12+ Tutorial Cara Memakai Dasi yang Benar dan Rapi dengan Beragam Gaya [Gambar + Video]

Cara memakai dasi – Dasi adalah salah satu aksesoris pakaian (fashion item) yang cukup eksklusif. Bahkan sering kita dengar juga istilah ‘Orang Berdasi’ yang secara tersirat menyimbolkan orang yang terpandang dan terpelajar. Walaupun mungkin orang tersebut tidak benar-benar berdasi. Namun hal tersebut setidaknya memperkuat kesan ekslusif dari sebuah dasi.

Ketika sesoarang memakai dasi akan nampak penampilannya jadi lebih keren dan berwibawa tentunya. Dengan catatan dasi tersebut dipakai sesuai dengan peruntukannya. Misal dipakai sebagai pelengkap kemeja dan jas. Tentu tidak lucu memakai dasi namun baju yang dipakai itu kaos oblong. Walaupun ada juga memang yang seperti itu. Biasanya anak muda yang sedang bereksplorasi mencoba penampilan baru dengan style yang agak nyeleneh.

Dasi yang dalam bahasa inggris disebut tie ini sangatlah banyak model gayanya. Namun secara bentuk tentunya sama saja. Berbentuk memanjang dengan bagian atas yang mengerucut. Tergantung dari kreativitas si pemakai bagaimana mengkreasikan model gaya yang ingin dipakai.

Cara Memakai Dasi

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi
Cara memakai dasi – unsplash.com

Namun mungkin karena sifatnya yang eksklusif tersbut, urusan cara memasang atau memakai dasi ini terkadang menjadi agak sulit dan membingungkan. Terlebih bagi orang yang pertama kali atau masih baru-baru menggunakannya. Misal karyawan kantoran yang belum lama masuk kerja. Atau siswa SMP yang dihasuskan menggunakan dasi di seragamnya.

Barangkali Anda juga kebingungan bagaimana cara memakai dasi? Sehingga nyasar ke artikel ini J. Atau mungkin sudah tahu caranya tapi sudah bosan dengan model lama dan ingin mencoba berganti gaya dasi. Nah kalau begitu, Anda berada di artikel yang tepat. Karena di sini akan dibahas tutorial lengkap cara memakai dasi yang benar dan rapi itu seperti apa. Tersedia setidaknya 12+ macam model gaya yang bisa Anda tiru dengan mudah.

Untuk memudahkan proses praktik, juga disediakan video tutorial lengkap langkah-langkah dalam cara memasang dasi ini. Sehingga bisa meminimalisir kesalahan.

Tutorial di bawah ini adalah lebih dikhususkan untuk cara memasang dasi kantoran. Artinya model dasi yang ditampilkan adalah untuk para eksekutif. Dengan model simpul dasi yang dihasilkan adalah rata-rata berbentuk segitiga dan tambahan satu jenis berbeda yaitu, dasi kupu-kupu.

Namun dalam kehidupan nyata, langkah-langkah cara mengikat dasi di bawah ini juga bisa diterapkan untuk dasi sekolah. Jadi buat yang sedang mencari cara memakai dasi SMP atau SMA, juga bisa menerapkan pilihan gaya dasi berikut ini. Selagi bentuk dasinya masih sama.

Baik, mungkin anda juga sudah tidak sabar, langsung saja kita masuk ke pembahasan cara memasang atau menggunakan dasi yang benar. Untuk memudahkan pilihan gaya dasi, di sini saya membaginya menjadi 3 tutorial cara mengikat dasi berdasarkan tingkat kesulitannya. Mulai dari level mudah (easy), menengah (medium) hingga sulit (hard).

Baik, mari kita simak pemaparan tutorial cara memakai dasi berikut ini dengan seksama.

Cara memakai dasi kantoran yang benar dan rapi [Level Mudah]

Beriku adalah bebarapa cara memasang dasi dengan pilihan gaya yang berbeda yang bisa Anda coba. Kesemuanya termasuk ke dalam kategori mudah dalam pembuatannya.

1. Cara memasang dasi simpul sederhana (Simple Knot)

Cara memakai dasi yang pertama kita akan membahas tentang dasi simpul sederhana (simple knot). Simpul ini juga dikenal sebagai model oriental. Disebut sederhana dan simpel karena memang dalam proses pembuatan simpul dasi satu ini termasuk mudah. Dan paling sedikit langkah-langkahnya. Sehingga sangat mudah dipelajari dan diterapkan langsung.

Namun walau demikian, simpul ini cukup jarang digunakan, khususnya di Negera-negara barat. Melainkan lebih popular di Negera Tiongkok.

Hal tersebut mungkin juga disebabkan karena bentuk simpulnya yang cenderung lebih sulit untuk dilepaskan. Simpul dasi sederhana ini sangat cocok diterapkan pada dasi dengan tekstur kain tebal. Dan cocok juga untuk pria yang tidak suka ribet.

