Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya [Lengkap & Detail]

Ukuran lapangan sepak bola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak pengemarnya di dunia. Tidak heran jika terdapat pertandingan sepak bola pasti stadion akan selalu penuh dengan pendukung tim yang bertanding. Hal ini terbukti dengan pertandingan Piala Dunia yang selalu ditunggu oleh para pecinta sepak bola. Bahkan tidak jarang pada saat pertandingan para pendukung dapat bertikai satu sama lain.

Hal ini merupakan bukti bahwa sepak bola merupakan permainan yang sangat populer dan diminati oleh masyarakat dunia. Ditambah lagi dengan banyaknya klub sepak bola yang terdapat di berbagai negara di dunia. Bahkan jika pada umumnya sepak bola dimainkan oleh kaum adam. Namun kini sepak bola juga telah dimainkan oleh para wanita. Sampai-sampai ada juga Piala Dunia Wanita.

Lapangan Sepak Bola

Membuat lapangan sepak bola untuk pertandingan resmi tentunya bukanlah hal yang mudah. Sebab terdapat patokan dalam membuat sebuah lapangan yang sesuai dengan standar. Oleh sebab itu Anda tidak dapat asal saja dalam membuat lapangannya. Hal ini dapat memberikan pengaruh pada saat bermain sepak bola.

Di artikel kali ini akan disajikan secara lengkap informasi tentang ukuran lapangan sepak bola beserta gambar dan keterangannya. Ukuran yang dimaksud adalah versi resmi sesuai standar Internasional yang sudah ditetapkan Federasi Sepak Bola Dunia FIFA. Yang mana dengan standar tersebut, semua lapangan sepak bola akan memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Dimulai dari panjang, lebar, luas hingga tinggi gawang dan ukurannya.Ukuran lapangan sepak bola beserta gambar dan keterangannya lengkap dari mulai panjang, lebar, luas, dan tinggi gawang.

Bentuk lapangan sepak bola yang wajib diikuti

FIFA merupakan organisasi sepak bola di seluruh dunia. Organisasi ini membuat peraturan seputar dunia sepak bola yaitu salah satunya adalah masalah lapangan sepak bola. Di mana FIFA telah menetapkan beberapa kriteria  dalam membuat  lapangan sepak bola, termasuk dalam menetapkan luas lapangan sepak bola.

FIFA juga membuat peraturan bahwa lapangan sepak bola harus memiliki bentuk persegi panjang, dimana ukuran panjang dan lebarnya adalah 2:1. Karena itu apabila sebuah lapangan sepak bola tidak memiliki bentuk persegi panjang maka akan kurang pas pada saat bermain nanti. Hal ini tentunya memberikan pengaruh terhadap performa para pemain.

Jadi secara tidak langsung dapat membuat sebuah tim kalah. Ditambah lagi FIFA juga memberikan patokan untuk garis lingkaran tengah, kotak penalti, dan gawang. Ukuran detailnya akan dibahas di bawah. Yang mana apabila sebuah lapangan telah memenuhi kriteria ini maka sudah termasuk dalam standar. Sehingga di lapangan tersebut dapat diadakan turnamen sepak bola skala resmi.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran lapangan sepak bola beserta gambar dan keterangannya lengkap dari mulai panjang, lebar, luas, dan tinggi gawang.Baik sekarang kita akan membahas tentang ukuran lapangan sepak bola. Yang namanya ukuran tentu erat kaitannya dengan besaran dan satuan. Dalam hal ini berkaitan dengan luas lapangan yang terdiri dari besaran panjang dan lebar ukuran lapangan sepak bola yang telah distandarkan FIFA. Baik, mari langsung saja kita bahas.

Ukuran panjang lapangan sepak bola

Panjang lebar lapangan sepak bola tentunya juga sudah ditentukan oleh FIFA. Di mana panjang lapangan maksimum harus 120 m sedangkan minumnya adalah 90 m. Apabila lapangan terlalu besar tentunya akan menyusahkan pemain saat bertanding, karena dapat menguras tenaga akibat berlari di lapangan yang luas.

