Belajar Huruf Hijaiyah (Huruf Arab) | Cara Membaca dan Menulisnya [+Gambar & Video]

Halo sobat pembaca sekalian, di postingan kali ini inspirilo akan memberikan ulasan tentang huruf hijaiyah dan cara bacanya.

Huruf hijaiyah ada berapa? Bagaimana cara membacanya? cara menulisnya? Barangkali itulah beberapa pertanyaan yang ada di benak sobat sekarang. Apa benar begitu?

Kalau iya insyaAllah di artikel singkat ini akan kami coba berikan penjelasan mengenai huruf hijaiyah dan cara bacanya lengkap.

Baca juga : Kumpulan Doa Sehari-hari yang Mudah dihafal

Tabel Huruf Hijaiyah Arab dan Latin

belajar cara membaca dan menulis huruf hijaiyah / arab dengan video, gambar, lagu dan game huruf hijaiyah
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sekar.belajarhijaiyah

Jumlah huruf hijaiyah itu ada 29, dengan 2 huruf tambahan yaitu Lam Alif (لا) dan Tâ Marbûthoh (ة)

Di bawah ini adalah tabel huruf hijaiyah plus cara membacanya dengan tulisan latin. Namun tentu untuk cara bacanya sendiri jangan sampai dibaca bulat-bulat huruf latinnya.

No.Huruf HijaiyahCara MembacaMembaca secara LatinTransliterasi Latin
1اأَلِفْAlifA, I, U
2ببَاB
3تتَاT
4ثثَاTsâTS
5ججِيمْJîmJ
6ححَاH
7خخَاKhôKH
8ددَالْDâlD
9ذذَالْDzâlDZ
10ررَاR
11*ززَايْ ، زَيّ ، زَاZây, Zayy, atau ZâZ
12سسِينْSînS
13ششِينْSyînSY
14صصَادْShôdSH
15ضضَادْDhôdDH
16ططَاThôTH
17ظظَاZhôZH
18ععَيْنْ`Aîn`A, `I, `U
19غغَيْنْGhoînGH
20ففَاF
21ققَافْQôfQ
22ككَافْKâfK
23للامْLâmL
24ممِيمْMîmM
25ننُونْNûnN
26هـهَاH
27ووَاوْWâwW
28ييَاY
29ءهَمْزَةٌHamzah
30*لالامْ أَلِفْLâm Alif
31*ةتَا مَرْبُوطَةٌTâ MarbûthohH atau T

Note:

  • Susunan atau urutan huruf hijaiyah dalam tabel di atas disesuaikan dengan yang tertulis dalam kamus besar bahasa Arab.
  • Adapun terkait transliterasi huruf hijaiyah ke huruf latin sampai saat ini masih belum ada patokan secara universal. Masing-masing negara punya standar sendiri dalam konversi hijaiyah ke huruf latin ini.
  • Dan yang tertulis di atas adalah disesuaikan dengan apa yang tertera dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kecuali huruf tertentu seperti Thô (ط ), Dhôd (ض ), Shôd (ص ), Hâ (ح ), Zhô (ظ) dan Hâ (هـ ).

Seperti dikatakan diatas, huruf hijaiyah berjumlah total 29 huruf dengan tambahan dua huruf yaitu Lam Alif dan Ta Marbuthoh, sehingga totalnya jadi 31.

Lam alif sendiri jika diurai akan menjadi Lam dan Alif. Untuk Ta marbuthoh sendiri, dapat dilafalkan dengan Ha, jika berharakat sukun. Namun kalau dalam kondisi harakat hidup dan bukan akhir ayat, maka dibaca dengan bunyi huruf Ta.

Huruf Hijaiyah Bersambung

belajar cara membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung / arab dengan video, gambar, lagu dan game huruf hijaiyah
Huruf Hijaiyah Bersambung – http://marhalah.id/

Adapun di bawah ini adalah bentuk pengaplikasian huruf hijaiyah dengan cara disambung antara huruf satu dan huruf lainnya.

Huruf bentuk tunggal bisa saja jadi memiliki bentuk yang berbeda jika diterapkan pada huruf hijaiyah bersambung. Untuk lebih memahami, silakan lihat tabel di bawah ini.