Secara ukuran, simpul dasi ini terbilang kecil dan mudah dibuat tentunya. Namun hasil simpul yang didapat memiliki tingkat simetri (keseimbangan) tinggi. Dalam penerapannya, ekor dasi diposisikan terbalik.

Untuk lebih jelasnya, bisa ikuti panduan gambar dan teks cara memakai dasi simpul sederhana berikut ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan gambar tutorial cara mengikat dasi dengan simpul sederhana:

  1. Mulai kenakan dasi dengan posisi sebagai mana biasa. Ujung dasi yang lebar posisikan di sebelah kanan dan ujung dasi yang kecil (ekor dasi) di sebelah kiri. Posisi ekor dasi harus ada sedikit di atas pusar Anda. Namun tidak pasti, tergantung juga pada panjang dasinya. Gerakkan hanya ujung dasi yang aktif, yakni ujung dasi yang lebar (kepala)
  2. Arahkan ujung yang lebar ke arah kiri bawah ujung dasi yang kecil.
  3. Silangkan ekor dasi ke arah kanan.
  4. Arahkan ujung dasi yang lebar ke arah atas lingkaran leher dari arah bawah.
  5. Tarik ujung dasi ke bawah melalui sela-sela / sekat yang terbentuk.
  6. Tarik lagi ke bawah. Geser-geser simpulnya sampai bentuk dan posisinya dirasa mantap.

Jika tutorial cara memakai dasi simpul sederhana di atas kurang jelas, silakan tonton videonya di bawah ini:

 

2. Cara memakai dasi simpul Four in Hand

Cara memasang dasi yang kedua yaitu kita akan menggunakan model gaya simpul bernama Four in Hand. Kalau dibahasa Indonesiakan berarti empat-di-tangan.

Sejarah penamaan Four-in-Hand sendiri adalah bersumber dari nama sebuah Club Pria dengan nama sama pada abad awal abad 19.

Bisa dibilang jenis simpul dasi yang stu ini merupakan rajanya dalam hal bentuk ikatan dasi. Model gaya ini terkenal karena sederhana dan fleksibel. Mudah sekali untuk diikat. Bentuknya meruncing, ramping dan sedikit asimetris.

Tingkat kesulitannya masih berada pada level mudah (2/5). Jadi Anda yang pemula bisa menjadikan model dasi dengan simpul Four-in-Hand ini sebagai pilihan utama.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan gambar tutorial cara pasang dasi dengan simpul Four in hand:

  1. Posisikan dasi dengan ujung yang lebar di kanan dan ujung kecil (ekor dasi) di sebelah kiri. Ekor dasi sebisa mungkin tempatkan sedikit di atas perut. Namun tidak mesti juga, disesuaikan saja dengan panjang dasi yang Anda pakai. Yang perlu dilakukan berikutnya hanya memindahkan ujung dasi yang lebar (kepala dasi)
  2. Arahkan ujung dasi yang lebar ke samping kiri bagian atas ujung dasi yang kecil.
  3. Lalu putarkan ke bagian bawah ujugn dasi yang kecil dan arahkan ke kanan.
  4. Silangkan lagi ke arah kiri sebelah depan.
  5. Lalu arahkan ke atas lingkaran leher dari arah bawah.
  6. Tarik ke bawah melalui sela-sela yang terbentuk.
  7. Ketatkan atau kencangkanlah simpul yang terbentuk dengan cara menarik ujung dasi yang lebar. Geser-geser dan sesuaikan simpulnya hingga dirasa sudah mantap dan nyaman di leher.

Berikut video tutorial yang bisa Anda tiru dan terapkan untuk membentuk dasi simpul Four in Hand yang elegan dan menawan.

3. Cara memasang dasi simpul Windsor

Duke of Windsor adalah satu gelar kebangsawanan yang diberikan kerjaan Inggris pada sekitaran tahun 1937. Yang pertama kali memegang gelar tersebut adalah Pangeran Edward VIII.

Adapun kaitannya dengan simpul dasi, nama Windsor ini mengkiaskan bentuk segitiga yang lebar pada simpul dasi. Simpul dasi Windsor ini ditemukan dan dikembangkan oleh masyarakat untuk meniru gaya Duke of Windsor.

Bentuk dasi dengan simpul Windsor ini adalah segitiga yang simetris dan padat. Sangat sesuai dengan kerah baju yang melebar yang biasa dipakai para bangsawan.

