3+ Cara dan Teknik Membaca Cepat Agar Kecepatan Baca Naik 3x Lipat

Teknik Membaca Cepat – Sekarang adalah eranya informasi. Setiap informasi yang kita butuhkan bisa dengan cepat tersaji. Salah satunya dengan keberadaan internet. Dulu mencari informasi hanya bisa dilakukan di perpustakaan melalui media buku. Ataupun melalui media elektronik seperti berita tv atau radio.

Namun kini dengan hadirnya internet, semakin memudahkan orang dalam mengakses setiap informasi yang dibutuhkan. Baik itu berupa berita terupdate maupun informasi yang sifatnya edukatif atau pengetahuan.

Dan sebagai orang yang hidup di era milenial, kita juga tak boleh ketinggalan. Tidak boleh kudet (kurang update) dengan informasi terkini. Karena persaingan hidup yang kian ketat.

Kaitannya dengan hal itu, secara tidak langsung kita dituntut untuk bisa menyerap informasi dalam waktu cepat dan efektif.

Atas dasar hal tersebut, maka diperlukan yang namanya kemampuan membaca yang baik. Karena seperti kita tahu, informasi yang beredar sebagian besar berbentuk teks / tulisan. Yang mana untuk bisa tahu isinya, mau tidak mau harus dibaca.

Namun juga bukan sekadar kemampuan membaca. Karena kalau cuma membaca, semua orang pasti bisa. Tapi lebih dari itu, yang dimaksud di sini adalah tentang kemampuan membaca cepat.

Ya dalam postingan ini, kita akan membahas tentang teknik membaca cepat. Apa pentingnya membaca cepat? dan bagaimana caranya agar bisa memiliki keahlian membaca cepat?

Tapi sebelum masuk ke situ, kita juga perlu luruskan dan samakan persepsi dahulu. Persepsi tentang perngertian dari konsep membaca cepat itu sendiri seperti apa. Mari kita mulai.

Pengertian membaca cepat

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

unsplash.com

Membaca cepat artinya membaca secara cepat. Sesimpel itu kah? Jelas tidak. Konsep membaca cepat yang dimaksud di sini bukanlah membaca tulisan dengan bersuara lantang secara cepat. Bukan! bukan itu maksudnya.

Lebih dari itu, konsep membaca cepat adalah tentang bagaimana kita bisa membaca sebuah bacaan dengan efektif. Mampu mengambil intisari / kesimpulan dari bacaan tersebut dan dilakukan dengan tempo waktu yang terbilang cepat. Seperti itu kira-kira.

Dan konsep membaca cepat ini juga ada tekniknya yang harus dipelajari. Jadi bukan cuma ‘menulis’ yang ada tekniknya, ‘membaca’ juga.

Karena cara membaca cepat sangatlah berbeda dengan membaca biasa.

Cara membaca cepat tidak dengan membaca perkata atau bahkan persuku kata. Ada beberapa teknik yang sebenarnya bisa dipraktekkan dengan mudah untuk bisa menguasai skill ini.

Dan itu sangatlah penting untuk dipelajari. Dalam rangka menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang pesat ini.

Kenapa perlu menguasai teknik membaca cepat?

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

unsplash.com

“Kenapa sih perlu repot-repot segala belajar membaca cepat? Bisa baca biasa saja kan sudah cukup?”

Yakin sudah cukup?!  Begini lho, banyak sekali sebenarnya benefit dan keuntungan yang bisa kita dapatkan jika mempunyai skill membaca cepat (Speed reading). Dan kalau kamu sadar akan hal itu, nampaknya kamu juga akan menyesal kenapa tidak mempelajarinya sejak lama.

Berikut adalah beberapa alasan yang mendasari perlunya penguasaan teknik membaca cepat.

1. Bisa menyelesaikan bacaan dengan lebih cepat

Apakah kamu termasuk orang yang doyan membaca? Suka koleksi buku sampai jumlah yang banyak, tapi tidak pernah selesai membacanya? Alhasil buku yang dibeli Cuma jadi hiasan. Apakah kamu seperti itu?

Jika iya, coba tanyakan pada diri sendiri? Apakah penyebabnya? Karena malas kah atau karena kewalahan / overwhelmed?

Atau bisa jadi kamu masih membaca buku dengan cara standar/biasa. Kamu mungkin belum memiliki skill membaca cepat yang diperlukan untuk melahap isi informasi dalam setiap buku dengan lebih cepat.

Ya dengan memiliki keahlian membaca cepat, kamu bisa dengan lebih cepat menyelesaikan setiap buku yang dibeli. Sehingga bukunya bukan hanya jadi pajangan semata.