Huruf  AsliDi awalContohDi tengahContohDi akhirContoh
اا……اَلْحَـمْدُ…..ــا……يَشَاءُ…ـــااَنَا
ببـ……بـــِــسْمِ….ــــبـــ…نَـعْبُدُ….ـــــباَلْغَيْبُ
تتـ……تَـرْمِيْهِمْ….ــتــ…..نَـسْتَعِـيـْنُ….ـــــتاَلْبَيْتُ
ثثــ…..ثَـوْبٌ…..ــــثــــ….مَـثَلُهُمْ…ــــــثحَـدِيْثُ
ججـ…جَسَـدٌ…جـ…يَـسْجُـدُ…ــجثَـلْـجٌ
ححـ…حَسَـدٌ…ــحـ…يَـحْسُدُ…ــحاَلْمَسِيْحُ
خخـ…خَشِيَ…ــخـ…يَـخْشَى…ــخنَنْسَخْ
دد…دُكَتْ…ــد….فَقَدَرَ….ــدمَسَـدٌ
ذذ…ذَهَبَ…ــذ…يَذْهَبُ…ــذيَــوْمَـئِـذٍ
رر…رَضِـيَ…ــر…يَـرْضَى…ــرتَـنْهَرُ
زز…زَمَنٌ…ـــز…مِيْـزَانٌ…ــزنُعْجِزُ
سسـ…سَأَلَ…ــســ…يَسْأَلُ…ــسلَيْسَ
ششـ…شَجَرَةٌ…ــشــ…يَشْهَدُ…ــشإِخْشَ
صصــ…صَدَرَ…ــصــ…يَصْدُرُ…ــصيُـخْلِصُ
ضضــ…ضَحِكَ…ــضــ…يَضْحَكُ…ــضبَعْضُ
ططــ…طَبَـقٌ…ــطــ…يَـنْـطِـقُ…ــطسَلَطَ
ظظــ…ظَهَرَ…ــظــ…يَظْهَرُ…ــظغَلَظَ
ععــ…عَـيْـنٌ…ــعــ…يَــنْعِقُ…ــعمَنَـعَ
غغــ…غَضِبَ…ــغــ…يَـغْضَبُ…ـــغبَلَغَ
ففــ…فِيْهَا…ــفــ…يَـفْـقَـهُ…ــفيثوْسُفُ
ققــ…قَرِيْبٌ…ــقــ…يَـقْرَأُ…ــقخَلَـقَ
ككــ…كَتَبَ…ــكـ…يَكْتُبُ…ــكمَلَكَ
للـ…لَـهَبٍ…ــلــ…يَلْعَبُ…ــلعَسَلٌ
ممــ…مَسْجِدٌ…ــمــ…يَـمْكُثُ…ــمالرَحِيْمُ
ننــ…نَعْقِلُ…ــنــ…جَهَنَمُ…ــنالرَحْـمَنُ
وو…وَصَلَ…ــو…فَسَوْفَ…ــوعَجِبُوْ
هـهــ…هَــذَا…ــهـ…يَهْدِى…ــهمَالَهُ
لالا…لاَعَـنَ…ــلا…يُلاَعِــنُ…ــلاطِفْلاً
ءء…ءَ أَنْتَ…ء…يَسْتَهْـزِءُوْنَ…ءيَشَاءُ
ييـ…يَغْفِـرَ…ــيـ…شَيْئًا…ــييَسْتَحْيِ

Note : Tabel Huruf Hijaiyah bersambung

Untuk huruf dengan tanda strip (-) di bagian awal atau akhir, itu artinya huruf hijaiyah tersebut bisa disambung dengan huruf lainnya.

Dan sebaliknya bagi huruf yang tercetak titik-titik (…) menandakan tidak dapat digabung atau disambungkan dengan huruf hijaiyah lainnya. Seperti huruf

Cara Membaca Huruf Hijaiyah

belajar cara membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung / arab dengan video, gambar, lagu dan game huruf hijaiyah
Cara Membaca Huruf Hijaiyah – http://familiakreativa.blogspot.com

Sebagaimana kita tahu, huruf arab hijaiyah adalah huruf pembentuk/penyusun kitab suci Al-Quran. Namun walalupun ditulis dengan huruf arab, Al-Quran diturunkan bukan hanya untuk orang Arab semata, melainkan untuk seluruh umat islam di dunia.

Maka dari itu, sebagai muslim yang baik kita harus mempelajari bagaimana caranya membaca Al-Quran agar bisa mendalami isi kandungannya. Dan tentu untuk bisa membacanya, kita harus terlebih dahulu mengenali huruf hijaiyah sebagai huruf penyusunnya.