Jadi segitiga simpul yang terbentuk terhitung besar dan sangat simetris. Namun cara pembuatannya masih terhitung kategori mudah

Tertarik menggunakan simpul dasi yang satu ini? Ikuti panduannya berikut ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Berikut adalah penjelasan gambar di atas tentang tutorial cara melipat dasi simpul Windsor

  1. Mulailah dengan posisikan dasi di leher sebagaimana biasa. Ujung dasi yang kecil (ekor) tempatkan di sebelah kiri, dan ujung yang besar di kanan. Ekor dasi usahakan untuk berada sedikit di atas pusar. Namun dalam prakteknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Langkah selanjutnya adalah hanya menggerakan satu ujung dasi yang lebar (kepala dasi)
  2. Arahkan ujung dasi yang lebar tersbut ke arah kiri sebelah atas ujung dasi yang kecil
  3. Langsung arahkan dasi ke atas menuju lingkaran leher
  4. Turunkan dan arahkan menuju ke bagian kiri
  5. Putarkan ke arah kanan sebelah belakang dari ujung dasi yang kecil
  6. Arahkan lagi menuju ke tengah menuju lingkaran dasi yang terbentuk di leher.
  7. Kemudian turunkan lagi ke bawah dan arahkan ke sebelah kanan.
  8. Silangkan ke bagian depan dan ke arah kiri.
  9. Arahkan lagi ke atas menuju lingkaran leher.
  10. Masukkan ujung dasi tersebut ke sela-sela simpul yang terbentuk. Tarik ke arah bawah.
  11. Kencangkan dan sesuaikan dasinya. Geser-geser simpul dasi hingga dirasa sudah nyaman di leher.

Nah itulah cara membuat dasi segitga besar dengan nama simpul Windsor. Untuk memudahkan praktik, silakan tonton video tutorial cara memakai dasi simpul Windsor di bawah ini. Perhatikan dengan seksama setiap tahapannya.

4. Cara mengikat dasi Simpul Half WIndsor

Cara memasang dasi berikutnya kita akan menerapkan simpul dasi dengan nama Half Windsor (setengah Windsor). Penjelasan tentang simpul dasi Windsor ada di atas. Simpul ini bisa dibilang serbaguna, cocok untuk beragam jenis dasi.

Walaupun namanya Half Windsor yang berarti setengah, tapi sebenarnya simpul yang dihasilkan berukuran tiga perempat ukuran simpul dasi Windsor. Bentuknya hampir simetris. Dan bila diikat dengan benar, akan menampilkan kesan lesung pipit yang cantik di simpul bagian depan. Cara memakai dasi dengan model ini sangat cocok diterapkan pada dasi yang tidak terlalu tebal (kelas medium).

Tingkat kesulitannya adalah di level medium. Tertarik untuk membuat dasi dengan simpul ini? Mari ikuti panduannya beriktu ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Berikut adalah penjelasan gambar di atas tentang cara memakai dasi dengan simpul Half Windsor.

  1. Posisikan dasi dengan ujung lebar di sebelah kanan dan ujung yang kecil di sebelah kiri. Ujung dasi yang kecil berada sedikit di atas pusar atau bisa sesuaikan. Selanjutnya, Anda hanya perlu menggerakkan ujung dasi yang lebar untuk membentuk dasi dengan simpul yang cantik.
  2. Arahkan ujung dasi lebar ke kiri sebelah atas dari ujung dasi yang kecil (ekor dasi).
  3. Putar dan arahkan ke bawah ekor dasi ke kanan.
  4. Naikkan ke atas ke arah tengah menuju lingkaran dasi di leher.
  5. Lewati lingkaran leher ke bawah dan arahkan ke sebelah kiri.
  6. Silangkan ke depan (bagian atas) ke arah kanan.
  7. Arahkan menuju ke atas menuju lingkaran dasi di leher.
  8. Tarik ke bawah dengan melalui sela-sela dasi yang telah terbentuk.
  9. Terakhir adalah kencangkan simpul dengan menarik ujung dasi yang lebar tersebut ke arah bawah. Geser-geser simpulnya dan sesuaikan agar mantap dipakai.

Simak video di bawah ini untuk memudahkan proses praktik cara memasang dasi yang rapi.

Cara memakai dasi segitiga beragam gaya [Level Medium]

Di bawah ini adalah beberapa cara memasang dasi dengan tingkat kesulitan pembuatan berada di level medium. Tidak mudah namun juga tidak terlalu sulit dalam mengkreasikannya.

5. Cara memakai dasi simpul Kelvin

Berikutnya adalah simpul Kelvin. Penamaan Kelvin diambil dari nama seorang Tokoh Fisikawan, Lord Kelvin (William Thomson yang hidup pada 1824 s.d 1907). Beliau ini adalah tokoh yang dianggap berkontribusi menyumbangkan teori Simpul dalam kaitannya dengan Struktur Atom.

Cara memasang dasi dengan simpul Kelvin ini merupakan pengembangan dari Simpul Sederhana yang dijelaskan di atas. Simpul dasi ini juga terbentuk dengan ekor (ujung dasi kecil) yang terbalik. Secara ukuran, mirip-mirip dengan Four-in-hand. Namun sedikit lebih runcing.

Tingkat kesulitan pembuatannya berada pada kelas medium.