2. Lebih efisien dan efektif waktu.

Hal yang kedua ini jelas berkaitan dengan poin nomor satu di atas. Dengan memiliki kemampuan membaca cepat, maka waktu yang diperlukan untuk menghabiskan sebuah bacaan bisa lebih ditekan. Sehingga lebih hemat, efisien dan efektif tentunya.

3. Pengetahuan lebih luas

Untuk yang satu ini barangkali sudah pada tahu semua ya. Dengan banyak membaca buku, pengetahuan kita akan semakin luas. Ada pepatah lama yang menatakan, “buku adalah jendela dunia”. Agak klise memang ya, tapi memamg benar adanya. Lewat buku, kita bisa mempelajari beragam ilmu.

Tidak hanya dari buku, informasi dari internet yang bejibun juga merupakan sumber pengetahuan yang luas. Dan kemampuan membaca cepat sangatlah diperlukan agar bisa menyerap informasi dan ilmu secara lebih efisien.

4. Sebagai bahan bakar ekstra untuk bisa menulis cepat

Banyak informasi seputar teori kepenulisan bertebaran di internet. Bahkan banyak juga kursus atau sekolah kepenulisan yang diselenggarakan baik secara offline maupun online.

Tapi untuk urusan membaca cepat, rasanya masih terbilang langka ditemukan. Ya ada sih, tapi tidak sebanyak informasi atau panduan penulisan.

Padahal pada kenyataannya, membaca dan menulis itu adalah sebuah kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Semua penulis terkenal menjejali pikirannya dengan bacaan-bacaan berkualitas setiap harinya.

Ya, hampir mustahil ada penulis best seller yang malas membaca. Semuanya pasti rajin membaca. Dan kemampuan membaca mereka pastinya sangat baik dan di atas rata-rata.

Jika kegiatan menulis itu diibaratkan sebagai kendaaraan motor, maka membaca adalah bensin atau bahan bakarnya.

Dengan membaca banyak tulisan, perbendaharaaan kata yang kita punya jadi meningkat secara signifikan. Otak kita juga terbiasa dengan beragam pola kalimat dalam bacaan. Dan hal itu akan secata tidak langsung memberikan impact positif bagi kta dalam menulis. Kita akan merasakan kemudahan dalam proses penulisan manakala telah banyak membaca.

***

Nah itu tadi beberapa benefit yang bisa kita dapatkan jika mempunyai skill membaca cepat.

Jadi jelas kemampuan membaca cepat itu juga sangat penting. Bagaimana mungkin kita bisa menangkap banyak informasi, tapi kemampuan baca kita masih standar.

Oleh karena itu, mulailah pelajari teknik-teknik membaca cepat dari sekarang.

Teknik Dasar Membaca Cepat

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

unsplash.com

Oke, sebelumnya kita membahas pengertian dan keuntungan dari membaca cepat. Di bagian ini kita akan mulai belajar beberapa teknik praktis dalam membaca cepat. Insyaallah ini teknik yang bisa dengan sangat mudah dipelajari.

Oke tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan teknik membaca cepat ini

Di sini, kita akan membahas teknik membaca cepat dari yang paling dasar. Teknik dasar ini juga bisa dibilang sebagai pondasi kuat kita dalam belajar membaca cepat ini.

Adapun tekni dasar membaca cepat ini adalah meliputi:

  1. mengenali kata secara kilat / cepat.
  2. mempercepat pergerakan mata pada saat membaca.

Lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

1. Mengenali Kata Dengan Cepat

Mata adalah indera yang paling berperan penting dalam proses membaca. Fungsi dari mata dalam membaca adalah menangkap setiap kata yang terdapat dalam bacaan.

Kata-kata tersebut kemudian ditransfer ke otak untuk diproses dan dikenali sebagai sebuah kata atau frasa ataupun sebuah kalimat.

Kita sebagai manusia dikaruniai otak yang super canggih oleh Tuhan. Otak bisa memproses informasi yang kita baca dengan kecepatan tinggi. Namun sayang, kita kebanyakan tidak menyadari potensi otak tersebut sehingga kecepatan otak ini tidak benar-benar dimanfaatkan secara optimal.

Dan atas dasar hal tersebut di atas, kita semua sebenarnya bisa memiliki skill membaca cepat ini. Karena sejatinya, otak kita mampu melakukannya. TInggal kitanya sendiri mau mempelajari dan melatihnya atau tidak.