Di Indonesia sebagai negera berpenduduk muslim terbesar masih sering sekali ditemui para muslim yang belum bisa membaca Al-Quran. Karena tidak pernah belajar, atau mungkin pernah belajar sewaktu kecil tapi karena jarang dipakai. Bacaan quran nya jadi tidak lancar atau bahkan sama sekali lupa.

Namun tentu tidak ada kata terlambat untuk belajar. Selagi kita masih bernafas, kita masih diwajibkan terus mencari ilmu, belajar dan belajar.

Seperti dikatakan sebelumnya, untuk bisa membaca ayat-ayat Al-Quran, maka kita harus mengenali satu persatu huruf hijaiyah yang 29 itu. Bagaimana bentuk hurufnya dan bagaimana pula cara membacanya.

Video Belajar Huruf Hijaiyah

Mempelajari cara membaca huruf hijaiyah melalui tulisan atau gambar, seperti tabel di atas saja jelas tidak cukup. Karena jika membaca tanpa benar-benar mengetahui cara pelafalan / pengucapannya, sangat mungkin mengalami kesalahan.

Untuk huruf-huruf yang mudah semisal Alif, ba, ta barangkali tidak terlalu susah diucapkan. Namun ada beberapa huruf yang terbilang susah dalam pelafalannya dan tidak bisa serta merta dibaca dengan mengikuti tulisan latinnya seperti huruf dha, dad, dzal, dan lain-lain.

Adapun untuk mempelajari huruf hijaiyah dan cara bacanya yang benar, kita bisa belajar dengan bantuan video panduan di Youtube. Saat ini sudah banyak orang-orang yang berbaik hati merekam panduan cara belajar membaca huruf arab hijaiyah dengan benar kemudian menguploadnya ke Youtube.

Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh mereka yang memang mau belajar. Salah satu video rekomendasi adalah di bawah ini. Silakan bagi sobat untuk menonton dan mempelajari cara baca huruf hijaiyah dengan tahsin yang benar.

Ini bisa dibilang cara alternatif untuk belajar secara mandiri. Untuk cara terbaik tetap harus belajar langsung ke guru secara langsung.

Catatan

Masing-masing huruf pada huruf hijaiyah memiliki hak makhraj masing-masing yang wajib dipenuhi. Dalam artian, pelafalannya harus benar sesuai dengan makhrajnya. Semisal huruf Sin tidak bisa disamakan dengan huruf Syin, karena tempat keluarnya huruf pun berbeda.

Pada video di atas dijelaskan tentang tata cara bagaimana melafalkan huruf hijaiyah secara tartil.

Ada huruf yang bersumber dari tenggorokan, rongga mulut dan juga bibir. Semuanya harus ditunaikan hak-haknya dan jangan sampai salah. Karena bisa saja jika salah pengucapan bisa mengubah makna kata atau kalimat yang diucapkan.

Kembali perhatikan dan pelajari secara berkala isi videonya sampai dirasa Anda sudah bisa mengucapkan setiap huruf dengan benar.

Belajar Huruf Hijaiyah Buat Anak-anak

belajar membaca huruf hijaiyah anak dengan gambar dan game
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelhijaiyah

Untuk membentuk generasi penerus yang berjiwa qurani, maka wajib kiranya mengajarkan Al-Quran sedini mungkin pada anak-anak.

Terlebih pada usia-usia balita, dimana pada masa tersebut anak kecil diyakini bisa lebih mudah dalam menangkap setiap hal yang diajarkan padanya. Tak terkecuali tentang pelajaran al-quran dan huruf hijaiyah.

Banyak metode pembelajaran yang bisa coba Anda terapkan dalam mengajarkan dan mengenalkan huruf hijaiyah pada si kecil. Bisa dengan media gambar yang menarik dengan warna-warni, lagu maupun game huruf hijaiyah.

Dengan metode belajar yang menyenangkan seperti itu dipercaya bisa lebih efektif. Karena pada prakteknya, si kecil tidak akan merasa terbebani, karena sifatnya yang mengajak bermain namun sambil belajar tanpa mereka sadari.

Anda bisa mencetak beberapa flash card file yang kami sediakan di bawah ini adalah bentuk file gambar. Atau bisa pula dengan memperdengarkan lagu dan game huruf hijaiyah yang mengasyikkan pada si kecil.

Baik, tanpa berlama-lama, berikut adalah beberapa alternatif cara belajar huruf hijaiyah buat anak-anak.