Namun apabila lapangan terlalu kecil maka telah masuk dalam katagori lapangan futsal. Yang mana permainan sepak bola dan futsal merupakan olahraga yang mirip. Tetapi futsal merupakan olahraga sepak bola yang pemainnya jauh lebih sedikit dan menggunakan lapangan yang kecil pula.

Lebar lapangan sepak bola

Sedangkan lebar lapangan sepak bola maksimum harus 90 m dan minimumnya harus 45 m. Apabila Anda tidak berpatok dengan ukuran ini maka lapangan yang dibuat tidak layak dijadikan sebagai tempat pertandingan resmi.

Selain itu juga, FIFA membuat ukuran untuk lapangan yang digunakan dalam pertandingan tingkat internasional, Ukuran lapangan sedikit lebih luas.

Di mana panjang lapangan maksimum harus 110 m, sedangkan minimumnya 100 m.

Untuk lebar lapangan sepak bola maksimal harus 75 m sedangkan minimumnya 64 m.

Apabila tidak memenuhi kriteria ini maka lapangan tersebut tidak layak dijadikan tempat bermain skala internasional seperti Piala Dunia. Tidak heran jika para tuan rumah Piala Dunia akan merombak lapangannya agar berstandar internasional.

Ukuran kotak pinalti yang ditetapkan oleh FIFA

Selain wajib mengetahui lapangan sepak bola beserta ukurannya, Anda juga harus tau berapa ukuran kotak pinalti. Kotak pinalti merupakan area penjaga gawang dapat bebas memegang bola. Apabila pemain lawan melakukan pelanggaran dalam kotak pinalti sendiri maka tim lawan bisa mendapatkan hadiah. Yakni berupa pinalti pada jarak 11 m dari gawang. Penendang hanya berhadapan dengan penjaga gawang tanpa harus berhadapan dengan pemain lainnya.

Ukuran kotak pinalti juga terbagi 2 macam yaitu ukuran besar dan ukuran kecil. Untuk ukuran yang besar maka panjangnya harus 40 m untuk minimumnya sedangkan maksimumnya adalah 45 m.

Untuk lebarnya maka minimumnya  16 m sedangkan maksimumnya adalah 19 m. Sedangkan untuk kotak pinalti yang kecil maka panjangnya 18 m dan lebarnya 5,5 m.

Ukuran gawang yang sesuai dengan standar FIFA

FIFA juga membuat peraturan untuk tinggi gawang sepak bola juga. Ukuran gawang harus memiliki perbandingan 3:2 serta harus berbentuk persegi panjang. Karena itu tinggi gawang harus 2,4 m. Ukuran ini dapat dihitung dari sisi dalam tiang gawang dan mistar yang terdapat di atasnya.

Jaring pada gawang juga harus memiliki kerenggangan 10 cm, sebab ukuran ini sudah dapat menjaring bola. Sehingga tidak dapat keluar dari lintasan. Untuk bentuk gawangnya juga harus diletakkan di tengah garis gawang. Terbentuk dari dua tiang berdiri serta ditambah dengan mistar yang terpasang di atas.

Ukuran lebar gawang sepak bola juga harus berukuran 7,3 m. Agar gawang kuat maka tiang dan mistar harus terbuat dari besi,  serta juga harus dipastikan bahwa gawang tidak bergeser.

Sebab jika bergeser dapat membahayakan pemain, oleh sebab itu ada baiknya tiang gawang ditanam. Jaring gawang juga harus melekat di tanah dan tiang sehingga tidak mengganggu kiper. Karena itu jika ingin melihat ukuran lapangan sepak bola yang sesuai, maka patokannya adalah pada peraturan dari FIFA ini.

Under Constructions – Bersambung…

Leave a Comment