Tertarik membuat dasi dengan model gaya yang satu ini? Mari ikuti panduan simpelnya berikut ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

  1. Mulailah dengan memposisikan dasi secara terbalik di leher. Tempatkan ujung dasi yang lebar di sebalah kanan dan ujung dasi yang kecil (ekor dasi) di sebelah kiri. Sama seperti simpul sebelumnya, usahakan \ujung ekor dasi berada di atas pusar perut. Atau bisa disesuaikan. Selanjutnya kita hanya perlu menggerakkan ujung dasi yang lebar untuk membentuk simpul.
  2. Silangkan ujung dasi yang lebar kea rah bawah ekor dasi ke sebelah kiri.
  3. Kemudian silangkan dan putar ke arah kanan.
  4. Putar lagi ka arah bawah ekor dasi sebelah kiri.
  5. Silangkan ke sebelah kanan.
  6. Arahkan ke atas dan masukkan ke lingkaran leher dari arah bawah.
  7. Tarik ujung dasi ke arah bawah melalui sela yang terbentuk.
  8. Terkahir, cukup kencangkan dan sesuaikan.

Tonton video tutorialnya di bawah ini agar lebih mudah dipahami.

6. Cara memakai dasi Simpul Murrell

Simpul dasi yang bisa dikreasikan berikutnya yaitu bernama Simpul Murrell. Simpul ini mulanya diciptakan oleh seorang bernama Brent Murrell pada 1995. Murrell bisa dibilang merupakan versi kebalikan dari Simpul Windsor. Karena hasil akhirnya justru menempatkan ujung dasi yang kecil berada di depan. Cara membuat dasi model seperti ini menghasilkan bentuk segitga yang kecil.

Menghasilkan simpul dasi keseluruhan yang berlapis terbalik dari biasanya, namun tetap nyaman dipakai. Bentuk simpul dasi seperti ini akan menambah efek Nerd pada si pemakainya.

Tingkat kesulitan pembuatannya berada pada level medium 3/5. Jadi masih bisa dipelajari dengan mudah.

Ingin mencoba menerapkannya? Silakan ikuti panduan di bawah ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan gambar:

  1. Mulailah dengan menempatkan dasi dengan ekor dasi (ujung kecil) di sebelah kanan.. Ujung dasi yang lebar usahakan terletak sedikit di atas pusar, atau disesuaikan. Selanjutnya, untuk membentuk simpul murrell, kita hanya perlu menggerakkan ujung kecilnya (ekor) saja.
  2. Ekor dasi diarahkan ke bagian atas dan sebelah kiri.
  3. Kemudian langsung arahkan dasi ke atas menuju lingkaran leher dari arah bawah.
  4. Tarik ke bawah dan arahkan ke sebelah kiri.
  5. Putarkan ke belakang dasi dan arahkan ke sebelah kanan.
  6. Masukkan ekor dasi ke tengah melalui lingkaran leher
  7. Melalui lingkaran leher tersebut, tarik ke bawah ke sebelah kana.
  8. Silangkan ke depan sebelah kiri.
  9. Masukkan lagi ke lingkaran leher dari arah bawah.
  10. Tarik ke bawah dengan melewati sela-sela simpul yang tercipta
  11. Paling akhir, cukup kita kencangkan dan rapikan. Geser-geser simpulnya sehingga dirasa sudah sesuai.

Video tutorial

7. Cara memakai dasi simpul Prince Albert

Cara memasang dasi dengan model yang tak kalah mentereng adalah menggunakan simpul bernama Prince Albert (Pangeran Albert). Walaupun sebenarnya tidak ada bukti juga bahwa Pangeran Albert, suaminya Ratu Victoria ini menggunakan simpul dasi seperti ini.

Tidak seperti simpul yang telah dijelaskan sebelumnya, pada simpul dasi ini kedua ujung dasi akan ikut digerakkan secara aktif. Hasil akhir simpulnya sedikit asimetris dan secara bentuk bisa dikatakan lebih besar dari Four-in-hand. Untuk membentuk simpul yang bagus dengan kesan ramping dan polos, kita harus menariknya secara kencang pada proses akhir.

Mau coba simpul Prince Albert? Mari kita pelajari caranya berikut ini:

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan tutorial:

  1. Seperti biasa, posisikan dasi dengan ujung dasi yang lebar berada di kanan dan yang kecil berada di kiri. Lebih jelasnya bisa lihat di gambar instruksional di atas. Selanjutnya ujung yang aktif hanya bagian yang lebar saja
  2. Arahkan dasi ke bagian atas ujung kecil, ke sebelah kiri.
  3. Arahkan lagi ke bawahnya dan menuju ke kanan.
  4. Silangkan ke sebelah kiri depan.
  5. Silangkan lagi ke belakang ke arah kanan (diputar).
  6. Silangkan sekali lagi ke arah kiri bagian depan ujung dasi yang kecil.
  7. Kemudian langsung masukkan ke atas, ke lingkaran leher dari arah bawah.
  8. Lalu masukkan ke sela-sela simpul dasi.
  9. Kencangkan dengan cara menariknya ke bawah. Lipatan pertama harus agak terlihat dari arah bawah lipatan kedua.