1. Lagu Huruf Hijaiyah Anak

Beriktunya yang bisa Anda coba terapkan dalam mengajarkan dan mengenalkan huruf hijaiyah pada si kecil adalah melalui sebuah lagu. Ya, lagu dirasa menjadi sebuah media yang efektif dalam belajar anak.

Adapun dalam hal ini lagu yang dimaksud adalah lagu huruf hijaiyah. Lagu yang mengenalkan nama-nama huruf hijaiyah dengan cara lebih menyenangkan dan bisa ditangkap dengan baik oleh pikiran si buah hati.

Salah satu yang jadi rekomendasi adalah lagu dari film Animasi Upin Ipin dengan judul Alif Ba Ta.

Liriknya yang menyebutkan satu persatu huruf hijaiyah dipadukan dengan irama yang easy listening bisa membuat si kecil menikmati lagunya dan secara tidak langsung bisa hafal nama-nama huruf hijaiyah yang 29. Walau mungkin mereka belum bisa membacanya.

Jadi silakan tonton tonton atau download video lagu huruf hijaiyah Upin Ipin berikut untuk kemudian diperdengarkan pada si kecil. Semoga berhasil dan berkah. Aamiin.

2. Gambar Huruf Hijaiyah

Di bawah ini kami juga sajikan gambar yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran buat si kecil untuk lebih mengenal huruf hijaiyah.

Gambar-gambar di bawah ini bisa juga Anda cetak print dalam lembar kertas HVS atau karton untuk kemudian digunting per huruf dan ditempelkan pada buku si kecil.

Tampilannya yang menarik, dijamin bisa bikin si kecil betah melihatnya dan secara tidak langsung dia juga bakal belajar lebih mengenal huruf hijaiyah secara lebih dekat. Silakan download gambarnya di bawah ini.

gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah
http://familiakreativa.blogspot.com

gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah

3. Gambar Hijaiyah Anak

Adapun yang berikut ini adalah gambar huruf hijaiyah dengan warna yang berbeda masing-masing hurufnya. Lebih mudah juga karena disediakan cara membacanya dalam huruf latin di bagain bawah setiap huruf.

Silakan gunakan gambar berikut ini sebagai media belajar buat anak Anda.

gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah
http://familiakreativa.blogspot.com

gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah gambar huruf hijaiyah untuk belajar anak cara membaca dan menulis huruf arab hijaiyah

 

4. Belajar Menulis Huruf Hijaiyah dengan Flash Card

Metode pembelajaran baca quran bagi anak-anak yang paling familiar dewasa ini adalah metode dengan buku Iqra’. Biasanya ada tingkatan-tingkatannya, dari mulai iqra 1 sampai 6. Setelah lulus keenamnya, dilanjut dan beralih menggunakan mushaf Al-Quran.

Terkait belajar huruf hijaiyah bagi anak-anak ini tentu tidak cukup hanya sampai di belajar membaca. Melainkan perlu juga dilatih untuk si kecil bisa mengetahui dan menerapkan cara menulis huruf hijaiyah / arab dengan baik.

Ke depannya akan banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika anak Anda bisa dengan lancar menuliskan huruf arab tunggal dan bersambung. Selain bernilai pahala karena menuliskan lafadz-lafadz Al-Quran, mereka juga akan bisa lebih akrab dengan huruf hijaiyah.

Di samping itu dengan bisa menulis tulisan arab, adalah sebuah bekal berharga bagi si anak untuk kemudian bisa belajar bahasa Arab. Sama-sama kita tahu bahwa bahasa arab itu adalah alat utama untuk bisa mempelajari agama islam secara lebih mendalam.

Dengan menguasai bahasa Arab, kita dapat dengan lebih mudah dalam mempelajari ilmu islam. Dan semuanya itu berawal dari penguasaan huruf hijaiyah yang dikenalkan sedini mungkin pada anak-anak.

Untuk itu, demi memudahkan Anda para orang tua dalam memberikan pembelajaran pada sang anak dengan lebih mudah, berikut kami sajikan gambar flash card huruf hijaiyah.

gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak
http://familiakreativa.blogspot.com

gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak gambar flash card untuk belajar menulis huruf hijaiyah anak

Gambar di atas berisi lembar kerja untuk melatih anak dalam menuliskan setiap huruf hijaiyah dari alif sampai ya’. Dengan tampilan yang colourfull membuatnya menarik dan pastinya si anak akan suka sehingga memudahkan proses pembelajaran. Silakan didownload dan dicetak pada kertas HVS atau lainnya.