Lebih dari itu, otak kita ternyata juga dapat dengan mudah memproses kata-kata dalam dengan baik. Bahkan walaupun susunan huruf penyusun kata tersebut dibolak-balik. Maksudnya gimana? Coba perhatikan tulisan di bawah ini.

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

Sekarang mari kita coba bandingkan dengan yang di bawah ini.

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

Bagaimana rasanya? Membaca tulisan pertama dan kedua. Saya yakin kamu juga tidak akan mengalami kendala berarti saat harus membaca tulisan pertama. Yang mana susunan huruf di tiap katanya dibolak-balik. Walaupun memang bagian awal huruf dan akhirnya masih tetap dibuat sama.

Konsep dasar membaca cepat

Hal tersebut di atas juga menunjukkan bahwa kita mampu membacanya karena otak yang memprosesnya dengan sangat cepat.

Dan seperti itulah dasar dari konsep membaca cepat ini. Tidak perlu fokus pada detail huruf yang membentuk kata, karena secara sekilas pun sudah dapat dibaca. Bahkan pada prakteknya nanti di teknik lanjutan, kita bisa membaca 2 sampai 4 kata sekaligus dalam satu kali gerakan mata.

Saat kamu bisa melihat sekumpulan huruf dengan mata dan diteruskan ke otak. Selanjutnya akan ada proses pengenalan terhadap setiap kata yang masuk. Apalagi jika kamu sudah tahu atau mengenal kata tersebut sebelumnya.

Itulah sebabnya mengapa orang yang rajin membaca akan memiliki kecepatan baca lebih cepat ketimbang orang yang jarang baca. Karena perbendaharaan kata yang kaya sangat mendukung kecepatan membaca.

Dan dalam teknik membaca cepat ini, kita akan berlatih untuk bisa mengenali kata-kata dengan cepat.

Latihan Mengenali Kata

Di bawah ini adalah latihan yang bisa kamu lakukan. Terdapat 5 kolom kelompok kata.

Cara latihannya adalah perhatikan kata pada kolom paling kiri, lalu temukanlah kata yang sama pada 4 kolom di sebelah kanannya.

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

Latihan ini akan sangat bermanfaat dan mendukung proses membaca cepat. Kita juga jadi bisa menguji seberapa cepat kemampuan dan seberapa luas penguasaan kosakata yang kita punya dalam membaca cepat tersebut.

Lakukan proses latihan di atas dengan cepat. Kalau bisa dengan satu kali gerakan mata dari kolom pertama ke kolom tempat kata yang sama berada.

Latihan Mengenali Frasa

Berikutnya dalah latihan dalam mengenali frasa (kelompok kata), yang biasanya terdiri dari 2 kata. Sama seperti latihan mengenal kata di atas, lakukan proses latihan ini dengan cepat dan satu kali gerakan mata. Dari kolom pertama menuju kolom lain di sebelahnya yang terdapat frasa yang sama.

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepatSaya juga sudah terapkan dan lakukan latihan di atas. Hasilnya langsung berasa. Dari yang tadinya saya terbiasa membaca per kata dan itupun sangat lambat, sekarang jadi lebih baik. Kegiatan membacapun jadi lebih menyenangkan dan semangat.

Dengan latihan ini diharapkan kita bisa lebih cepat dalam menangkap kosakata yang tertulis di bacaan. Sehingga dalam satu kali gerakan mata dan dalam waktu sepersekian detik bisa menangkap beberapa kata atau kelompok kata sekaligus.

2. Membaca Kelompok Kata

Bagian kedua adalah latihan membaca kelompok kata / beberapa kata hanya salam satu kali gerakan mata. Jadi beberpa kata tersebut dilihat dan ditangkap maknanya secara sekaligus.

Perlu diketahui bahwa proses membaca itu berlangsug saat mata kita berhenti bergerak sejenak. Yang mana pada kondisi tersebut, mata mengakap rangkaian huruf dan kata dengan jangkauan pandangnya. Untuk kemudian berpindah ke titik/bagian beriutnya.

Adapun prose berhenti tersebut dinamakan dengan istilah fiksasi.

Istilah fiksasi akan banyak sekali kita gunakan dalam mempelajari teknik membaca cepat ini. Fungsinya adalah menjelaskan tentang jangkauan mata pada saat proses membaca.

Dan konsep membaca cepatitu sendiri pada esensinya adalah memperbesar atau memperlebar fiksasi tersebut kemudian mempercepat prosesnya.