Berikut adalah video tutorial cara memakai dasi simpul Prince Albert.

8. Cara memakai dasi simpul Pratt (Shelby Knot)

Simpul dasi keren lainnya yakni bernama Simpul Pratt atau Simpul Shelby. Diambil dari nama penemunya yang bernama Jerry Pratt. Yakni seorang anggota dewan di Amerika pada tahun 80 an.

Selama lebih dari 30 tahun lamanya, Jerry Pratt telah memakai model simpul dasi yang berbeda-beda. Dan pada tahun 1989, seorang penyiar berita TV bernama Don Shelby mempublikasikan suatu simpul dasi dengan nama “Shelby Knot”. Kemunculannya di Majalah NY Times dan Telegraph menjadikan popularitas simpul dasi ini kian melonjak.

Bentuk daripada simpul Pratt ini sangatlah elegan, cukup simentris dan ukurannya sedang antar Four in Hand dan Half Windsor. Cara membuat dasi seperti ini menerapkan konsep Inverted tail ( ekor terbalik) seperti halnya simpul Sederhana (SImple Knot).

Untuk cara membuatnya, bisa ikuti tutorial dan gambar instruksional berikut ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

  1. Mulai dengan posisikan dasi dengan ekor terbalik. Ujung dasi kecil (ekor) di sebelah kiri leher dan ujung yang besar berada di sebelah kanan. Pembagian panjang ujung dasinya atur secara proporsional. Lihat gambar untuk lebih jelas.
  2. Bagian dasi yang besar diarahkan ke bawah ekor ke sebelah kiri.
  3. Arahkan langsung menuju tengah lingkaran leher.
  4. Lalu tarik ke arah bawah sebelah kiri melewati lingkaran leher tersebut.
  5. Silangkan ke sebelah kanan.
  6. Masukkan ke lingkaran leher dari arah bawah.
  7. Kemudian masukkanlah ujung dari ke sela-sela simpul.
  8. Tarik dan kencangkan dasi. Geser-geser sedikit. Maka simpul dasi Pratt Knot telah berhasil Anda buat.

Berikut adalah video cara memasang dasi dengan simpul Pratt Knot. Silakan ditonton.

Cara memasang dasi formal yang benar [Level Hard]

Dan yang terakhir ini masuk ke dalam kategori ‘Hard’ dalam hal tingkat kesulitannya. Maksud ‘hard’ atau sulit di sini tentu bukan berarti benar-benar sulit, melainkan hanya perlu sedikit ketelitian dan ketelatenan dalam proses melipat dasi hingga jadi simpul yang diinginkan. Berikut adalah berberapa model gaya simpul dasi kantoran super keren yang bisa dikreasikan.

9. Cara memasang dasi segitiga simpul Balthus

Simpul dasi keren berikutnya adalah bernama Simpul Balthus. Ditemukan oleh seorang seniman modern keturunan Polandia-Prancis yang cukup terkenal dengan kontroversinya.

Simpul  balthus termasuk besar ukurannya. Jauh lebih besar dari Windsor. Jika dibentuk dengan benar, akan menghasilkan simpul yang lebar namun mengerucut. Karena banyaknya jumlah lilitan dasi, maka hasil akhirnya bisa jadi dasinya akan sangat pendek.

Secara bentuk, simpul ini sangat simetris. Dengan tingkat kesultan pembuatan yang lumayan. Kesan Nerd nya juga akan sangat dapet.

Jadi bagi Anda yang cukup Antimainstream dan penuh kontroversi, bisa coba membuatnya sekarang juga 🙂

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan tutorial

  1. Sama dengan konsep simpul Sederhana (Simple Knot), Balthus ini juga menerapkan ujung dasi yang terbalik dalam pembuatannya. Jadi yang pertama adalah posisikan secara terbalik di leher. Dengan ujung yang lebar berada di kanan dan yang kecil di kiri.
  2. Arahkan ke bawah ekor dasi ke sebelah kiri.
  3. Langsung menuju tengah melalui lingkaran leher.
  4. Lalu tarik ke bawah dengan arah tarikan ke kanan.
  5. Kembalikan lagi ke atas menuju lingkaran leher.
  6. Kemudian tarik lagi ke bawah dengan arah tarikan ke kiri.
  7. Naikkan lagi dasiny ke atas menuju lingkaran leher.
  8. Tarik ke bawah arah kanan melalui lingkaran leher tersebut.
  9. Silangkan dasi ke bagian depan sebelah kiri.
  10. Masukkan dari arah belakang/bawah ke atas menuju lingkaran leher.
  11. Tarik dasi ke bawah melalui sela-sela simpul di depan.
  12. Tarik dasi ke bawah dan kencangkan. Sesuaikan posisinya. Maka simpul Balthus telah berhasil di buat.

