kita telah transfer.

6. Ada laporan di notifikasi dan email

Selain ada notifikasi transfer sukses di aplikasi, flip juga mengirimkan rekapan transfer sukses ke email terdaftar.

7. Terdapat in-app live chat 

Fitur ini dapat digunakan guna membantu jika kamu mengalami kesulitan atau sekadar mencari teman ngobrol.

8. Bisa beli pulsa juga dengan harga murah

flip - transfer antar bank gratisFlip juga memiliki fitur PPOB yang dapat dapat membantu untuk isi pulsa dan kuota/paket data.

8. Hemat banyak

review flipYa tujuan menggunakan flip ini kan memang buat memangkas biaya transfer antar bank. Bisa lebih hemat pastinya. 6.500 kalau dikalikan 10 kan sudah 65 ribu. Bisa buat beli gorengan sekresek tuh.. hehe.

Lalu dii dashboard aplikasi flip juga akan terlihat berapa nominal yang berhasil kita hemat dengan menggunakan flip. Jangan salah sangka ya, itu nominal bukan saldo yang kita punya di flip.

Soalnya pernah ada teman saya yang salah sangka dengan nominal di dashboard itu. Pikiranya itu adalah saldo yang berhasil dikumpulkan. Saldo dari mana coba.. hehe.

Itu cuma nominal imajiner yang memberi tahu kita bahwa segitu lho nominal yang telah kita hemat selama menggunakan flip. Artinya jika kita transfer beda bank secara langsung tanpa flip, kita harus mengeluarkan uang segitu untuk sekadar biaya transfer. Jadi kalau bisa lebih hemat, kenapa tidak?

Kekurangannya?

flip transfer antar bank gratis
flip.id

Tentu tidak ada yang sempurna di dunia ini. Di balik seabreg keunggulan yang saya singgung di atas, flip juga menyimpan minus. Ya walau tidak banyak, beberapa kekurangan berikut mungkin bisa jadi pertimbangan kamu akan menggunakan aplikasi ini atau tidak. Karena dalam beberapa kondisi mungkin akan kurang mendukung.

  1. Tidak bisa proses transaksi saat weekend

flip - transfer antar bank gratisTidak jarang saya mau melakukan transfer beda bank dengan bantuan flip di hari ahad. Tapi sayangnya flip tidak dapat memproses transaksi kita pada hari tersebut. Jadi request transaksi transfer yang dilakukan akan diproses pada hari kerja keesokan harinya.

Kalau kamu merasa tidak masalah jika uangnya baru akan sampai esok hari, ya silakan bisa tetap dipakai. Tapi jika butuh saat ini juga transferannya bisa langsung masuk, tentu flip tidak bisa jadi pilihan.

  1. Antrean transfer cukup lama untuk tujuan bank-bank populer

Untuk hal ini sebenarnya bisa dimaklumi. Sudah dijelaskan di atas bahwa yang transfer ke flip itu jumlahnya banyak setiap waktunya, terlebih untuk tujuan bank-bank besar. Bisa sampai ratusan antreannya. Jadi transferan kita tidak akan langsung diproses, melainkan harus menunggu antrean atau giliran selama beberapa waktu.

Pernah transaksi saya ada di antrean 300 an begitu. Jadi ya cukup lama prosesnya sampai uang transferan bisa terkirim ke rekening tujuan. Jadi kalau perlu uang bisa sampai tanpa harus menunggu hitungan menit atau jam, misal karena darurat, ya lebih baik tidak gunakan flip. Transfer langsung saja, baik via ATM atau Internet Banking.

Penutup

Sejauh ini saya menikmati keberadaan flip di Android saya. So helpfull dan solutif sekali. Dan saya yakin saya tidak sendiri, banyak juga orang lain yang merasa terbantu karena keberadaannya.

Bukan saja karena sistemnya yang bisa membuat kita lebih berhemat, melainkan ada hal lain yang jadi pertimbangan pribadi saya. Bagi pengguna Bank BCA dan ingin melakukan transfer via Internet Banking ke bank lain tentu tahu kan bahwasanya prosesnya tidak bisa realtime langsung sampai.

Menggunakan layanan LLG, biasanya transfer baru sampai dalam 2-3 hari kerja. Dan dengan flip hal itu teratasi. Saya jadi bisa transfer ke beda bank secara langsung dari e-banking. Bukan cuma karena ingin hemat biaya admin, tapi juga lebih hemat dan efisien waktu.

Nah barangkali itu saja mungkin review jujur yang lebih ke cerita pengalaman saja tentang aplikasi Flip. Bagi yang mau coba merasakan sensasi transfer beda bank gratis, silakan langsung download aja aplikasinya di Playstore sekarang.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment