Review Viraltag: Cara Pintar Optimasi Pinterest Untuk Akselerasi Trafik Blog

Review ViraltagSocial media di era sekarang memiliki fungsi dan peranan yang begitu banyak. Apalagi dalam dunia blogging, kehadirannya sudah lebih dari sekadar tempat untuk upload atau update status keseharian. Bisa jadi tempat jualan atau personal branding untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Bagi seorang blogger, socmed bisa dijadikan sebagai sumber trafik alternatif menuju blog yang dikelola. Kenapa saya sebut alternatif? Kita tahu kalau sumber trafik utama dan paling bagus itu adalah yang organik dari Search Engine seperti Google.

review viraltag untuk optimasi PinterestUntuk menjaring trafik dari Google diperlukan serangkaian upaya yang disebut SEO (Search Engine Optimization). Caranya cukup kompleks dan butuh waktu yang tidak sedikit supaya blog bisa nangkring di page one dengan kata kunci yang dibidik. Apalagi jika tingkat persaingan keyword yang digarap itu tinggi.

Seperti misalnya blog berbahasa inggris dengan target pengunjung dari negara-negara premium seperti Amerika dan Inggris (yang kita tahu punya nilai CPC yang gurih-gurih enyoy). Keyword-nya rata-rata punya tingkat persaingan tinggi, secara kompetitor tersebar di seluruh penjuru dunia. So pastinya membutuhkan perjuangan yang cukup ‘berdarah-darah’ buat mencapai rank atas di Google Search.

Maka dari itu, untuk kamu yang baru mulai bangun blog target pengunjung luar negeri bisa memanfaatkan trafik dari Social Media sebagai sumber trafik. Dan dari sekian banyak platform socmed yang ada maka yang paling cocok untuk tujuan kita di atas adalah Pinterest, bukan Facebook, Google + ataupun lainnya.

Kenapa Pinterest?

optimasi pinterest dengan viraltag
pinterest.com

Pinterest adalah media sosial yang berfokus pada konten visual (gambar). Orang-orang bisa menemukan jutaan ide segar terkait tutorial dan lifehacks di sini. Maka tak ayal kalau sebagian orang juga kerap menyebut Pinterest juga sebagai Search Engine (mesin pencari). Karena diasa peranan dan kegunaannya lebih dari sekadar social media.

Adapun untuk orang Indonesia mungkin masih banyak yang kurang familiar menggunakan Pinterest dalam bersocmed sebagaimana halnya facebook atau instagram. Namun di negara barat atau Amerika sana, orang-orang sangat aktif berselancara di Pinterest. Ya memang mungkin karena pola perilaku bersosial media kita berbeda dengan orang-orang di luar negeri.

Perlu kamu ketahui juga bahwa Pinterest adalah salah satu platform socmed dengan jumlah pengguna terbesar. Total ada sekitar 100 juta lebih pengguna Pinterest yang tersebar di seluruh dunia. Menurut riset, para pengguna aktif rata-rata menghabisakan waktu berselancar di Pinterest selama 90 menit perhari. Sehingga sangat mungkin untuk kita menjaring trafik ke blog, khsusunya blog bule dengan memanfaatkan platform ini.

Dan memang pada kenyataannya, di Amerika sana Pinterest adalah sumber trafik kedua terbesar setelah Google Search (Pencarian Google).

Selain itu yang lebih penting lagi adalah durasi viral di Pinterest itu relatif jauh lebih lama ketimbang socmed lain. JIka di Facebook kita menemukan berita viral, paling banter bertahan sampai 1-2 hari saja. Setelah itu, langsung hilang dan tidak viral lagi. Lain halnya dengan Pinterest, jika satu Pin telah viral dan trending, itu bertahannya bisa sangat lama, bisa sampai 1 bulan. Efeknya website kamupun  nantinya bakal kebanjiran trafik secara gratis. Sama seperti halnya trafik dari SEO yang bisa bertahan sangat lama.

Cara Optimasi Akun Pinterest dengan Viraltag

review viraltag untuk optimasi pinterest
viraltag.com

Dalam platform social media apapun, sudah jadi hal yang mutlak bahwa jika ingin mendapatkan hasil maksimum, maka kita dituntut untuk bisa aktif dalam memposting konten di dalamnya.

Jika di Facebook disebut status, di Twitter ada tweet, maka konten Pinterest disebut Pin. Semakin sering kita Nge-pin (upload Pin), maka reputasi akun Pinterst akan semakin bagus yang pada nantinya bisa menjaring banyak Impresi serta follower yang bisa dikonversi menjadi trafik website.

Jadi pada intinya, optimasi akun Pinterest adalah mengupayakan supaya akun dan board (tempat menaruh Pin di Pinterest) mempunyai engagement (jangkauan) dan follower yang banyak.

Review Viraltag dengan Segala Keunggulannya

Review Viraltag - Logo Viraltag - toos untuk optimasi PinterestBisa disimpulkan bahwa semakin kita konsisten dan teratur dalam melakukan pin maka akun dan Board Pinterest kita akan lebih cepat berkembang. Reputasi akun kita akan baik karena selalu aktif dan pada jangkauan pemirsa / impresi bisa meningkat secara signifikan.

Namun masalahnya tidak semua orang punya waktu untuk secara aktif dan teratur ngepin dalam jumlah banyak. Sekalipun ada waktu, pasti juga tidak sebentar, belum lagi harus konsistennya itu lho.

Tapi tenang, tiap masalah pasti ada solusi. Guna menjawab keluhan tersebut di atas, maka kita bisa menggunakan satu buah tools (alat bantu) untuk membantu kita dalam mengembangkan dan mengelola Pinterest secara otomatis. Bagaiamana bisa otomatis? Bisa banget.

Berikut sekalian saya kenalkan, nama toolsnya yaitu Viraltag. Dari namanya saja sudah sedikitnya tergambarkan gimana fungsi dari tool ini ya kan.

Fungsi dari tools ini pada intinya adalah sebagai alat untuk kita bisa menjadwalkan Pin dalam jumlah banyak untuk beberapa waktu ke depan.

Sehingga akun Pinterest kita nantinya akan secara otomatis terisi dengan pin-pin gambar yang telah di-schedule. Cuma butuh sedikit waktu untuk sekadar setting waktu schedule dan interval waktu dari pin satu ke pin berikutnya. Sisanya biarkan Viraltag yang berkerja membangun Profil Pinterest kamu. Serasa punya karyawan sendiri jadinya.

Oke biar lebih mantap, langsung saya paparkan saja beberapa keunggulan Viraltag yang membuatnya layak untuk dicicipi oleh para pebisnis online seperti kamu. Setidaknya ada 10+ keunggulan yang saya rasakan setelah seminggu ini mencicipi Viraltag. Check it out!

1. User Friendly Banget (Ada Extension Chrome-nya)

review viraltag - extension chromeSelain Viraltag sebenarnya masih banyak tools dengan fungsi kurang lebih sama, yaitu untuk melakukan scheduling Pin. Namun Viraltag boleh dibilang punya kelebihan lain yaitu dari segi Interface yang sangat user friendly, artinya yang newbie sekalipun bisa dengan mudah mengoprasikannya. kalaupun bingung juga ada halaman dokumentasi yang sudah jelas dan mudah diikuti.

Kita juga akan sangat dimudahkan atas kehadiran Viraltag Extension Chrome yang memudahkan dalam proses nge-pin. Kita bisa mengambil atau scrape banyak konten dari banyak sumber dengan mudah menggunakan extension Viraltag ini. Kamu perlu coba sendiri untuk merasakan kemudahannya. Download Extensionnya di sini.

2. Scheduling Post (Hemat Waktu)

Dari atas juga sudah dijelaskan pentingnya untuk kita bisa terus mengupdate konten Pinterest secara teratur, maka dari itu untuk kita yang waktunya terbatas dan tidak mungkin sepanjang hari cuma melototin Pinterest, maka Viraltag dengan fitur unggulannya mampu mengatasi masalah tersebut.

Fitur scheduling atau penjadwalan postingan di Viraltag memungkinkan kita untuk menjadwalkan unlimited post/gambar untuk di-schedule di hari dan jam serta interval waktu semau kita. Pokoknya kita yang ngatur di awal, cuma butuh waktu beberapa menit. Sisanya Viraltag yang bekerja buat kita seharian secara otomatis mengupdate konten pin di profil pinterst kita. Asyik kan.

3. Otomatis Terhubung dengan Board Pinterest

review viraltag - board pinterest

Saat melakukan scheduling, kita begitu dimudahkan karena Viraltag sendiri secara otomatis akan mendetek setiap Board yang kita punya. Untuk kemudian disajikan dalam bentuk list seperti tampilan di atas. Jadi saat melakukan penjadwalan, kita tidak akan bingung saat hendak menempatkan pin di board yang dituju. Cukup klak and klik, semua beres.

4. Pelayanan CS yang Super Prima

review viraltag - csViraltag dengan superteam-nya adalah satu kesatuan. Pelayanan dari customer help service nya sangat luar biasa, cepat dan responsive dalam menjawab setiap keluhan.

Terlebih dengan adanya fitur live chat di bagian kanan bawah layar. Kamu bisa ajukan pertanyaan terkait Viraltag lewat situ. Biasanya ada mba Apoorva atau mas Anthony (hehe.. udah kayak orang Jawa) yang siap melayani.

5. Bisa Explore Gambar Populer yang fresh untuk Di-pin

review viraltag - konten populerSocial media dan Viralitas adalah tidak bisa dipisahkan. Setiap harinya pasti akan ada konten yang Viral / trending di Social Media. Tak terkcuali di Pinterest.

Dengan mengupload konten yang Viral, akan sangat berdampak baik bagi profile kita dan juga bisa membuat follower menjadi senang karena ia mendapat konten terbaru. Nah dengan bantuan Viraltag, kamu bisa mengeksplor konten yang trending untuk kemudian dischedule Pin di akun Pinterest-mu.

6. Kalender Schedule yang Simple but Powerfull

review viraltag - scheduling postStop pusing-pusing dengan data-data di spreadsheet berisi daftar postingan terjadwal. Di Viraltag kita disediakan kalender dan jadwal Pin sesuai yang telah kita setting. Jadi kita bisa melihat secara jelas bagaimana urutan Pin yang nanti bakal terupload ke Pinterest. Adapun jika perlu diedit deskripsi atau waktunya, cukup klik saja lalu edit dan save. Keren dah pokoknya.

7. Tersedian Traffic Analytics dan Best Time to Post Suggestion

review viraltag - analytics Selain semua hal di atas, Viraltag juga menyediakan data akurat terkait impressi dan trafik yang didapat oleh Pin kita di Pinterest. Data yang disajikan digenerate dari Google Analytics. Jadi kita bisa menghubungkan Viraltag ke Analytics untuk bisa mengetahui bagus tidaknya pin yang telah dipublish.

Juga tersedia grafik best time to post yang menyuguhkan data waktu, jam berapa yang terbaik untuk kita nge-pin. Data yang disajikan adalah berdasarkan pada kinerja Pin yang telah dipost sebumnya.

Dengan data ini, kita jadi bisa lebih mengoptimalkan penjadwalan Pin yang kita lakukan di Viraltag untuk hasil yang maknyus di Pinterest.

Berikut adalah tampilan grafiknya.

review viraltag - best time to post

8. Dijamin Aman

Ini yang paling penting, yang namanya tools untuk scheduling otomatis pasti haruslah aman dan sesuai dengan TOS (Term Of Service) Pinterest-nya. Artinya peranan dan fungsi tools yang digunakan jangan sampai menyalahi ketentuan yang telah digariskan oleh Pinterest, seperti posting yang bersifat spammy. Bukannya tumbuh, akun Pinterestnya malah tumbang (banned) nanti.

Nah Viraltag ini InsyaAllah aman, karena kita bisa mengatur jumlah schedule Pin sesuai yang dikehendaki beserta interval waktu dari Pin satu ke Pin berikutnya dengan sangat mudah. Sehingga proses Pinning tidak menjadi spammy sekalipun dilakukan oleh robot Viraltag secara otomatis.