Video Tutorial cara memakai dasi Simpul Balthus

10. Cara mengikat dasi dengan simpul Eldredge

Sekarang kita akan masuk ke cara memakai dasi dengan simpul yang lumayan ekstrim. Dalam artian cara membuatnya yang masuk dalam kategori ‘Sulit’. Namun tentu bukan tidak mungkin dibuat, hanya perlu sedikit ketelatenan dari pada jenis simpul lainnya di atas.

Yang pertama adalah bernama Simpul Eldridge. Simpul dasi yang satu ini cukup rumit namun sangat enak dipandang mata (eye catching). Setidaknya melibatkan 15 langkah praktik dalam pembuatannya.

Simpul dasi Eldridge ditemukan oleh seorang bernama Jeffrey Eldredge sekitar tahun 2007. Jadi masih terhitung baru dalam dunia fashion dasi. Dan pada 2008, simpul dasi ini cukup terkenal di Internet. Sehingga banyak orang yang turut mencobanya.

Adapun simpul Eldrige ini dibentuk dengan menggerakan ekor dasi sebagai ujung yang aktif. Hasil akhirnya, ujung ekor dasi akan tidak terlihat (tersembunyi) dalam lipatan simpul di balik kerah baju.

Ukuran simpulnya besar dan tidak terlalu simentris. Simpul dasi Eldridge ini juga bisa menambah kesan Nerd bagi si pemakainya.

Mau tahu cara membuatnya? Berikut tutorial praktisnya dalam bentuk gambar, teks instruksional dan juga video. Check these out.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan:

  1. Posisikan dasi dengan ujung yang lebar berada di sebelah kiri. Dan yang kecil (bagian ekor) di sebelah kanan. Pangkal ujung dasi yang lebar tempatkan berada di atas posisi ikat pinggang. Atau bisa disesuaikan. Selanjutnya yang perlu dilakukan hanya menggerakkan / memindahkan ujung yang kecil saja (ekor dasi).
  2. Ujung dasi yang kecil disilangkan ke bagian atas dasi yang lebar, ke sebelah kiri.
  3. Putarkan ke bawah dan arahkan ke sebelah kanan.
  4. Langsung naikkan ke atas menuju lingkaran leher.
  5. Tarik ke bawah melewati lingkaran leher dengan arah tarikan ke sebelah kiri.
  6. Silangkan ke bagian depan kea rah kanan. Lalu langsung naikkan lagi ke menuju lingkaran leher dari arah bawah.
  7. Tarik ke bagian bawah arah kiri, lalu putarkan ke bagian belakang sebelah kanan. Buat agak melonggar sehingga akan membentuk sela-sela untuk mempermudah langkah selanjutnya.
  8. Silangkan ekor ke depan ke arah kiri melalui sela-sela lipatan yang telah terbentuk di langkah 7.
  9. Tarik ekor dasi dengan arah tarikan ke sebelah kiri agar menjadi kencang.
  10. Masukkan lagi ke tengah menuju lingkaran leher. Tarik ke bawah kea rah kiri.
  11. Kembali masukkan lagi ke lingkaran leher. Tarik ke bawah melalui lingkaran leher dengan arah tarikan ke kanan. Buat agak longgar, jangan dikencangkan dulu.
  12. Silangkan ekor dasi di depan ke sebelah kiri, masukkan ke sela-sela simpul yang terbentuk di langkah 11 (yang dilonggarkan).
  13. Tari ujung ekor dasi yang kecil tersebut kea rah kiri, kemudian kencangkan.
  14. Selipkan ujung ekor dasi yang kecil di belakang simpul sebelah kiri.
  15. Sesuaikan posisi dan porsinya. Dasi dengan simpul Eldridge telah berhasil dibuat.

Bagaimana? Cukup menantang, bukan? Mau praktek dan lebih mudah, bisa tonton videonya di bawah ini. Cara memakai dasi dengan simpul the Eldridge

11. Cara memakai dasi dengan simpul Trinity

Simpul dasi kedua dengan tingkat kesulitan yang rumit adalah bernama Simpul Trinity (Trinity Knot). Simpul ini mirip-mirip dengan simpul Eldridge yang dijelaskan sebelumnya. Bedanya mungkin hanya dari segi ukuran yang sedikit lebih besar dan secara visual lebih terlihat bulat dan agak asimetris. Bentuk simpulnya terlihat cantik dengan tampilan 3 lapisan lipatan yang membentuk jadi satu.