5. Mewarnai Huruf Hijaiyah

mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anakKemudian yang bisa Anda coba terapkan dalam mempelajari huruf arab atau hijaiyah adalah dengan menggunakan gambar polos yang bisa diwarnai.

Ya, kegiatan mewarnai adalah salah satu yang paling difavoritkan oleh anak-anak. Pada dasarnya mereka menyukai hal-hal yang bersifat visual dan penuh warna.

Maka dari itu dengan menggunakan gambar huruf hijaiyah hitam putih untuk kemudian mereka kasih warna menggunakan krayon – adalah sangat patut untuk dicoba.

Tak terbatas di gambar huruf hijaiyah saja, Anda juga bisa mengajarkan si buah hati untuk mewarnai gambar kaligrafi. Karena pada dasarnya kaligrafi juga tersusun atas huruf hijaiyah.

Namun jangan dulu kasih kaligrafi yang rumit, cari yang simpel saja, yang huruf hijaiyahnya masih bisa terlihat dengan jelas oleh si kecil.

Islam adalah agama yang indah dan salah satu perwujudannya yakni melalui kaligrafi ini. Cobalah untuk mengenalkannya pada anak Anda dalam upaya mengajarkan dan mengenalkan huruf pada Al-Quran.

Berikut adalah lembar kerja gambar huruf hijaiyah polosan yang bisa Anda cetak di kertas HVS untuk kemudian bisa diwarnai menggunakan krayon atau pensil warna.

mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak

Untuk gambar mewarnai lengkap semua huruf, silakan download DI SINI.

Contoh yang sudah diwarnai:

mewarnai huruf hijaiyah dengan gambar yang menyenangkan buat anak

6. Game Huruf Hijaiyah

belajar huruf hijaiyah anak dengan game android marbel huruf hijaiyah
https://www.educastudio.com

Di zaman now ini telah banyak sekali metode pembelajaran efektif yang bisa diterapkan buat anak-anak. Tak terkecuali dengan belajar huruf hijaiyah ini. Salah satu penerapannya adalah belajar dengan memanfaatkan aplikasi atau game di smartphone.

Anak-anak kecil sekarang banyak yang sudah bisa main HP, dan tentu sebagai orang tua Anda tidak ingin aktivitas main HP nya tersebut jadi sia-sia belaka.

Untuk menanamkan pengetahuan tentang huruf hijaiyah dari mulai pengenalan bentuk, cara membaca dan menulisnya, maka cobalah instal game huruf hijaiyah di Smartphone Android Anda.

Untuk kemudian game tersebut bisa dimainkan oleh si kecil. Tentunya dengan bimbingan dari Anda sebagai orang tua.

Game Huruf Hijaiyah ini banyak sekali bisa Anda temui di Google Playstore. Silakan browsing untuk menemukan game yang dirasa paling enak dan cocok untuk dimainkan.

Adapun rekomendasi dari kami untuk game huruf hijaiyah ini adalah bernama Marbel Huruf Hijaiyah. Dengan link download di situs resminya DI SINI.

Game tersebut sangat mudah dan menyenangkan untuk dimainkan. Karena didukung dengan tampilan dan efek suara yang bagus dan cocok buat anak-anak. Silakan didownload melalaui lingk di atas.

belajar huruf hijaiyah anak dengan game android marbel huruf hijaiyah belajar huruf hijaiyah anak dengan game android marbel huruf hijaiyah belajar huruf hijaiyah anak dengan game android marbel huruf hijaiyah

Penutup

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang belajar huruf hijaiyah yang jumlahnya ada 29 + 2 itu. Mempelajari cara membacanya dengan makhraj yang benar adalah wajib hukumnya. Tujuannya jelas agar kita sebagai muslim bisa membaca dengan Al-Quran dengan tahsin yang benar.

Itulah pentingnya mengajarkan dan mengenalkan huruf arab / hijaiyah kepada anak sedini mungkin.

Semoga artikel ini bermanfaat terlebih bagi yang belum bisa baca Al-Quran. Pun bagi yang sudah bisa membaca, senantiasa terus belajarlah. Demi memperbaiki bacaan dan pengucapan / pelafalan setiap huruf sesuai dengan makhrajnya .

Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di artikel inspirilo berikutnya.

Leave a Comment