Lihat gambar ilustrasi di bawah ini

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

Jadi intinya adalah tentang bagaimana kita bisa meperluas jangkauan. Tidak hanya terpaku pada area fokus pandangan, tapi lebih dari itu juga kita harus memperluas pandangan di area sekitar.

Jadi buat yang masih membaca perkata atau bahkan persuku kata, barangkali bisa diperbaiki dari sekarang. Mulailah terapkan teknik membaca cepat ini dengan telaten dan seirng berlatih.

3. Melatih Irama Pergerakan Mata

Di bagian pertama kita telah mengenal cara latihan mengenali kosakata dengan cepat. Kemudian di bagian ke dua dijelaskan tentang latihan membaca kelompok kata dalam sekali tatap.

Adapun di bagian ke tiga ini adalah eksekusi atau penerapannya dalam bacaan nyata.

Yakni kita akan mempelajari cara melatih pergerakan mata agar bisa bergerak berirama. Sehingga proses membaca cepat akan lebih menyenangkan.

Adapun caranya adalah dengan membuat garis lurus secara vertical di buku yang hendak dibaca. Buat sekitar 2-3 garis lurus sehingga bacaan terbagi menjadi beberapa bagian yang sama rata.

Dengan membuat garis vertical semacam ini, kita akan belajar dan membiasakan mata dalam melihat kelompok kata secara cepat sekaligus.

Dalam penerapannya, kita bisa berlatih dengan membuat 3 garis vertical sehingga membentuk 4 kolom bacaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara atau latihan yang bisa diterapkan.

Latihan Membaca Paragraf Empat Kolom

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

Prinsip dari latihan di atas adalah memaksakan satu kali gerakan mata untuk bisa menangkap kelompok kata dalam satu kolom.

Jadi simpelnya, dalam satu baris paragraf itu diperlukan 4 kali gerakan mata. Lakukan pergerakan tersebut secara halus. Sehingga kamu bisa merasakan alurnya dengan berirama.

Jika sudah terbiasa dengan penggalan 4 kolom seperti di atas, bisa ditingkatkan lagi dengan memperlebar fiksasi. Yakni dibuat hanya jadi 3 kolom atau bahkan mungkin 2 kolom saja.

Bahkan untuk para pembaca yang sudah expert, hanya membutuhkan satu kali gerakan mata untuk bisa menangkap satu baris paragraf. Mantap sekali bukan?

Lakukan latihannya secara rutin hingga kamu terbiasa melatih gerakan mata dengan pola di atas. Semakin konsisten  berlatih, maka otot mata kita juga akan ikut terlatih untuk bisa bergerak teratur dengan tempo cepat. Dengan begitu, secara otomatis, kecepatan membacapun akan meningkat.

Pada prakteknya, kamu bisa benar-benar membuat garis vertikal di buku bacaan sebagai patokan kolom. Atau bisa saja hanya dengan membuat garis imajiner dalam pikiran.

Penutup

teknik membaca cepat, cara membaca cepat, tips membaca cepat

unsplash.com

Nah itulah penjelasan tentang teknik membaca cepat disertai dengan cara dan latihan praktis yang bisa dilakukan dengan mudah. Mulailah berlatih dari sekarang dan terapkan latihan sederhana di atas.

Masih banyak sebenarnya teknik membaca cepat yang bisa dipelajari. Tapi dengan hanya menerapkan cara-cara dan latihan di atas, sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan kecepatan membaca. Setidaknya 2 atau 3 kali lipat. Asalkan dilakukan dan dilatih dengan serius.

Membaca cepat bukan hanya sekadar untuk tujuan menyerap informasi lebih banyak. Tapi lebih dari itu juga merupakan salah satu upaya kita dalam mensyukuri anugerah pemberian Allah. Anugerah dalam bentuk otak yang sangat luar biasa fungsinya.

Dengan otak kita jadi bisa berpikir dan mencerna banyak sekali informasi. Dan wajiblah kiranya kita untuk mensyukuri hal tersebut dengan memaksimalkan fungsi otak sebaik-baiknya. Khususnya dalam mempelajari cara dan teknik membaca cepat ini.

Baik, saya rasa itu saja untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel Inspirilo blog berikutnya

Sekian dan terima kasih.
Salam

Disclaimer

Teknik membaca cepat tahap dasar yang tersaji di postingan ini adalah hasil penyampaian ulang materi dari Ebook berjudul Speed Reading for Beginner karya Muhammad Noer. Jadi bagi sobat yang mau lebih memperdalam ilmu ini, silakan bisa download ebooknya di website beliau di sini

Video Series Cara Membaca Cepat – By Muhammad Noer

Leave a Comment