Baik langsung saja, berikut adalah cara memakai dasi dengan simpul Trinity

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan cara melipat dasi dengan simpul Trinity

  1. Mulai dengan memposisikan bagian dasi yang lebar di sebelah kiri dan yang kecil di sebelah kanan. Atur dan sesuaikan pembagian panjangnya seperti terlihat di gambar 1.
  2. Tempatkan ekor dasi ke bagian atas sebelah kiri.
  3. Kemudian masukkan ke lingkaran leher dari arah bawah.
  4. Tarik ke bawah dengan arah kiri.
  5. Putarkan ke bagian belakang sembari mengarahkannya ke kanan.
  6. Dari arah depan, langsung naikkan dan masukkan ke lingkaran leher.
  7. Tarik dasi ke bawah dengan arah tarikan ke kiri.
  8. Silangkan dasi ke bagian atas kea rah kanan. Naikkan ke lingkaran leher dari arah bawah.
  9. Kemudian tarik ekor dasi melalui lingkaran (sela-sela) yang terbentuk sebelumnya. Buat melonggar, jangan dulu dikencangkan.
  10. Tempatkan ekor dasi mengelilingi arah belakang dari bagian dasi yang lebar ke arah kanan.
  11. Lalu silangkan dan masukkan melalui sela-sela yang terbentuk di langkah 10.
  12. Kencangkan ujung ekor dasi sehingga membentuk simpul yang cantik. Selipkan ujung ekor di bagian belakang agar jadi rapi.

Untuk membuat dasi dengan simpul Trinity, bisa juga menonotn videonya di bawah ini.

12. Cara memakai dasi simpul Van Wijk

Simpul berikutnya yang sangat menawan adalah bernama Simpul Van Wijk (Van Wijk Knot). Bentuk simpulnya meninggi dan cenderung seperti tabung (silinder). Ditemukan dan dipopulerkan oleh seorang senimal bernama Lisa van Wijk. Simpul ini merupakan pengembangan dari Simpul Prince Albert yang kita bahas di atas.

Baik, tanpa berlama-lama, berikut adalah tutorial cara membuat dasi dengan simpul Van WIjk lengkap dengan videonya.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan:

  1. Seperti biasa, posisikan dasi dengan ujung kecil di sebelah kiri dan yang lebar di kanan. Bagian dasi yang aktif adalah yang lebar. Lihat gambar 1.
  2. Tempatkan ujung dasi lebar di atas yang kecil dengan kecenderungan arah ke kiri.
  3. Kemudian lilitkan ke bagian bawah kea rah kanan.
  4. Silangkan lagi ke bagian depan dengan arah kiri.
  5. Silangkan lagi ke bagian bawah / belakang kea rah kanan.
  6. Silangkan lagi ke bagian depan kea rah kiri.
  7. Silangkan lagi ke bagian bawah, menuju arah kanan.
  8. Sekali lagi, silangkan ke bagian depan dengan arah silangan ke kiri.
  9. Barulah naikkan dasi ke lingkaran leher dari arah bawah.
  10. Tarik dasinya ke bawah dengan melewati 3 lapisan lipatan yang terbentuk di langkah di atas.
  11. Terakhir, kencangkan simpul dan atur sedemikian rupa sehingga lipatan simpul kedua dan ketiga jadi agak terlihat dari arah bawah. Simpul Van Wijk pun telah berhasil dibuat.

Berikut video panduannya cara memakai dasi dengan simpul Van WIjk untuk lebih memudahkan praktek.

Cara memakai dasi kupu-kupu (Bowtie)

Untuk simpul yang satu ini sengaja di taruh di akhir walau tingkat kesulitan pembuatannya juga ada di kelas medium. Itu karena bentuk dasi seperti ini memang paling beda dan peruntukkannya pun bisa berbeda. Tidak lain adalah model dasi kupu-kupu (BowTie).

Dasi kupu-kupu dewasa ini banyak digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi dipadukan dengan kemeja dan jas hitam. Sangat cocok untuk pria yang ingin selalu terlihat menonjol dan jadi pusat perhatian di kerumunan.

Memang sekarang ini sudah banyak dasi kupu-kupu yang siap pakai tanpa perlu ribet. Biasanya menggunakan sejenis karet yang bisa dilingkarkan di kerah baju (leher). Cara menggunakan dasinya pun juga sangat simpel karena hanya tinggal memasangkannya ke leher

Namun untuk di panduan tutorial cara memakai dasi ini akan disajikan cara membuat dasi kupu-kupu secara manual. Dengan dasi yang memang khusus didesain untuk jenis dasi kupu-kupu.