9. Terintegrasi dengan Canva

canva integration - review viraltagUntuk menghasilkan Pin yang trending dan viral di Pinterest diperlukan tampilan Pin / gambar yang ciamik sedap dipandang. Untuk seorang yang tidak punya keahlian design seperti saya, bisa memanfaatkan situs untuk membuat desain gambar yang bagus. Salah satunya yang paling powerfull adalah Canva. Dengan situs ini kita bisa membuat gambar Pin untuk pinterest dengan desain yang menggoda iman dengan sangat mudah karena tinggal drag n drop.

Kabar baiknya, Canva ini sudah terintegrasi di Viraltag. Artinya kita bisa mengatikan akun Canva di Viraltag untuk keperluan membuat design gambar bagus untuk dipos di Pinterest atau socmed lainnya. Menarik sekali, bukan.

10. Bukan cuma buat Pinterest

review viraltagDi bagian awal atau home, secara tegas Viraltag mengclaim dirinya sebagai The # 1 Social Media Marketing Tool for Sharing Visuals. Jadi kendati cenderung lebih identik dengan Pinterest, ternyata Viraltag juga bisa sebagai pengelola dan penjadwal Platform Socmed lainnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan Tumblr. Luar biasa bukan? Dengan satu tools sederhana dengan fungi sensasional ini, pekerjaan kita bisa lebih cepat selesai secara efektif.

11. Pricing Ekonomis, banyak DISKON, bahkan bisa Gratis Pakai Berbulan-bulan

review viraltag - gratis 6 bulanDengan segudang fitur yang saya sampaikan di atas, mungkin kamu berpikir kalau biayanya sangat mahal. Tau sendiri kan kalau tools luar negeri itu kadang cukup bikin geleng-geleng kepala harganya.

Namun nyatanya, Viraltag mampu memberikan harga yang kompetitif dan terjangkau. Dengan biaya langganan sebesar sekian $9.9 (Blogger Plan), kamu bisa memanfaatkan fitur Viraltag selama sebulan penuh.

Suka yang gratisan? (Pasti lah ya.. hehe). Tenang, Viraltag juga menyediakan penawaran untuk kita bisa menggunakan layanannya secara GRATIS 100%. Ya ini serius. Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa menikmatinya secara cuma-cuma selama 6 Bulan full. Caranya adalah dengan membuat tulisan review jujur dan unik (seperti post ini) di blogmu tentang Viraltag.

Kemudian meminta pihak sana Viraltag untuk lakukan peninjauan. Jika artikel reviewmu disetujui, maka selamat kamu dapat gatis 6 bulan pakai tools fenomenal ini. Bagaimana? tertarik untuk mencoba? Silakan daftar Viraltag di sini (link affiliate saya).

Dengan mendaftar melalui link affiliate saya, kamu bisa mendapatkan extra bonus $30.. lumayan kan :). Bonusnya langsung nanti akan ditambahkan ke credit akun Viraltag yang bisa dipakai untuk memperpanjang layanan.

Konklusi

Sebagai proof, berikut saya sajikan SS akun Pinterest saya yang telah berisikan sekitar 580 Pin yang telah terposting secara teratur dengan menggunakan Viraltag. Secara perlahan, total Monthly Viewers dan follower pun bertamah secara alami.

review viraltag untuk menjadwalkan Pin dan meningkatkan follower pinterest

Nah itulah tadi sekelumit fitur unggulan dari Viraltag yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan akun Pinterest atau akun Social Media lainnya secara profesional. Akun socmed kita bisa selalu aktif mengupdate konten secara teratur dan otomatis. Jadi bisa deh ditinggal liburan atau ngurus pekerjaan lain. Asyik banget kan.

Sekian artikel tentang Review Viraltag ini. Masih banyak sebenarnya keunggulan lainnya dari fitur Viraltag ini.

Silakan jika teman-teman punya daftar keunggulan lainnya dari tools yang satu ini untuk tulis dan cantumkan di komen bawah ya.

Akhir kata, semoga bermanfaat.

Leave a Comment