Baik, mari kita langsung saja simak bagaimana cara membuatnya dengan mudah. Ikuti tutorial di bawah ini.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi

Penjelasan cara melipat dasi sehingga menjadi dasi kupu-kupu yang cantik

  1. Mulai dengan memposisikan dasi kupu-kupu Anda dengan menghadap ke atas. Atur sedemikan rupa, hingga porsi penempatan dasi di leher menjadi sesuai. Bagian sebelah kiri harus lebih panjang dari sebelah kanan. Untuk memudahkan, ujung sebelah kiri akan kita beri nama A dan ujung sebelah kanan adalah B.
  2. Arahkan ujung dasi A ke sebelah kanan, menyilang dengan ujung B.
  3. Tempatkan A di bawah B dan arahkan ke atas melalui lingkaran dasi leher.
  4. Dalam posisi nomor 3, lipatlah ujung B sehingga membentuk pola dasi kupu-kupu.
  5. Tarik ujung A lurus ke bawah melewati tengah bentuk kupu-kupu yang tercipta di langkah 4.
  6. Lipat ujung A ke bagian belakang, lalu cubit lipatannya.
  7. Masukkan bagian yang dicubit tersebut (A) melalui sela-sela lipatan di belakang B.
  8. Tarik bagian yang sudah dilipat untuk mengencangkannya.
  9. Sesuaikan posisi dan kekencangannya hingga kedua sisi seimbang.

Bagaimana? Mudah dipamahi, bukan? Tinggal prakteknya saja berarti. Untuk yang mau lebih gampang prakteknya, bisa juga sambil ikuti video tutorial cara membuat dasi kupu-kupu di bawah ini.

Cara memakai dasi SMP dan SMA

Tak lupa di bagian akhir artikel ini saya juga sajikan bonus buat pelajar, khususnya SMP dan SMA atau SMK/ sederajat dalam urusan cara memakai atau memasang dasi. Tidak hanya untuk seragam sekolah, penggunaannya pun bisa pula diterapkan pada pakaian santai seperti kaos reuni SMA.

Seperti kita tahu bahwa mulai masuk usia SMP, biasanya dasi yang digunakan sebagai pelengkap seragam sekolah itu sudah berbeda dengan dasi yang dipakai untuk Sekolah Dasar yang menggunakan karet melingkar.

Jadi para siswa seringkali bingung bagaimana cara memasang dasi itu seperti apa. Maka dari itu, berikut saya sajikan cara memakai dasi SMP atau SMA yang benar dan rapi itu seperti apa.

Sebenarnya simpel saja, sobat bisa menerapkan pola / cara pada beberapa simpul dasi yang telah dijelaskan di atas. Yang paling sederhana adalah yang pertama, yaitu Simple Knot. Simpul tersebut bisa dibilang universal dan cocok disematkan pada beragam jenis dasi, termasuk dasi SMP dengan bahan tipis.

Tapi untuk lebih jelas, silakan simak tutorial gambar dan video di bawah ini tentang cara memakai dasi SMP yang rapi.

cara memakai dasi segitiga, cara memakai dasi, cara memasang dasi, cara pakai dasi, cara pasang dasi, cara memakai dasi kantoran, cara mengikat dasi, cara memakai dasi SMP dan SMA

  1. Posisikan dasi seperti di leher dengan ujung kecil (ekor dasi) di sebelah kanan. Dan ujung yang lebar di sebelah kiri. Pastikan ujung dasi yang lebar dibuat lebih panjang posisinya. Lebih jelas,lihat gambar 1.
  2. Silangkan dasi ke bagian atas sebelah kanan. Jadi dasi yang panjang berada di atas dasi yang pendek. Lihat gambar 2.
  3. Arahkan dasi ke bagian bawah ekor lalu seret ke arah kiri.
  4. Silangkan lagi ke arah kanan seperti terlihat di gambar berikut.
  5. Masukkan dasi ke arah lingkaran dasi di leher depan. Tari semua bagiannya sampai ke atas.
  6. Tarik dasi ke bawah dengan melewati sela-sela simpul yang terbentuk di depan.
  7. Kencangkan tarikan tali dasinya. Sehingga terbentuk simpul dasi yang rapi dan enak dilihat. Geser-geser saja posisi simpul sehingga dirasa sudah nyaman dipakai. Maka dasi SMP atau SMA pun telah selesai dibuat.

Jika masih kurang jelas, bisa juga menonton video tutorial cara memakai dasi SMP berikut ini.

Penutup

Nah itulah tutorial cara memakai dasi yang benar dan rapi dengan beragam pilihan gaya yang bisa dipilih sesuai selera. Dengan model pilihan gaya yang sangat stylish di atas, niscaya penampilan Anda akan lebih menawan. Dan bisa saja anda akan jadi trend setter untuk kemudian ditiru oleh rekan-rekan sepekerjaan Anda di kantor. Mantap, bukan?! kegiatan mengikat dasi atau membuat simpul dasi tentu akan jadi sangat mudah jika memang sudah terbiasa.

Jadi bagaimana? Gaya mana yang jadi favorit Anda, Windsor kah, Prince Albert kah, atau Bowtie mungkin? Tentunya hanya Anda yang tahu soal itu.

Baik sekian saja mungkin ya artikel tentang cara memasang dari ini. Semoga bermanfaat. Silakan share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Leave a Comment